Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia
 Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia merupakan Perpustakaan bagian dari Pusat Perpustakaan Universitas. Walaupun merupakan perpustakaan bagian, Perpustakaan Fakultas Hukum tidak hanya melayani kebutuhan pustaka yang diperlukan oleh fakultas hukum saja, melainkan juga melayani pustaka yang diperlukan oleh fakultas-fakultas lain serta program magister (S-2) di lingkungan Universitas Islam Indonesia.Bahkan Perpustakaan Fakultas Hukum UII ternyata juga diminati pengguna dari luar UII, khususnya untuk koleksi referensi, tentu saja melalui prosedur yang berlaku.Perpustakaan Fakultas Hukum UII sampai saat ini mempunyai koleksi kurang lebih 9.600 judul dengan jumlah buku 41.500 eksemplar.Koleksi utama adalah buku-buku yang terkait dengan bidang hukum, kemudian koleksi umum serta koleksi yang bersifat referensi. Untuk mengelola koleksi tersebut, Perpustakaan Fakultas Hukum UII menggunakan pedoman DDC edisi 20 serta menggunakan sistem komputerisasi ‘Sistem INSIS 123’. Seiring perkembangan Intormation and Technology serta untuk mendukung terciptanya Digital Library, Sistem INSIS 123 sudah digantikan dengan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SIMPUS) versi 2,2. Saat ini SIMPUS sudah on-line ke seluruh jaringan intranet UII dan internet. Fasiltas ruang perpustakaan yang tersedia, untuk sementara dikelompokkan menjadi 3 (tiga) ruangan yaitu: 
 
 
RUANG SIRKULASI/RUANG PEMINJAMAN BIASA

 Ruangan ini berisi koleksi buku yang dapat dipinjam dan dibawa pulang, khususnya untuk melayani keperluan proses belajar-mengajar di fakultas hukum. Staff Pustakwan yang berkompeten, ruangan yang represesntatif serta ditunjang dengan Sistem Informasi Perpustakaan (SIMPUS) yang dudah diterapkan sejak lama membuat setiap pelayanan dapat ditangani dengan cepat

 
 
 
RUANG BACA DAN REFERENSI

Ruangan yang cukup representatif ini selain berisi koleksi-koleksi referens juga berisi buku-buku cadangan yang dipinjamkan. Koleksi yang berada di ruang ini hanya bisa dibaca ditempat, kalau memungkinkan dapat di foto copy. Ruangan ini tentu saja juga dapat dimanfaatkan untuk ruang baca majalah, koran dan sebagainya.Dalam waktu dekat, ruang referensi akan dibagi menjadi 2 (dua), yang mana ruangan baru akan dipergunakan untuk koleksi khusus tentang hasil-hasil karya ilmiah antara lain jurnal-jurnal, hasil penelitian, hasil seminar, penataran-penataran, skripsi-skripsi terpilih dan sebagainya. 

 
STUDENT LOUNGE

 Student Lounge merupakan sarana bagi mahasiswa untk dapat melakukan penelusuran ”surfing” materi pembelajaran dengan menggunakan komputer yang terkoneksi ke jaringan wireless. Disamping melakukan surfing mahasiswa juga dapat melakukan aktifitas melihat dan membaca buku-buku referensi yang tersedia.

 
 
 

ditulis oleh: Bambang Hermawan-Joko Santoso-Irsan Sutoto-Suti Lestari
Divisi Perpustakaan FH UII