Komunitas Peradilan Semu LEM FH UII pada tanggal 28 Februari 2009 yang lalu menyelenggarakan diklat bagi anggota baru yang diterima setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat.

Peradilan Semu Selenggarakan Diklat Anggota Baru

 

Komunitas Peradilan Semu LEM FH UII pada tanggal 28 Februari 2009 yang lalu menyelenggarakan diklat bagi anggota baru yang diterima setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat. Kegiatan ini diikui oleh seluruh anggota baru Peradilan Semu yang berjumlah 23 orang, bertempat di ruang sidang utama FH UII, Jl. Tamansiswa 158 Yogyakarta.

“Kegiatan ini merupakan pengenalan bagi anggota baru tentang sejarah PS dan eksistensinya sampai saat ini. Anggota baru juga diberikan materi hukum acara baik pidana dan perdata. Titik tekannya lebih pada agar mereka paham perbedaan praktik peradilan pidana dan perdata. Pemateri dalam kegiatan ini sengaja diambil dari kakak-kaka senior yang telah memiliki pengalaman di bidangnya masing-masing, tujuannya biar anggota baru nanti lebih dekat hubungan emosionalnya dengan mereka”, ujar Rizki, Ketua Komunitas Peradilan Semu LEM FH UII.

Diklat yang merupakan agenda rutin PS ini menampilkan beberapa materi dasar yang wajib diketahui oleh anggota baru, seperti bagaimana cara menganalisis kasus dan praktik beracara di pengadilan. Kedua materi itu wajib dikuasi oleh anggota PS sehingga mereka nantinya siap ketika diminta untuk membedah kasus dan melakukan praktik peradilan semu. Titik tekan pada dua hal itu yang membedakan Peradilan Semu LEM FH UII dengan lembaga intra atau ekstra lainnya.

 

 

Dalam rangka memperkenalkan hasil karya dosen FH UII dan lebih menghidupkan kembali atmosfir akademik di lingkungan FH UII

Dalam rangka memperkenalkan hasil karya dosen FH UII dan lebih menghidupkan kembali atmosfir akademik di lingkungan FH UII, Pusat Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia kembali akan mengadakan bedah disertasi yang akan dilaksanakan pada:

 

Hari/Tanggal            :   Kamis, 12 Maret 2009

Jam                          :   08.30 s/d/12.30 Wib

Tempat                    :   Ruang Sidang Utama FH UII Lt. III Jl, Tamansiswa 158 Yogya

Pembicara                :   Drs. Agus Triyanta, MA.,MH.,Ph.D

                                    (Judul Disertasi: Implementasi Kepatuhan Syariah dalam Perbankan Islam; Studi Komparasi antara Malaysia dan Indonesia).

                                    Dr. Siti Anisah, SH.,M.Hum

                                    (Judul Disertasi: Perlindungan Kepentingan Kreditor dan Debitor dalam Hukum Kepailitan)

Moderator               :   Bagya Agung Prabowo, SH.,M.Hum.

 

Bedah disertasi ini terbuka dan gratis untuk umum. Fasilitas yang disediakan panitia berupa makalah dan snack sesuai dengan kapasitas ruangan.


Daftar open recruitment anggota komunitas peradilan semu periode 2009/2010

HASIL OPEN RECRUITMENT

ANGGOTA KOMUNITAS PERADILAN SEMU

PERIODE 2009/2010

NO.

NAMA

NIM

1.

ADITYA DWI SAPUTRA

07410407

2.

AFIF DEWA BRATA PANJAITAN

07410452

3.

ARIF HADIANSYAH

07410303

4.

DIAN PERMATA SARI

07410177

5.

DIAN RISMALA

   07410492

6.

DIEGO ARIZONA

07410498

7.

DONA RAKHMAWATI

07410298

8.

EKA BUDIANTA

07410475

9.

FAUZI NASRUL MAULANA

07410482

10.

