Fakultas Hukum (FH) UII, Senin 27 Agustus 2012, Bertempat di Ruang Sidang Utama Lt.3, segenap keluarga besar Fakultas Hukum UII menyelenggarakan Syawalan dan pelepasan Calon Haji tahun 2012m/1433 H yang terdiri dari Dosen dan Tenaga Kependidikan FH UII.

Acara ikrar syawalan pada hari itu diawali dengan Ikrar Syawalan oleh Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa yang  menyatakan, sebagai wakil mahasiswa Fakultas Hukum UII, menyampaikan permohonan maap atas semua kesalahan yang disengaja maupun tidak  kepada seluruh keluarga besar FH UII serta mengucapkan selamat Idul Fitri 1413 H. Sedangkan Bagya Agung Prabowo, SH., M.Hum. selaku ketua IKP FH UII dalam ikrar syawalannya menyatakan,dengan segala kerendahan hati ibarat selembut kapas namun masih ada bijinya, ibarat seindah mawar namun masih ada durinya, mungkin ada kata dan sikap yang tidak berkenan sehingga ada yang tersakiti maka, atas nama seluruh pegawai mengucapkan mohon maap lahir dan batin serta mengucapkan selamat kepada dosen dan tenaga kependidikan yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini, semoga Allah memberi kemudahan sehingga menjadi haji yang mabrur.
Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. Dekan FH UII dalam sambutan Syawalan dan pelepasan Calon Haji tahun 2012m/1433 H menyatakan, hari ini merupakan hari silaturahmi untuk kita mampu memberikan dan menerima segala permintaan maap dimasa lalu jika ada perbuatan yang tidak berkenan, sehingga kita dituntut untuk mampu secara seimbang memberi dan menerima maap dengan dilandasi rasa ikhlas dan kasih sayang sehingga kita semua seperti orang–orang yang baru kembali dari peperangan menuju suatu kemenangan. Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji bagi dosen dan tenaga kependidikan yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini, semoga diberikan kemudahan, berangkat dalam keadaan sehat, kembali dalam keadaan lebih sehat lagi dan menjadi Haji yang Mabrur serta berharap tahun depan keluarga FH UII yang menunaikan ibadah haji akan bertambah jumlahnya.
Pada kesempatan tersebut Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. memberikan bingkisan kepada calon jamaah haji yang terdiri dari: Dr. Saifudin, SH., M.Hum beserta Istri, Zairin Harahap, SH., M.Si beserta istri, Sri Wardah SH., SU, Mila Karmila Adi, Sh., M.Hum. beserta suami, Gholob beserta istri dan Maimunah.
Acara yang berakhir pada pukul 15.00 dan diakhiri dengan Halal bi Halal dengan bersalam-salaman bersama tersebut diisi juga dengan kajian oleh Drs. H. Zamari dari Depag DIY serta dihadiri oleh segenap dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Menurut Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. acara ini juga serasa istimewa karena pada kesempatan tersebut berkenan hadir juga Prof. Moh. Mahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi RI yang juga Dosen Fakultas Hukum UII.