CDI Al-Azhar FH UII Salurkan Beasiswa pada Desa Binaan

Al-Azhar FH UII Adakan Tabligh Akbar Bersama Ust. Hasan Abdullah Pimpinan Pondok Gontor
Al-Azhar FH UII Adakan Tabligh Akbar Bersama Ust. Hasan Abdullah Pimpinan Pondok GontorMinggu, 13 April 2014, Corp Dakwah Islamiyah (CDI) Takmir Masjid Al-Azhar Fakultas Hukum UII salurkan beasiswa kepada 60 orang anak. Ke 60 orang anak TPA tersebut merupakan anak-anak TPA dari desa binaan dan juga dari desa mitra Takmir Masjid Al-Azhar. Beberapa anak yang mendapat bea siswa merupakan anak-anak TPA yang telah lulus seleksi beasiswa.

Minggu, 13 April 2014, Corp Dakwah Islamiyah (CDI) Takmir Masjid Al-Azhar Fakultas Hukum UII salurkan beasiswa kepada 60 orang anak. Ke 60 orang anak TPA tersebut merupakan anak-anak TPA dari desa binaan dan juga dari desa mitra Takmir Masjid Al-Azhar. Beberapa anak yang mendapat bea siswa merupakan anak-anak TPA yang telah lulus seleksi beasiswa. Seleksi beasiswa tersebut langsung dilakukan oleh pengurus serta kader Takmir Masjid Al-Azhar Fakultas Hukum UII. Pengadaan beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian Takmir Masjid Al-Azhar yang dikoordinatori oleh department Corp Dakwah Islamiyah (CDI) untuk mesupport serta memberikan bantuan kepada anak-anak TPA dalam pendidikannya. Anak-anak TPA yang mendapat beasiswa terdiri dari berbagai jenjang pendidikan, yaitu mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA. Bentuk bantuan yang diberikan melalui beasiswa tersebut merupakan bantuan yang akan membantu anak-anak TPA dalam melengkapi peralatan-peralatan sekolahnya masing-masing. Beasiswa yang diberikan tersebut disesusaikan dengan jenjang pendidikan anak-anak TPA. Sedangkan para donator yang memberikan beasiswa terdiri dari berbagai macam golongan, mulai dari alumni Takmir Masjid Al-Azhar, dosen-dosen Fakultas Hukum UII, mahasiswa, pengurus dan kader Takmir Masjid Al-Azhar serta masyarakat umum yang berminat untuk memberikan beasiswa kepada anak-anak TPA tersebut. Para donatur yang akan mendanai beasiswa diberikan pilihan untuk memilih jenis beasiswa yang akan didanainya, mulai dari SD, SMP, ataupun SMA, sehingga dengan cara seperti itu tidak membebani para donatur untuk membiayai anak-anak TPA tersebut.

Penyaluran beasiswa yang diadakan pada hari minggu tanggal 13 April 2014 ini merupakan penyaluran beasiswa tahap ke-3 pada kepengurusan Takmir Masjid Al-Azhar periode tahun 2013-2014. Pada tahap-tahap sebelumnya, penyaluran beasiswa selalu diadakan di desa binaan yang terletak di kecamatan Imogiri, Bantul. Namun pada tahap yang ke-3 ini, penyaluran beasiswa kepada anak-anak TPA diadakan di Kampus Fakultas Hukum UII, Jalan Taman Siswa. Acara ini sengaja dilaksanakan di kampus Fakultas Hukum UII karena para pengurus sera kader Takmir Masjid Al-Azhar ingin membuat suatu perbedaan dengan pendisribusian beasiswa yang sudah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya. Selain itu, dengan mendatangkan anak-anak TPA ke kampus Fakultas Hukum UII, diharapkan anak-anak tersebut serta koordinator desa binaan serta mitra dapat mengenal lebih jauh Fakultas Hukum UII dan juga dapat memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan dengan pengurus dan kader serta alumni Takmir Masjid Al-Azhar.

Acara pendistribusian tersebut diawali dengan pembukaan serta pemberian motivasi kepada anak-anak TPA yang diadakan di ruang sidang lantai 3. Pada acara ini, ketua umum Al-Azhar, Bapak Anang Zubaidy SH., M.H menyampaikan bahwa betapa pentingnya penyaluran beasiswa kepada anak-anak TPA desa binaan. Karena penyaluran beasiswa ini dapat membantu anak-anak TPA dalam pendidikannya. Selain itu, Bapak Anang Zubaidy juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dermawan yang menajadi donatur beasiswa tersebut. Dengan adanya para donatur, maka beasiswa yang diberikan kepada anak-anak TPA akan tetap berjalan. Bapak Anang Zubaidy juga berharap kepada anak-anak TPA untuk selalu mendoakan para donatur agar diberikan kesehatan dan rizki, sehingga dengan demikian para donatur dapat menjalankan aktivitasnya masing-masing dengan lancar. Dalam acara pembukaan, panitia juga mengadakan acara pemberian motivasi kepada anak-anak TPA yang diisi oleh Agus Fadhilla Sandi S.H. Beliau merupakan alumni Fakultas Hukum UII serta alumni Takmir Masjid Al-Azhar. Dalam pemberian motivasi ini, beliau memutar beberapa cuplikan film pendek yang syarat dengan pelajaran-pelajaran berharga yang dapat diambil hikmahnya. Dalam beberapa film tersebut, pelajaran yang dapat diambil adalah bahwa sesama manusia harus saling tolong menolong. Karena dengan demikian, hidup seseorang dapat lebih bermakna apabila dibiasakan sikap semacam itu.Setelah acara pembukaan di ruang sidang lantai 3, anak-anak TPA diajak untuk mengikuti lomba-lomba yang telah disiapkan oleh panitia. Acara lomba-lomba tersebut diadakan di lapangan parkir belakang Fakultas Hukum UII. Lomba-lomba yang diadakan seperti lomba cerdas cermat, lomba tartil, lomba makan kerupuk dan lain-lainnya. Setelah itu, acara terakhir adalah acara inti, yaitu acara pembagian beasiswa. Pada acara ini, anak-anak TPA yang mendapapat beasiswa dipanggil satu persatu untuk maju dan menerima beasiswa langsung dari alumni Takmir Masjid Al-Azhar. Pembagian beasiswa ini disesuaikan dengan desa masing-masing anak TPA. Sampai saat ini, Takmir Masjid Al-Azhar telah memiliki 4 desa mitra dan 3 desa binaan yang keseluruhannya memiliki 60 orang anak TPA yang menerima bea siswa.):