Lahirnya Undang-undang (UU) No. 8 tahun 2012 tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD nampaknya belum memberikan harapan akan semakin baiknya pembangunan demokrasi di Indonesia yang baik. Belum kuatnya pengaturan soal pembiayaan kampanye jelas bisa membuat celah makin suburnya money politic sebagai praktek buying vote (pembelian suara).

Hal itu mengemuka dalam Workshop Memahami UU No. 8 tahun 2012 tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Hukum Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (PSHK FH UII) bekerjasama dengan Hanss Seidel Foundation (HSF) Indonesia, 28/08. “Aturan mengenai pembiayaan sangat lemah dalam penegakannya.” Ungkap Ari Dwipayana yang hadir sebagai salah satu pembicara dalam kesempatan tersebut.
Hal senada juga diungkapkan oleh Moh. Najib selaku anggota KPU DIY, ia mengungkapkan bahwa berlakunya UU baru tersebut dinilai sebagian tokoh non parlemen dianggap diskrimnatif, sehingga tidak mengherankan kini UU tersebut diajukan Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi. “Munculnya klausula partai politik peserta pemilu 2009 yang tidak lolos ambang batas nasional harus mengikuti serangkaian pendaftaran dan verifikasi jelas menjadi persoalan bagi sebagian kalangan.” Tegasnya.
Sementara itu, anggota Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) RI, Nasrullah lebih menguraikan berbagai paradigma yang muncul akibat lahirnya UU No. 8 tahun 2012 tersebut. Sebagai badan pengawas, BAWASLU dinilai akan lebih berprestasi apabila ia mampu mencegah berbagai kasus pemilu dibandingkan jika hanya sekedar melakukan penindakan. Dengan kata lain posisi BAWASLU saat ini berada pada garda terdepan dalam mengawal pemilu. Oleh karenanya, sebagai wujud pencegahannya BAWASLU kini harus lebih intens dalam berkoordinasi dengan seluruh stakeholder pemilu, dan sosialisasi pengawasan pemilu secara massif.
Selanjutnya, pakar Hukum Tata Negara (HTN) UII menyorti terkait politik hukum yang dibawa dalam UU No. 8 tahun 2012. Ia menyebutkan bahwa UU tersebut diarahkan dalam rangka membangun sinergisitas guna memperkuat sistem pemerintahan presidensiil yang sudah menjadi salah satu kesepakatan dasar dalam Amandemen UUD 1945. Memang, persoalan muncul dari partai-partai politik kecil karena UU ini akan menjadi malaikat maut dari partai politik yang tidak mencapai dukungan 3,5% suara sah secara nasional. “Meski begitu, mengingat UU merupakan kesepakatan politik dan secara legal-prosedur telah disahkan, suka tidak suka kita harus menaatinya sambil memberikan pengawasan.” Terangnya.
Wakil rektor I UII, Nandang Sutrisno, SH.,L.LM.,M.Hum.,Ph.D yang hadir dalam kesempatan tersebut, menjelaskan bahwa  dalam ilmu hukum itu dikenal adanya fiksi hukum, yang secara singkat dapat diartikan ketika UU telah disahkan pemerintah, maka seketika itu juga UU terkait berlaku bagi semua warga Negara Indonesia. Akan tetapi hal itu seringkali tidak selaras dengan kondisi sosiologis di masyarakat. Sehingga perlu adanya sosialisasi oleh semua pihak, khususnya lembaga pendidikan. Oleh karenanya langkah PSHK yang mengadakan workshop ini jelas menjadi langkah yang patut diapresiasi. “Atas nama pimpinan kami memberikan apresiasi terselenggaranya workshop kali ini, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada HSF yang telah rutin menjalin kerjasama dengan UII.” Ungkapnya.
 Acara yang berlangsung di Hotel Saphir Yogyakarta, Senin (28/8) berlangsung sukses dengan mengundang pengajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMA dan Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta, diharapkan dapat memberikan pemahaman demokrasi yang berkualitas melalui pemilihan umum yang demokratis. (Sumber: SARIYANTI)

 
 

Fakultas Hukum UII, Rabu, 29 Agustus 2012. Pra Rakorja merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya di Fakultas Hukum UII. Pra Rakorja kali ini dimaksudkan untuk menyampaikan gambaran realisasi dan evaluasi RKAT yang telah dilaksanakan pada tahun 2012.