MELISA FITRIADINI

07410396

11.

M. NUR ILLAHI TRESNASETYA

07410212

12.

NICO MATELESI

07410218

13.

OKY SYAILENDRA

07410215

14.

PUTRIANA KARIM

07410260

15.

QADAFFI THARIQ R.

07410297

16.

R. LARISAYUNI RAHADIYANTI

07410326

17.

R. SUBHAN FASRIAL

07410346

18.

SAHLAN ADIPUTRA ALBONEH

07410269

19.

TOMMY APRIANDO

07410431

20.

TRI AJI WISNU

07410240

21.

VIDDY RENALDI RUNTU

07410308

22.

VIKRI RAHMAINI NAADIYAH

07410344

23.

WHINDY SANJAYA

07410483

    

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan manusia sehari- hari. Dengan berolahraga kita dapat memperoleh suatu manfaat baik yang bersifat lahiriah maupun batiniah.

TURNAMEN BADMINTON FH UII  

         

Landasan Pemikiran

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan manusia sehari- hari. Dengan berolahraga kita dapat memperoleh suatu manfaat baik yang bersifat lahiriah maupun batiniah. Manfaat itu bisa berupa kesehatan maupun sikap mental yang baik. Salah satu sikap mental tersebut adalah keharusan menjunjung tinggi sportifitas dalam suatu pertandingan. Setiap atlet dituntut untuk bersikap dan berperilaku yang jujur dan  kesatria, juga menghormati hak dan kewajiban serta menempatkan diri dalam proprosi yang sesuai.  

Berangkat dari pemikiran diatas, maka Turnamen Badminton Antar Mahaiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia ingin diadakan sebagai suatu wadah penyalur bakat mahasiswa khususnya dalam olahraga badminton, mengingat belum adanya UKM tempat menyalurkan dan mengembangkan olahraga ini, walaupun peminat olahraga ini dikalangan mahasiswa Fakultas Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia cukuplah banyak. 

Tema

Dengan Turnamen Badminton Antar Mahasiswa dan Dokar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia kita tingkatkan persaudaraan, prestasi, dan sportivitas dalam berolahraga di kalangan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Waktu

Minggu – Kamis, 01 s/d 05 Maret 2009

Tempat

Gedung RW III Jl. Taman Siswa 

Peserta :

o         Mahasiswa Aktif FH UII

o         Karyawan FH UII

o         Dosen FH UII 

Tujuan

o         Membina sportifitas

o         Terbinanya silaturahmi yang akrab antar mahasiswa, dosen dan karyawan

o         Media persiapan pembentukan UKM BADMINTON LEM FH UII. 

Pelaksana

Departemen BAKMA LEM FH UII  

 

Berangkat dari ide-ide sekumpulan mahasiswa Fakultas Hukum UII, dimana memiliki persepsi yang sama dalam bidang musik untuk memberikan corak baru membentuk

MALAM UNJUK KREATIFITAS DALAM BERMUSIK ANGKATAN RINGAN TANGAN FH UII

(MUTILASI ANGKRINGAN FH UII) 

Landasan Pemikiran

Berangkat dari ide-ide sekumpulan mahasiswa Fakultas Hukum UII, dimana memiliki persepsi yang sama dalam bidang musik untuk memberikan corak baru membentuk UKM musik  TM#158  pada tanggal 21 september 2001, yang memiliki tujuan mulia yaitu menaungi musisi-musisi yang berada di Fakultas Hukum UII untuk berkarya dan mengharumkan nama Fakultas Hukum UII. Nama TM#158 sendiri memiliki arti yaitu singkatan dari Taman Mahasiswa No. 158 yang tidak lain adalah lokasi dari kampuz Fakultas Hukum UII sendiri. Begitu banyak rintangan dan halangan yang mengiringi perjalanan eksitensi TM#158 untuk berkarya, namun dengan adanya niat, kemauan yang tinggi dan solidaritas antar anggota akhirnya TM#158 berhasil mengharumkan nama Fakultas Hukum UII, beberapa contoh yaitu menyabet penghargaan demi penghargaan  eksis ditiap event saat itu, namun seiring dengan berjalannya waktu seringkali  masalah-masalah yang sifatnya non-teknis internal terjadi seperti dampak gempa bumi yang mengakibatkan rendahnya semangat beberapa anggota TM#158 itu sendiri.             

