Efisiensi Genset Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia

Genset Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
TGenset Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakartaamansiswa, 19 Agustus 2011. Sayup suara Doa dipanjatkan oleh Sekretaris Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UII Bagya Agung Prabawa, SH., M.Hum untuk mengakhiri khutbah kedua Ibadah Jum’at di masjid Al-Azhar FH UII. Sound system ternyata mati karena jaringan listrik tidak teraliri arus dari PLN.
Tamansiswa, 19 Agustus 2011. Sayup suara Doa dipanjatkan oleh Sekretaris Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UII Bagya Agung Prabawa, SH., M.Hum untuk mengakhiri khutbah kedua Ibadah Jum’at di masjid Al-Azhar FH UII. Sound system ternyata mati karena listrik tidak teraliri arus dari PLN. Namun sejenak setelah itu telah terdengar suara mirip mesin bis, lumayan halus dan tidak begitu bising. Jika berada di ruang kelas mungkin tidak terdengar suara genset yang menyala menggantikan PLN mengaliri jaringan listrik di Fakultas Hukum UII.
Setidaknya sudah dua kali genset yang baru ini beroperasi untuk melancarkan aktivitas pembelajaran di Kawah Candradimuka para penegak hukum saat ini di Indonesia. Dan cukup melegakan pula karena saat ini tidak perlu was-was dimana pembelajaran yang harus mengandalkan suplay arus listri dari PLN untuk menghidupkan lcd projector dan komputer yang sudah ada disetiap kelas. Tidak hanya peralatan tersebut, sistem kerja dengan menggandalkan komputerisasi di setiap lini fakultas, sistem informasi yang dibangun dengan koneksi internet ke dunia luar juga tidak lepas dari kebutuhan listrik. Sehingga banyak pihak merasakan bahwa keberadaan genset saat ini maupun tahun-tahun yang lalu sangat diperlukan.
Kapasitas 240 kva dengan mesin cilinder 9300 cc ini cukup untuk mengangkat beban yang selama ini sambungkan ke PLN. Dengan menggunakan Micro-Computer Control Automatic Diesel Generator diharapkan tegangan lebih stabil dan aman bagi penggunaan perangkat listrik dengan signal halus seperti halnya komputer. Walaupun begitu catu daya kompuiter dan perangkat elektronik yang mahal lainnya biasanya telah dilengkapi dengan pengaman. Namun jangan tanya kalau setiap jamnya barang ini meminum BBM solar sebanyak 50 liter.
Genset ini dikirimkan oleh Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia sebagai support bagi Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia yang masih mampu mempertahankan proses pembelajaran. Mulai dari rekruitmen mahasiswa baru, pengajaran, pengabdian masyarakat dan kerjasama serta kegiatan ilmiah lainnya masih cukup konsisten. Baru saja terdengar adanya berita gembira atas ditetapkannya Prodi Magister Hukum bagian dari Fakultas Hukum UII dengan akreditasi A. Tentu Badan Wakaf sebagai Yayasan yang menangungi UII berharap FH UII semakin maju dan berkembang. Salah satu pesannya adalah bahwa proses akreditasi yang sudah menunggu tahun depan adalah akreditasi Prodi Ilmu Hukum S-1. Kegiatan ini harus dipersiapkan dengan baik dan matang agar dapat membuktikan bahwa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia masih layak diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk mengampu putra-putri mereka menjadi sarjana yang berkwalitas. arf