Selain sebagai media penyampaian realisasi dan evaluasi RKAT, Pra Rakorja juga digunakan untuk menampung aspirasi-aspirasi dari Dosen dan Tenaga Kependidikan untuk dibawa ke tingkat Rakorja guna menyusun dan menyempurnakan RKAT 2013. Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan Fakultas Hukum UII ) Dr. H. Rusli Muhammad, SH., MH.  ketika membuka Pra-Rakorja 2013 pada Rabu 29 Agustus 2012 yang diikuti oleh segenap Pejabat Struktural, Kepala-Kepala Unit, segenap Dosen dan Tenaga Kependidikan dilingkungan FH UII.
Pada kesempatan tersebut juga disampaikan presentasi Bidang I, II dan Bidang III yang disampaikan oleh :
(1) Dr. H. Rusli Muhammad, SH., MH. selaku Dekan memberikan arahan dan  kebijakan umum yang telah dilaksanakan pada tahun 2012 sekaligus sebagai penanggung jawab Bidang III menyampaikan bahwa meskipun saat ini di Fakultas Hukum sudah dibentuk unit yang menangani bidang kemahasiswaan dan alumni namun beliau berharap ada struktur organisasi yang menangani Bidang III terdapat dalam Struktur Organisasi Fakultas.
(2) Kepala Program Studi S-1 Karimatul Ummah, SH., M.Hum., menyampaikan  Realisasi dan Evaluasi serta hambatan-hampatan RKAT 2012 yang telah dilaksanakan oleh Program Studi S1 yang meliputi Penguatan Tata Kelola, Penguatan Keunggulan dan Kulitas Akademik dan Optimalisasi Peran Civitas Akademika menuju WCU.
(3) Dr. Saifudin, SH., M.Hum, selaku Wakil Dekan, menyampaikan Realisasi dan Evaluasi serta hambatan-hampatan RKAT 2012 Bidang II yang terdiri : bidang Administrasi dan Umum, Bidang Pengelolaan Keuangan dan Kesejahteraan, Bdang Pengelolaan SDM serta Bidang Penyediaan Sarana  dan Pra-Sarana.
(4) Dr. Ni’matul Huda, SH., M.Hum., selaku Ketua Program Studi Pascasarjana menyampaikan beberapa permasalahan yang hingga saat masih dihadapi terkait diadakannya multikampus di Jakarta, Kerjasama denagn Unversitas Sumatera Utara, Kerjasama antara Prodi Farmasi FMIPA UII dengan program pascasarjana (magister/S2) FH UII pada jurusan Hukum Kesehatan, Kerjasama dengan Bank Indonesia untuk melaksanakan pelatihan Perbankan Syariah serta Rencana Pengembangan Perpustakaan.Pada Kesempatan tersebut Dr. Ni’matul Huda, SH., M.Hum., juga menyampaikan bahwa Pascasarjana sudah mempersiapkan Tim untuk persiapan akreditasi S3 pada tahun 12 ini, disampaikan juga perkembangan perkuliahan melalui video teleconference setelah mendapatkan hibah peralatan video teleconference dari South Carolina.
(5) Dr. Drs. Rohidin, S.Ag., selaku Sekretaris Pendidikan Khusus Provesi Advokad (PKPA) menyampaikan bahwa Program kerja PKA ini merupakan implementasi dari aspek tridaharma perguruan tinggi yaitu aspek pembelajaran dan telah dilaksanakan dengan sukses. Hal ni dapat dilihat bahwa saat ini satu-satunya PKPA di Yogyakarta yang mampu bertahan untuk melaksanakan program dari PERADI untuk menyelenggarakan pendidikan PKPA hanyalah di FH UII, ini terbukti dari animo peserta yang mengikuti PKPA tetap tinggi (50 Peserta/Angkatan).
Acara yang dimulai sejak pukul 12.30 sampai dengan pukul 17 tersebut berjalan dengan baik dan berhasil menampung ide-ide serta gagasan-gagasan yang selanjutnya akan dibawa ke tingkat Rakorja sehingga bermanfaat untuk perbaikan kinerja FH UII untuk tahun kedepan.

