Temu-wali-2013-FHUII
Temu-wali-2013-FHUII

Fakultas Hukum, 27 Oktober 2013. Kelahiran UII dilatarbelakangi oleh keharusan bagi cendekiawan-cendekiawan cerdas yang mempunyai agama, moral dan akhlaq yang tinggi untuk mengisi Kemerdekaan Negra Republik Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang III Ir. H. Bachnas, M.Sc. pada  acara temu orang tua/wali mahasiswa baru T.A. 2013/2014  di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII).

Menurut Ir. H. Bachnas, M.Sc. sampai saat ini Pimpinan UII selalu mencoba untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai yang sudah ditanamkan oleh pendiri UII, diantaranya dengan menanamkan nilai keislaman kepada mahasiswa. Hal ini dapat dilihat, begitu mahasiswa masuk UII sudah dilakukan test tingkat pemahaman keagamaan (placement test) diberikan Orientasi Nilai Dakwah Islam (ONDI), Latihan Kepemimpinan Islam Dasar (LKID) serta Pesantrenisasi Mahasiswa. Bahkan diakhir kuliah sebelum melaksanakan KKN diberika pesantrenisasi supaya kontaminasi yang didapat selama bergaul dengan berbagai kalangan dapat di refresh Ilmu agamanya sebelum terjun ke masyarakat.
Disamping menanamkan nilai keislaman FH UII juga memberikan soft skill dibidang akademik contohnya peradilan semu dan pelatihan-pelatihan hukum, sehingga ketika ada lomba peradilan semu FH UII banyak berperan dan banyak mendapat gelar kejuaraan. Soft Skill lainnya diberikan dalam kegiatan lembaga kemahasiswaan yang sangat demokratis dan terbuka meskipun para mahasiswa di UII dididik dengan kesantunan. “Meskipun saya dari Fakultas Teknik, namun saya bangga dengan Fakultas Hukum UII”, lanjut Ir. H. Bachnas, M.Sc..
Ir. H. Bachnas, M.Sc. berharap begitu lulus, mahasiswa harus mempunyai soft skill yang bagus, dapat menjadi sarjana hukum yang memenuhi standart nasional serta mempunyai nilai-nilai agama yang kuat. Ir. H. Bachnas, M.Sc. juga mengajak kepada semua pihak (Orang tua/Wali mahasiswa dan Civitas akademika) untuk bersama-sama bergandengan tangan dalam membina generasi yang akan memimpin bangsa ini, doronglah putra/putri kita untuk menjadi pemimpin serta yakinlah bahwa sesuatu yang baik pasti akan diridhoi Allah Swt.