Berhubung setelah UKM Musik Fakultas Hukum UII vakum dari kegiatannya, maka LEMBAGA EKSEKUTIF MAHASISWA FH UII bermaksud untuk menghidupkan kembali dan memperkenalkan UKM Musik serta mengadakan regenerasi untuk kelanjutan dari musik Fakultas Hukum UII. Setelah di regenerasi serta akan bekerja sama dengan GRANAT (gerakan anti narkoba) dan kita juga akan mengadakan penggalangan dana bwt pendidikan yang bekerja sama dengan PAJAK, dengan kegiatan itu kita ingin menunjukkan bahwa musik tidak hanya sarat dengan hura-hura saja. 

Dalam acara ini kita mengangkat tema yaitu “REBORNISASI UKM MUSIK TM # 158 SEBAGAI WADAH KREASI INSAN ULIL ALBAB” yang berarti telah bangkit kembali wadah untuk berkreasi  mahasiswa Fakultas Hukum UII yang tidak lepas dari nilai-nilai keIslaman itu sendiri. Dimana bakat-bakat itu diasah dan dikembangkan lagi agar dapat berprestasi kembali khususnya dalam bidang musik.  Acara kali ini diselenggarakan di lapangan parkir belakang Fakultas Hukum UII dengan harapan agar acara ini terbuka untuk umum, baik mahasiswa UII khususnya maupun masyarakat Jogjakarta pada umumnya. Konsep dari acara ini adalah launching band Fakultas Hukum UII dan mengundang bintang tamu yang sedang naik daun di wilayah Jogjakarta.  

Tema     :   Rebornisasi Ukm Musik Tm # 158 Sebagai Wadah Kreasi Insan Ulil Albab”

Waktu    :   Sabtu, 28 Februari 2009

Tempat :   Lapangan Parkir Belakang FH UII

Bintang tamu

o         SKJ 94

o         Discomojoyo

o         Cacad Nada

o         Jeolus Lovers

o         Angglis Luka

o         UNISI

o         Band pendamping seluruh UKM Music UII 

Tujuan

o         Memperkenalkan kembali UKM TM # 158 kepada civitas Akademi FH UII.

o     Memotivasi mahasiswa FH UII agar menjauhi narkoba dan menjadi insan yang Ulil Albab yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.

o         Menumbuhkembangkan kreatifitas, bakat dan minat mahasiswa FH UII di bidang musik.

o         Menjalin ukhuwah islamiyah kepada civitas Akademik FH UII. 

Pelaksana

Departemen BAKMA LEM FH UII   

 

 PROFIL LEMBAGA PERS MAHASISWA “KEADILAN” FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Lembaga Pers Mahasiswa Keadilan, didirikan pada tangga 8 Mei 1974, pendiri lembaga ini salah satunya oleh seorang Guru Besar Fakultas Hukum UII Prof Dahlan Thaib. Di tengah-tengah masyarakat Fakultas Hukum UII khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, LPM Keadilan hadir sebagai media aspirasi, komunikasi dan informasi, yang menerbitkan majalah majalah KEADILAN secara rutin setiap periode kepengurusannya. Media KEADILAN harus  mencerminkan keberpihakan kepada kaum lemah untuk membangun masyarakat sebagai intelektual yang beramal ilmiah dan berilmu amaliah.                       