 

PENGUMUMAN

No. 02/Akd.12_13_1/VIII/2012

PERUBAHAN JADUAL KULIAH GANJIL 2012/2013

PENGUMUMAN

No. 02/Akd.12_13_1/VIII/2012

PERUBAHAN JADUAL KULIAH GANJIL 2012/2013

NO
MATA KULIAH
KLS
DOSEN
JADUAL PERUBAHAN
HARI
WAKTU
5
Hukum Pidana Khusus
B
Mudzakkir, DR.SH.MH
Selasa
13:00
14:40
6
Jinayat
B
Mudzakkir, DR.SH.MH
Selasa
15:20
17:00
7
Jinayat
C
Mudzakkir, DR.SH.MH
Rabu
13:00
14:40
2
Pemikiran dan Peradaban Islam
G
Fuad Zein, Drs.MA
Kamis
13:00
14:40
3
Pemikiran dan Peradaban Islam
H
Fuad Zein, Drs.MA
Kamis
15:20
17:00
4
Pengantar Ilmu Hukum
H
Mudzakkir, DR.SH.MH
Selasa
07:00
08:40
1
Penyusunan Kontrak
A
Pandam Nurwulan, SH.MH.Not
Sabtu
07:00
09:30
Demikian terimakasih.
Yogyakarta, 28 Agustus 2012
Kadiv. Akademik
ttd

Yuli Wasitohadi

Fakultas Hukum (FH) UII, Senin 27 Agustus 2012. Manusia merupakan ciptaan Allah SWT. yang sempurna dan sudah dibekali dengan “perangkat keras” yang hebat oleh Allah SWT., namun manusia mempunyai kelemahan yaitu kadang-kadang menjadi sangat percaya diri dan kadang-kadang menjadi sangat tidak percaya diri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Drs. H. Zamari dari Depag DIY pada saat memberikan tausiyah acara Syawalan dan pelepasan Calon Haji tahun 1433H di FH UII. Lebih jauh disampaikan oleh Drs. H. Zamari, manusia akan mampu menjadi ditengah-tengah yaitu menjadi percaya diri jika mampu menahan apa-apa yang dijalani seperti ketika kita menjalankan puasa, sehingga bisa menjadi orang-orang yang bertaqwa. Mengacu kepada Surat Ath-Thalaaq 2-3, Drs. H. Zamari menyatakan bahwa, banyak keuntungan menjadi orang yang taqwa, diantaranya adalah: (1) Diberikan Rizky dari arah yang tidak disangka-sangka (2) Diberikan jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi (3) Diberikan berkah dalam hidupnya  (4) diberikan “furqon” atau pembeda diantara yang baik dan buruk (5) Dihapuskan kejelekannya dan diampuni dosa-dosanya. Dengan menjadi orang yang taqwa Allah juga akan senantiasa mengabulkan do’a-do’anya. Allah akan mengabulkan doa dengan tiga cara yaitu: (1) Do’a akan dikabulkan seketika (2) Do’a akan ditunda dikarenakan waktu yang tidak tepat (3) Digantikan dengan ni’kmat-ni’mat lain yang sesuai dengan kondisi hambanya. Sedangkan ciri-ciri orang yang bertaqwa menurut Drs. H. Zamari adalah: (1) rajin bersodakoh (2) Mampu menahan marah (3) pemaaf (4) selalu berbuat kebaikan (5) Tobat, mau segera melakukan tobat jika berbuat kesalahan. Berkenan pada akhir acara Syawalan dan pelepasan Calon Haji tahun 1433H. Drs. H. Zamari memimpin do’a penutup dan do’a bagi calon jama’ah haji keluarga besar FH UII.

 

Fakultas Hukum (FH) UII, Senin 27 Agustus 2012, Bertempat di Ruang Sidang Utama Lt.3, segenap keluarga besar Fakultas Hukum UII menyelenggarakan Syawalan dan pelepasan Calon Haji tahun 2012m/1433 H yang terdiri dari Dosen dan Tenaga Kependidikan FH UII.

