Kamis 8 September 2011 Jam 14.00, bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai III Fakultas Hukum UII, Keluarga Besar Fakultas Hukum mengadakan Syawalan dan Pelepasan Calon Haji serta Tasyakuran Program S-2 Ilmu Hukum yang pada bulan Juli 2011 telah mendapatkan Akreditasi dengan nilai A.

Acara yang dibuka oleh Dekan FH UII, Dr. H. Rusli Muhamaad, SH., MH. dalam sambutannya menyatakan bahwa saat  ini merupakan momentum yang paling tepat untuk saling memaafkan dan sebagai Pimpinan fakultas mengajak seluruh keluarga besar FH UII untuk secara bersama-sama mengikhlaskan untuk saling memaafkan dan untuk tidak saling mengulang kesalahan yang sama di waktu-waktu mendatang serta bersama-sama  untuk saling berbuat kebajikan agar keluarga besar FH UII menjadi hamba-hamba yang dicintai oleh Allah Swt.Dr. H. Rusli Muhammad, SH., MH juga mengucapkan selamat kepada calon haji dari keluarga besar UII semoga diberikan kemudahan dan kesempurna an dalam menjalankan rukun-rukun haji dan menjadi haji yang mabrur serta berharap untuk mendo’akan supaya FH UII tetap mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan hukum di masa-masa mend atang, kepada Program   S-2 Ilmu Hukum juga diucapkan selamat atas prestasinya sehingga  mendapatkan Akreditasi A.  Dr. H. Rusli Muhammad, SH., MH berharapkan Program Pascasarjana untuk  tetap terus berjuang supaya menjadi teladan bagi program pascasarjana yang lain. Terkait dengan Akreditasi Program S-2 Ilmu Hukum, Dr. Ni’matul Huda, SH., M.Hum, Direktur Program Pascasarjana mengucapkan terimakasih terhadap Tim Akreditasi S-2, Pimpinan dan Staff Fakultas, Pusat-pusat studi di FH, LKBH dan Civitas Akademika atas support data yang telah diberikan serta ucapan terimakasih kepada Prof. Jawahir Thontowi, SH., Ph.D. terhadap support yang telah diberikan sehingga pada bulan Juli Program S-2 Ilmu Hukum mendapatkan akreditasi A, untuk selanjutnya akan dilaksanakan workshop akreditasi bagi Program S-3, sehingga diharapkan kedepannya Program S-3 akan mendapatkan Akreditasi dengan nilai maksimal.
Sedangkan Bagya Agung Prabawa, SH., M.Hum selaku ketua Ikatan Keluarga Pegawai (IKP) FH UII dalam ikrarnya menyatakan atas nama pengurus IKP menghaturkan permohonan maaf atas segala kekhilafan selama berinteraksi, dan atas nama keluarga besar FH UII turut berbahagia dan turut mendoakan kepada calon haji  Bp. Budi Agus Riswandi, SH., M.Hum. agar dalam melaksanakan ibadah haji diberikan kemudahan dan menjadi haji yang mabrur.
Pada kesempatan itu juga diberikan tausiyah oleh Prof. Jawahir Thontowi, SH., Ph.D, dengan mengacu kepada QS. Ali Imran 132-135 berharap bahwa setelah ramadhan 1432 H ini Keluarga besar FH UII dianugerahi oleh Allah SWT menjadi insan-insan dan hamba-hamba yang memperoleh kemenangan dengan dilandasi oleh ketaqwaan, pengendalian hawa nafsu dan menjadi muhlisin. Dengan demikian Allah SWT akan mengampuni dosa dan kesalahan seluruh keluarga besar FH UII serta berharap untuk  mampu secara ikhlas saling memaafkan sehingga mendapatkan kesuksesan karena ijin Allah yaitu kesuksesan tanpa menyingkirkan, menyakiti, atau bahkan mengorbankan orang lain. Diharapkan pula oleh Prof. Jawahir Thontowi, SH., Ph,.D dengan saling ikhlas memaafkan tidak akan terjadi Impeachment dalam bentuk apapun di lingkungan keluarga besar FH UII, sehingga FH UII tetap akan menjadi kepercayaan masyarakat luas dalam menyelenggarakan pendidikan hukum di negara Indonesia.