Tim Penataan Struktur Organisasi Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Melakukan Studi Banding ke Universitas Surabaya (UBAYA) Kamis, 27 Januari 2011. Tim yang dipimpin oleh Ka.Prodi S-1, Karimatul Ummah, SH., M.Hum disertai beberapa Dosen tetap, diantaranya M. Abdul Kholiq, SH., M.Hum & Dr. M. Syamsudin, SH., MH.  serta Peg. Administratif Fitriati Khotimah, SE pada Kamis 27 Januari 2011 jam 10.05 WIB melakukan studi Banding ke Fakultas Hukum Universitas Surabaya. 

Studi banding yang sama sebelumnya telah dilakukan di Universitas Indonesia Jakarta. Studi Banding tersebut dimaksudkan untuk melakukan kajian-kajian terhadap penyempurnaan Struktur Organisasi yang ada di Fakultas Hukum UII. Pada kesempatan tersebut Tim Studi Banding FH UII ditemui oleh Dekan Fakultas Hukum UBAYA Elly Hernawati, S.H., M.Hum., Pembantu Dekan I H. Heru Susanto, S.H., M.Hum. dan Pembantu Dekan II Soetrisno, S.H., M.Hum. Pada pertemuan tersebut dilakukan share tentang Tata Kelola ,  struktur organisasi serta wewenang dan tanggung jawab yang ada pada ke dua fakultas.
Salah satu hal yang mendapatkan perhatian serius dari Tim Studi Banding FH UII adalah tentang adanya International Affair, dimana international program yang di UBAYA disebut sebagai International Village telah berhasil menjalin kerjasama dengan 39 negara untuk secara bersama-sama melakukan Student Exchange.
Acara tersebut diakhiri dengan secara bersama-sama mengunjungi gedung International Village.