Acara ikrar syawalan pada hari itu diawali dengan Ikrar Syawalan oleh Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa yang  menyatakan, sebagai wakil mahasiswa Fakultas Hukum UII, menyampaikan permohonan maap atas semua kesalahan yang disengaja maupun tidak  kepada seluruh keluarga besar FH UII serta mengucapkan selamat Idul Fitri 1413 H. Sedangkan Bagya Agung Prabowo, SH., M.Hum. selaku ketua IKP FH UII dalam ikrar syawalannya menyatakan,dengan segala kerendahan hati ibarat selembut kapas namun masih ada bijinya, ibarat seindah mawar namun masih ada durinya, mungkin ada kata dan sikap yang tidak berkenan sehingga ada yang tersakiti maka, atas nama seluruh pegawai mengucapkan mohon maap lahir dan batin serta mengucapkan selamat kepada dosen dan tenaga kependidikan yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini, semoga Allah memberi kemudahan sehingga menjadi haji yang mabrur.
Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. Dekan FH UII dalam sambutan Syawalan dan pelepasan Calon Haji tahun 2012m/1433 H menyatakan, hari ini merupakan hari silaturahmi untuk kita mampu memberikan dan menerima segala permintaan maap dimasa lalu jika ada perbuatan yang tidak berkenan, sehingga kita dituntut untuk mampu secara seimbang memberi dan menerima maap dengan dilandasi rasa ikhlas dan kasih sayang sehingga kita semua seperti orang–orang yang baru kembali dari peperangan menuju suatu kemenangan. Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji bagi dosen dan tenaga kependidikan yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini, semoga diberikan kemudahan, berangkat dalam keadaan sehat, kembali dalam keadaan lebih sehat lagi dan menjadi Haji yang Mabrur serta berharap tahun depan keluarga FH UII yang menunaikan ibadah haji akan bertambah jumlahnya.
Pada kesempatan tersebut Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. memberikan bingkisan kepada calon jamaah haji yang terdiri dari: Dr. Saifudin, SH., M.Hum beserta Istri, Zairin Harahap, SH., M.Si beserta istri, Sri Wardah SH., SU, Mila Karmila Adi, Sh., M.Hum. beserta suami, Gholob beserta istri dan Maimunah.
Acara yang berakhir pada pukul 15.00 dan diakhiri dengan Halal bi Halal dengan bersalam-salaman bersama tersebut diisi juga dengan kajian oleh Drs. H. Zamari dari Depag DIY serta dihadiri oleh segenap dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Menurut Dr. Rusli Muhammad, SH., MH. acara ini juga serasa istimewa karena pada kesempatan tersebut berkenan hadir juga Prof. Moh. Mahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi RI yang juga Dosen Fakultas Hukum UII.

 

Kamis, 16 Agustus 2012, Melalui Ujian Terbuka yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Gedung Program Pascasarjana Universitas Diponegoro (UNDIP) Jl. Imam Barjo, SH. No.3-5 Semarang, Abdul Jamil SH., MH. Dosen Fakultas Hukum UII, berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum  dengan predikat Sangat Memuaskan.

Didasari oleh kegalauan atas putusan peradilan khususnya peradilan agama yang dalam prakteknya masih banyak ditemukan putusan hakim peradilan agama yang belum mencerminkan rasa keadilan, banyaknya pertimbangan yang dibuat secara positifistik belum mempertimbangkan hukum diluar undang-undang, padahal bagi orang Islam (didalamnya hakim) peluang untuk menemukan hukum lebih banyak yang didalam Islam ada sumber hukum ketiga yaitu Ijtihad, sebab hakim adalah orang yang senantiasa menghasilkan hukum. Berdasarkan fakta tersebut diperlukan usaha untuk merekonstruksi pertimbangan hakim peradilan agama, khususnya dalam putusan pembagian harta bersama yang berbasis keadilan proporsional. Hal ini perlu dilakukan mengingat keadilan yang berkaitan dengan perolehan hak itu tidak selalu sama, akan tetapi kewajarannya atau keseimbangannya. Konsep keadilan yang demikian adalah yang diatur dalam Al-Qur’an, sedangkan Al-Qur’an sendiri merupakan sumber hukum utama bagi orang Islam.
Dari alasan-alasan tersebut disertasi yang berjudul “Rekonstruksi Hakim Pengadilan Agama dalam Putusan Berbasis Keadilan Proporsional (Studi Kasus tentang Pembagian Harta Bersama)” yang ditulis oleh Abdul Jamil, SH., MH dengan Promotor Prof. Dr. Esmi Warassih Pujirahayu, SH., MS. Dan Co-Promotor Dr. Abdurrahman, SH., MH. serta telah diuji dihadapan Dewan Penguji yang terdiri dari Ketua: Prof. Drs. Sudharto P. Hadi, MES., Ph.D., Sekretaris: Prof. Dr. Ir. Sunarso, MS. Anggota: Prof. Dr. dr. Anies, M.Kes., PKK., Prof. Dr. Ahmad Rofiq., MA, (penguji Eksternal), Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum., Prof. Dr. Yusriyadi, SH., MS., Prof. Dr. Benny Riyanto, SH., M.Hum., CN. Dr. Rofa’ah Setiowati, SH., M.Hum. Prof. Dr. Esmi Warassih Pujirahayu, SH., MS (Promotor) serta Dr. Abdurrahman, SH., MH. (Co-Promotor), berhasil mengantarkan Abdul Jamil SH., MH. meraih gelar Doktor dalam Ilmu Hukum dengan predikat Sangat Memuaskan.
Dengan keberhasilan ini, Dr. Abdul Jamil, SH., MH., merupakan doktor ke dua puluh lima (tiga Profesor) yang telah dimiliki oleh Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Segenap Civitas Akademika dan Keluarga Besar Fakultas Hukum Universitas Islam mengucapkan Selamat dan Sukses atas diraihnya gelar Doktor dalam Ilmu Hukum bagi Dr. Abdul Jamil, SH., MH.