Dalam posisinya di tengah-tengah kehidupan kampus dan masyarakat yang sedang mencari  alternatif-alternatif sistem yang sedang didambakan, konsepsi-konsepsi maupun peran barunya di antara masyarakat dunia yang sedang meninjau kembali berbagai konsep dan cara implementasinya, menuntut “Keadilan” agar mampu berperan sebagai dinamisator dan salah satu elemen progresif bagi kehidupan kampus serta masyarakat pada umumnya. Untuk menuju proses transformasi sosial masyarakat Indonesia, LPM Keadilan sebagai organisasi yang berbendera Mimbar Hukum dan Kemasyarakatan, dalam perannya senantiasa mengacu pada dua hal, yaitu: 

1.   Informasi-informasi yang ditransformasikan, terutama yang berkaitan dengan Hukum dan Kemasyarakatan dalam berbagai dimensi (politik, ekonomi, budaya, sosial, dll)

2.   Informasi yang disampaikan merupakan pemaparan objektif dan analisa kritis, logis, serta telaah teoritis terhadap realitas Kedua premis di atas memiliki konsekuensi, bahwa segenap daya dan upaya penjaringan informasi yang dilakukan berdasarkan keberpihakan kepada kaum lemah. 

Idealisme tersebut dapat dituang dalam suatu konsep Jurnalisme Transformatif, yaitu sebuah konsep jurnalistik yang bertujuan mentransformasikan kesadaran terhadap realitas sosial yang diharapkan dapat menjadi landasan operasional aktivitas Keadilan. Metode mencari informasi dititikberatkan pada Free Flow of Information (arus bebas informasi) sepanjang tidak bertentangan  dengan Etik Jurnalisme Keadilan. 

Pemimpin Umum LPM Keadilan dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada “musyawarah anggota” dalam setiap akhir periode kepengurusan, tetapi dalam pendistrbusian keuangan lembaga ini berada dalam pengawasan legislatif mahasiswa (DPM) 

Kunjungan Fakultas Hukum UII ke Ibrahimi Law School of IIUM tanggal 9-11 Februari 2009 tidak disia-siakan segenap pimpinan yang hadir pada acara tersebut

Kunjungan Fakultas Hukum UII ke Ibrahimi Law School of IIUM tanggal 9-11 Februari 2009 tidak disia-siakan segenap pimpinan yang hadir pada acara tersebut. Setelah penandatanganan Memorandum of Agreement (MoE) antara FH UII dengan IIUM berhasil dilakukan, kemungkinan dilakukannya kerjasama antara FH UII dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) terbuka lebar, setelah adanya respon positif dari pihak UKM sendiri.

 

“Rencananya kerjasama yang akan dilakukan dalam bentuk exchange student bagi mahasiswa pascasarjana. Bentuknya kalau nanti disepakati seperti studi literatur bagi mahasiswa pascasarjana FH UII dan UKM baik di perpustakaan FH UII maupun di Perpustakaan UKM’”, ujar Dekan FH UII Dr. Mustaqiem, SH.,M.Si.

 

Tentu saja kalau nantinya kerjasama tersebut disepakati, FH UII akan mendapatkan banyak keuntungan mengingat saat ini FH UII sedangkan mengembangkan kajian hukum di Asia Tenggara, salah satunya di Malaysia. Untuk fakultas hukum se-Indonesia barangkali baru FH UII yang mengembangkan kajian tersebut.

Guna meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian Fakultas Hukum UII mengadakan kerjasama dengan International Islamic University of Malaysia

Guna meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian Fakultas Hukum UII mengadakan kerjasama dengan International Islamic University of Malaysia (IIUM), Senin 9 Februari 2009 bertempat di Ruang Pimpinan Ibrahimy Law School. Kerjasama ini dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoE) yang meliputi tiga  hal; pertukaran mahasiswa (exchange student), pertukaran dosen (exchange lecturer), dan kolaborasi penelitian (research collaboration).

