Fakultas Hukum UII 19 Januari 2012. Fakultas Hukum UII menerima kunjungan dari Universitas Surabaya (UBAYA). Tim yang dipimpin oleh Dekan FH UBAYA, Irta Windra Syahrial,S.H.,M.S. dan didampingi oleh Wakil Dekan I Dr. Wisnu Aryo Dewanto,S.H.,LL.M., Wakil Dekan II  H.Heru Susanto,S.H.,M.Hum. serta Ketua Departemen MKU tersebut diterima oleh Pimpinan Fakultas Hukum UII yang terdiri dari Wakl Dekan, Ka.Prodi dan Sek.Prodi. di Ruang Sidang Dekanat.
Wakil Dekan FH UII, Dr. Saifudin, SH., M.Hum. dalam sambutannya merasa bahagia atas kedatangan Tim dari UBAYA dan mengucapkan selamat datang atas kunjungan Dekan FH UBAYA beserta tim serta  menyatakan bahwa, dengan berpedoman pada konsep World Class Univerity, saat ini FH UII mempunyai kurikulum yang fleksibel  dan setara dengan Fakultas Hukum di negara-negara maju. Kurikulum FH UII selalu dievaluasi lima tahun sekali yang melibatkan stake holder, alumni, pengguna alumni serta tidak lepas dari dukungan kekuatan dan kesempurnaan SDM yang ada. Lebih jauh Wakil Dekan juga menjelaskan tentang Struktur Organisasi, dijelaskan oleh Wadek bahwa struktur organisasi di FH UII sedang dilakukan integrasi antara S-1, Pascasarjana dan Program Profesi Advokad yang meliputi sarana dan prasarana, SDM serta Kurikulum. Mekanisme pembagian Home Base bagi Dosen S-1 dan Pascasarjana serta validasinya ke Kopertis, status administrasi dari Dosen FH UII yang menjadi pejabat negara, fungsi dan susunan pengurus Senat Fakultas, Pusat Studi Fakultas dan Pusat Studi Mandiri juga tidak luput dari penjelasan Wakil Dekan.
Lebih Lanjut dijelaskan serta dipresentasikan oleh Ka.Prodi S-1 Karimatul Ummah, SH., M.Hum, disamping struktur organisasi yang memadai, Kekuatan Prodi Hukum yang dimiliki saat ini  diantaranya adalah kurikulum (FH UII saat ini menggunakan Kurikulum 2008)  yang selalu dievaluasi setiap lima tahun sekali yang terdiri dari Kurikulum Inti sebanyak 78 SKS dan Kurikulum Institusional sebanyak 66 SKS, komitmen untuk menghasilkan  profesi hukum serta adanya  SDM Dosen dan praktisi yang handal.
Dibidang penerimaan mahasiswa dikatakan bahwa FH UII setiap tahunnya selalu mendapatkan animo yang sangat besar disertai pola seleksi yang cukup ketat dengan rata-rata mahasiswa diterima sebanyak enam ratus mahasiswa baru.
Pada kesempatan tersebut Ka.Prodi juga menjelaskan proses belajar mengajar, pengelolaan dan pengembangan matakuliah oleh departemen, mekanisme pemberian nilai oleh dosen, kesesuaian proses belajar mengajar dengan SAP, Tugas akhir, Evaluasi Kinerja Dosen (NKD) dan komponen-komponen NKD.