 

Dunia internasional akhir-akhir ini diributkan permasalahan pelanggaran HAM serta Hukum Internasional yang terjadi di Myanmar. Beberapa fakta ditemukan bahwa telah terjadi penganiayaan, pemerkosaan, dan penghapusan etnis Rohingya di Myanmar. Bahkan oleh Pemerintah Myanmar, kaum minoritas Rohingya tidak diberikan status sebagai warga Negara Myanmar tetapi justru dianggap sebagai imigran ilegal. Read more

Tamansiswa (uiinews) Pengurus Takmir Masjid Al Azhar FH UII menggelar berbagai kegiatan dalam rangka sambut bulan suci Romadhon 1433 H. Diantaranya, Sholat tarawih, tadarus, Kajian Kewanitaan, Kultum Romadhon, dan yang baru saja selesai disuguhkan kepada anak-anak TPA yang berlokasi di sekitar kampus, yaitu Gelar Kompetisi Anak Sholeh. Kegiatan ini menyajikan  lomba Dai Cilik, lomba Tartil Tilawatil Quran dan lomba Mewarnai.

Kompetisi Anak Saleh ini dibuka oleh Sekretaris Prodi S-1 Bapak Bagya Agung Prabawa SH MHum tepat pukul 14.00 wib. Hadir pada acara tersebut segenap Pengurus Takmir dan Dosen Pembina Takmir Bapak Anang Zubaidi SH serta para peserta lomba. Sekitar 100 peserta lomba yang terdiri dari santriwan dan santriwati TPA di sekitar lingkungan kampus memadati halaman kampus FH UII Jalan Tamansiswa 158 Yogyakarta. Dalam sambutannya Bagya Agung Prabowo SH MHum mengatakan menyambut baik kegiatan yang diselengarakan oleh Takmir Masjid AL Azhar.  Kegiatan ini dapat dijadikan media edukasi bagi anak-anak kita untuk terus berupaya mencari dan meningkatkan kemampuan melalui lomba ini. Kepada para peserta lomba beliau mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dan selamat mengikuti lomba, begitu sambutnya.
Ketua harian Takmir Masjid Al Azhar, mas Irham juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para adik-adik peserta lomba yang dengan ikhlas hadir meramaikan kompetisi ini, walau hari puasa dan sinar matahari menyengat kulit, namun semangat adik-adik tetap menyala, terima kasih dan selamat berlomba, ucap Irham mengakhiri sambutannya.(Sumber: sariyanti)

 
 
 Tamansiswa (uiinews) Selama kurang lebih 1 (Satu) jam Tim Auditor Badan Penjaminan Mutu Internal (BPM) UII dan Auditee (Jajaran Struktural dan Pimpinan FH UII) melaksanakan acara pembukaan Audit Mutu Internal Kinerja Unit (AMI-KU) di Ruang Sidang Utama Lantai 3 Kampus FH UII Jalan Tamansiswa 158 Yogyakarta.