Dalam penandatanganan kerjasama tersebut hadir segenap pimpinan FH UII, diantaranya Dr. Mustaqiem, SH.,M.Si (Dekan), Nandang Sutrisno, SH.,LLM.,M.Hum.,Ph.D (Wakil Dekan), M. Abdul Kholiq, SH.,M.Hum (Kaprodi), dan Drs. Agus Triyanta, MA.,MH.,Ph.D (Ketua Program Internasional). “Kerjasama antara FH UII dengan IIUM secara lebih rinci berbentuk pertukaran mahasiswa khususnya program internasional. Nantinya, mahasiswa FH UII bisa mengambil mata kuliah di IIUM, begitu juga sebaliknya. Sedang mengenai pertukaran dosen  bentuknya studium general yang dilakasanakan secara bergantian”, ujar Dekan FH UII Dr. Mustaqiem, SH.,M.Si.

Dalam waktu dekat ini kolaborasi penelitian antara FH UII dengan IIUM tentang perbandingan konstitusi akan dilakukan. Dari FH UII yang masuk menjadi tim peneliti Dr. Saifudin, SH.,M.Hum. “Sebetulnya ini adalah langkah konkrit bentuk kerjasamanya. IIUM sendiri maunya secepatnya melaksanakan poin-poin yang dikerjasamakan”, tambahnya.

 

Selama ini bisa kita lihat mahasiswa penuh dengan kegiatan yang mengarah bahkan condong ke akademis saja, sehingga mereka tidak memikirkan dan bahkan

TURNAMEN BOLA KAKI ANTAR ANGKATAN FH UII

(TURBO KARANG FH UII 2009)

Memperebutkan trophy bergilir piala dekan FH UII    

         

Landasan Pemikiran

Selama ini bisa kita lihat mahasiswa penuh dengan kegiatan yang mengarah bahkan condong ke akademis saja, sehingga mereka tidak memikirkan dan bahkan menyampingkan kegiatan–kegiatan yang dapat meningkatkat solidaritas antar sesama mahasiswa dan kegitan-kegiatan yang dapat menjaga kesehatan tubuh agar dapat me-refresh semua pikiran-pikiran yang ada dengan saling berbagi.  Bahkan karena terlalu cenderung monoton seperti itu tidak sedikit mahasiswa yang melakukan aktivitas sehari-harinya dengan membuang-buang waktu saja untuk hal-hal yang bisa dikatakan tidak berguna bagi dirinya maupun orang disekitarnya, bahkan melakukan hal yang negatif pun tidak menutup kemungkinan mereka lakukan. Seolah-olah mereka telah lupa dengan perannya yang selama ini dibebankan diatas pundak mahasiswa yaitu : agent of social, agent of control, dan serta  Agent of change.

Oleh sebab itu perlu diadakannya kegiatan melalui Tournamen Bola Kaki Antar Angkatan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, sebuah acara yang terkemas di dalamnya nilai-nillai sportifitas dan nilai-nilai positif lainnya. Dengan acara tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengurangi rasa penat yang ada dalam diri mahasiswa dan menyadari perannya tersebut di dalam kampus bahkan di luar lingkup kampus. Dan dalam rangka peningkatan kualitas kegiatan tersebut maka harus didukung juga oleh sarana dan prasarana yamg memadai. Mengacu dari apa yang dipikirkan pada penjelasan di atas diperlukan kerjasama baikdari lingkup internal yaitu pihak dari kampus maupun pihak eksternal. 

