Kaliurang 24-25 September 2011, Sebagai kelanjutan dari Pra-Rakorja 2012 yang telah dilaksanakan 16 September 2011, Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia kembali melaksanakan Rakorja untuk menyusun Program Kerja tahun 2012.

Dr. Rusli Muhammad, SH., MH, Dekan FH UII dalam sambutannya menyatakan bahwa Rakorja ini dilaksanakan dalam rangka menyusun program-program untuk satu tahun kedepan, dengan mengakomodir masukan-masukan pada Pra-Rakorja yang lalu, diharapkan pula rumusan-rumusan kebijakan pada program kerja pada masing-masing unit dapat mem-break down Renstra Fakultas dan  Renstra Universitas. Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh peserta dan diharapkan dapat merumuskan program kerja yang dapat dimplementasikan dengan baik serta mudah dalam melakukan pengukuran terhadap realisasinya.
 
Sedangkan Rektor Unversitas Islam Indonesia Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec dalam sambutannya menyatakan bahwa di tengah masa transisi perubahan AD/ART baru pada tingkat yayasan dan Rektoriat, perumusan, pemikiran hasil Rakorja harus mengacu pada pola dan kegiatan yang sesuai dengan Rencana dan Induk Pengembangan. Rencana kerja tidak cukup hanya program kerja tetapi harus berupa RKAT (rencana kerja anggaran tahunan) yang bersifat time constrain dengan schedulling yang ketat.
Disamping itu penyusunan program kerja juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan hasil audit manajemen Badan Wakaf, sehingga berdasarkan hasil audit tersebut hal-hal administratif perlu diperhatikan terutama terkait kelengkapan-kelengkapan dokumen. Program kerja juga harus mempunyai sinkronisasi antara Renstra fakultas dan universitas, buatlah program kerja yang realistis dan mudah dilaksanakan, tidak ndakik-ndakik tetapi sulit dilaksanakan. Selanjutnya rektor juga berharap program kerja 2012 dapat diarahkan untuk mencapai target teaching university. Saat ini menurut Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., FH UII dianggap sebagai leading faculty di Universitas Islam Indonesia, sehingga diharapkan FH UII dapat menjadi motor multy campus di UII sehingga tujuan UII sebagai world class university dapat terwujud.
Untuk bidang kerjasama Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec berharap FH UII dapat lebih mengembangkan kerjasama-kerjsama yang telah ada dan diagendakan dalam program kerja, salah satunya adalah FH UII diharapkan mampu mempelopori berdirinya suatu fakultas yang menangani pembelaan terhadap konsumen, seperti diketahui saat ini hanya ada satu LSM  saja yang menangani pembelaan konsumen.
Acara yang dihadiri oleh Ketua-ketua Program studi, Ketua-ketua Departemen, Laboratorium, Ketua Pusat studi, Ketua PKPA dan Kepal-kepala Divisi di lingkungan FH tersebut terdiri dari beberapa pembahasan yaitu: (1) Pembahasan Bidang akademik yang meliputi Prodi S-1, International Program, Departemen, Laboratorium, Divisi Akademik dan Perpustakaan, Pusat studi Jurnal/Penerbitan, PKPA dan pascasarjana (2) Pembahasan Bidang Umum dan Keuangan, meliputi Wakil Dekan, Divisi Umum & RT, Divisi Keuangan dan SIM (3) Pembahasan bidang kemahasiswaan dan Alumni,.