Pembukaan dihadiri oleh Tim Auditor UII yang diwakili oleh Bapak Tito Yuwono ST, M.Sc. dan dari PSMF UII Bapak Pratikno. Untuk Auditee FH UII hadir pada kesempatan tersebut Dekan FH UII (DR. Rusli Muhamad SH MH), Wakil Dekan (DR Saifudin SH MHum), Ketua Prodi S-1 (Ibu Karimatul Ummah SH MHum), Ketua Prodi Pasca sarjana FH (DR Ni’matul Huda SH MHum), Ketua Departemen di lingkungan FH UII, Kepala Pusat-Pusat Studi dan Kepala Divisi-Divisi serta Tim pelaksana supporting data Audit FH UII.
AMI –KU untuk Lingkup kerja FH UII dibuka resmi oleh Dekan FH (DR. Rusli Muhammad SH MH) pada hari Rabu, (8/8)   Tepat pukul 09.00 wib. Pada kesempatan tersebut  Dekan menyambut baik upaya UII untuk terus mengadakan pengukuran secara internal Kinerja bagi unit-unit di lingkungan UII. Dekan berharap para Auditor untuk bisa membimbing pengisian AMI-KU dan memberikan arahan item-item mana yang masih memerlukan perbaikan.  
AMI-KU FH sampai dengan jajaran Divisi sedianya menurut jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2012, namun karena waktu diperkirakan kurang maka pelaksanaan visitasinya diundur pelaksanaannya besok tangal 3-8 September sehabis lebaran. Untuk Pembukaan dan penjelasan pelaksanaan AMI-KU tetap dilaksanakan sesuai jadwal, pada hari Rabu, (8/8). (sumber: Sariyanti)

 
 Tamansiswa (uiinews) Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia sebagai lembaga pendidikan dan latihan hukum memiliki peranan dalam memberikan pendidikan dan keterampilan hukum bagi mahasiswa khususnya dan masyarakat secara umum dalam kerangka pendidikan dan pengembangan pengetahuan hukum praktis.

Apalagi dalam menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya informasi dan teknologi seperti sekarang ini yang menuntut adanya sumber daya manusia yang handal di segala bidang, tidak terkecuali dalam bidang hukum.Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Fakultas Hukum UII selama ini telah menyelenggarakan beberapa pelatihan kaitannya dengan keahlian dibidang hukum praktis (legal skill), baik bagi mahasiswa maupun bagi praktisi hukum. Didalam penerapannya pelatihan hukum yang diselenggarakan oleh Pusdiklat ini diadakan baik didalam (intern) maupun untuk keluar (ekstern). Dalam kesempatan yang lalu ini, Pusdiklat mengadakan pelatihan dengan KPPU dalam artian ekstern.
Pelatihan Penyelesaian Sengketa Alternatif ini diadakan pada hari Senin-Selasa, tanggal 6- 7 Agustus 2012 yang diselenggarakan di Kampus Fakultas Hukum UII jalan Taman Siswa No. 158 Yogyakarta. Pelatihan ini bertempat di ruangan yang sangat kondusif di ruang Jurnal Hukum Lantai 1. Pelatihan ini diselenggarakan atas kerja sama dengan KPPU untuk meningkatkan kinerja dan pemahaman para staf di biro hukum dan hubungan masyarakat didalam mengidentifikasi  dan menangani kasus-kasus yang masuk di KPPU dengan dilandasi atas pengetahuan dan tehnik penyelesaian sengketa yang tepat dan handal dari hasil pelatihan secara kilat ini.
Menurut  Staf Pelatihan Pusdiklat (Umar Haris Sanjaya), Pelatihan ini diselenggarakan berkat kerjasama antara UII dan KPPU RI Jakarta. Kali ini Pusdiklat diminta memberikan pelatihan Penyelesaian Sengketa Alternatif untuk kepentingan pemberian bantuan dan konsultasi hukum terhadap  kasus-kasus yang masuk di KPPU.
Pelatihan ini diikuti oleh 4 orang staf dari KPPU yang semuanya dari pejabat biro Hukum dan Hubungan Masyarakat. Adapun peserta itu adalah  Septiana Winarpritanti, S.H., Moh. Birowo Karnan, S.H., M.Kn, Nurul Fadhilah, S.H, Hira Puspita Putri, S.E.
Pelatihan ini bermuatan materi yang sangat spesifik dengan kebutuhan dari KPPU. Antara lain pelatihan ini bermaterikan : Tehnik Negosiasi, Tehnik Mediasi Tehnik Arbritase dan Simulasi Arbritase.Dengan menghadirkan pemateri/narasumber yang kompeten, diantaranya Prof.Dr. Ridwan Khairandy SH MHum dan Bambang Sutiyoso SH MHum dari FH UII  dan BPSK, Bapak  Tahruri SH.  (Sumber: sariyanti).