Tema         :       “Meningkatkan rasa persaudaraan dan menjunjung tinggi semangat sportivitas di kalangan civitas akademika FH UII melalui kegiatan olahraga bola kaki”

Waktu        :       Senin – Kamis, 09-19 Februari 2009

Tempat     :       Lapangan Batu Retno Bangun Tapan, Bantul Yogyakarta 

Peserta

o         Dokar FH UII

o         All Star A ( LKBH , PUSHAM , PUSDIKLAT, PSH  dan Lembaga lain)

o         All Star B (Angkatan ’01 -’03)

o         Mahasiswa Angkatan ‘04

o         Mahasiswa Angkatan ‘05

o         Mahasiswa Angkatan ‘06

o         Mahasiswa Angkatan ‘07

o         Mahasiswa Angkatan ‘08  

Tujuan

o         Mempererat rasa persaudaraan dalam civitas akademika di lingkungan FH UII.

o         Terciptanya suasana hiburan bagi civitas bola mania FH UII & Dokar (Dosen Karyawan) dalam bentuk olahraga.

o         Memajukan kreatifitas, dan menjunjung tinggi nilai sportifitas antara mahasiswa FH UII & Dokar dilapangan sehingga nilai tersebut dapat diambil hikmahnya nanti saat proses transformasi ilmu di kampus . 

Pelaksana

Departemen BAKMA LEM FH UII 

 

PROGRAM KERJA DEPARTEMEN PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIAKOMUNITAS PERADILAN SEMU LEM FAKULTAS HUKUM UIIPERIODE 2008/2009 

No

Nama Program

Tujuan

Waktu Pelaksanaan

Sasaran

Parameter Keberhasilan

P.J.

Estimasi Dana

1.

Open recruitment anggota baru

–   Menjaring anggota baru yang memiliki wawasan dan kompetensi di bidangnya.

–   Regenerasi Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII).

 

Bulan Desember 2008.

Mahasiswa yang sedang tempuh atau telah tempuh Hukum Pidana/Hukum Perdata.

–   Tercipta anggota baru yang memiliki wawasan dan kompetensi di bidangnya.

–   Regenerasi KPS

 

Departemen Pelatihan Sumber Daya Manusia (DPSDM) dengan membentuk panitia open recruitment.

Rp 1.500.000,-

2.

Pendidikan dan Latihan (Diklat) anggota baru KPS

–   Sebagai pengantar dan perkenalan KPS kepada anggota baru.

Bulan Januari 2009 setelah open recruitment.

Anggota baru KPS.

–   Terlaksananya Diklat anggota baru KPS FH UII.

DPSDM

Rp. 1000.000,-

3.

Pelatihan rutin

    

–   Menyiapkan anggota KPS untuk mengikuti lomba kompetisi peradilan semu dan meningkatkan kompetensi dan penguasaan materi dalam hal prosedur beracara serta pembuatan rekes bagi  anggota KPS.

Setiap 2 (dua) minggu sekali dimulai pada bulan Desember 2008.

Anggota KPS.

–   Tercapainya kompetensi dan penguasaan materi dalam hal prosedur beracara serta pembuatan rekes bagi anggota KPS untuk mengikuti kompetisi peradilan semu.

DPSDM

Rp. 100.000,-

Setiap pelatihan

4.

Pendidikan dan Latihan (Diklat) untuk mahasiswa FH UII tentang prosedur beracara dan pembuatan rekes dalam persidangan perkara pidana

–   Sarana aktualisasi dan implementasi KPS bagi mahasiswa FH UII.

–   Memberikan Diklat prosedur beracara dan pembuatan rekes bagi mahasiswa FH UII.

Bulan Maret 2009

Mahasiswa

FH UII.

–   Terlaksananya Diklat untuk mahasiswa FH UII.

  

DPSDM.

Rp. 2.500.000,-

5.

Bantuan bimbingan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Praktek Peradilan mengenai prosedur beracara

di Pengadilan

–   Sarana implementasi KPS untuk mahasiswa FH UII

Bulan Februari 2009

Mahasiswa yang mengambil matakuliah Praktek Peradilan, yang membutuhkan bimbingan mengenai prosedur beracara di Pengadilan  dalam hal simulasi persidangan.

–   Adanya bantuan bimbingan bagi mahasiswa yang membutuhkan.

 

DPSDM

Kondisional

    

                                                                                               Yogyakarta, 29 Nopember 2008

                                                                                                                                                                                                                                                                                                       D.P.S.D.M