Kamis, 16 Agustus 2012, Melalui Ujian Terbuka yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Gedung Program Pascasarjana Universitas Diponegoro (UNDIP) Jl. Imam Barjo, SH. No.3-5 Semarang, Abdul Jamil SH., MH. Dosen Fakultas Hukum UII, berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum  dengan predikat Sangat Memuaskan.

Didasari oleh kegalauan atas putusan peradilan khususnya peradilan agama yang dalam prakteknya masih banyak ditemukan putusan hakim peradilan agama yang belum mencerminkan rasa keadilan, banyaknya pertimbangan yang dibuat secara positifistik belum mempertimbangkan hukum diluar undang-undang, padahal bagi orang Islam (didalamnya hakim) peluang untuk menemukan hukum lebih banyak yang didalam Islam ada sumber hukum ketiga yaitu Ijtihad, sebab hakim adalah orang yang senantiasa menghasilkan hukum. Berdasarkan fakta tersebut diperlukan usaha untuk merekonstruksi pertimbangan hakim peradilan agama, khususnya dalam putusan pembagian harta bersama yang berbasis keadilan proporsional. Hal ini perlu dilakukan mengingat keadilan yang berkaitan dengan perolehan hak itu tidak selalu sama, akan tetapi kewajarannya atau keseimbangannya. Konsep keadilan yang demikian adalah yang diatur dalam Al-Qur’an, sedangkan Al-Qur’an sendiri merupakan sumber hukum utama bagi orang Islam.
Dari alasan-alasan tersebut disertasi yang berjudul “Rekonstruksi Hakim Pengadilan Agama dalam Putusan Berbasis Keadilan Proporsional (Studi Kasus tentang Pembagian Harta Bersama)” yang ditulis oleh Abdul Jamil, SH., MH dengan Promotor Prof. Dr. Esmi Warassih Pujirahayu, SH., MS. Dan Co-Promotor Dr. Abdurrahman, SH., MH. serta telah diuji dihadapan Dewan Penguji yang terdiri dari Ketua: Prof. Drs. Sudharto P. Hadi, MES., Ph.D., Sekretaris: Prof. Dr. Ir. Sunarso, MS. Anggota: Prof. Dr. dr. Anies, M.Kes., PKK., Prof. Dr. Ahmad Rofiq., MA, (penguji Eksternal), Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum., Prof. Dr. Yusriyadi, SH., MS., Prof. Dr. Benny Riyanto, SH., M.Hum., CN. Dr. Rofa’ah Setiowati, SH., M.Hum. Prof. Dr. Esmi Warassih Pujirahayu, SH., MS (Promotor) serta Dr. Abdurrahman, SH., MH. (Co-Promotor), berhasil mengantarkan Abdul Jamil SH., MH. meraih gelar Doktor dalam Ilmu Hukum dengan predikat Sangat Memuaskan.
Dengan keberhasilan ini, Dr. Abdul Jamil, SH., MH., merupakan doktor ke dua puluh lima (tiga Profesor) yang telah dimiliki oleh Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Segenap Civitas Akademika dan Keluarga Besar Fakultas Hukum Universitas Islam mengucapkan Selamat dan Sukses atas diraihnya gelar Doktor dalam Ilmu Hukum bagi Dr. Abdul Jamil, SH., MH.