FH-UII Fakultas Hukum (13/9), Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) menyelenggarakan ONDI, LKiD dan Placement Test bagi Mahasiswa Baru (MaBa) FH UII. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh MaBa UII sehingga bagi MaBa yang tidak dapat mengikuti pada tahun ini diwajibkan untuk mengikuti pada periode tahun berikutnya. ( daftar peserta | denah ruang )
FH-UII Fakultas Hukum (13/9), Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) menyelenggarakan ONDI, LKiD dan Placement Test bagi Mahasiswa Baru (MaBa) FH UII. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh MaBa UII sehingga bagi MaBa yang tidak dapat mengikuti pada tahun ini diwajibkan untuk mengikuti pada periode tahun berikutnya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman MaBa terhadap Materi Ketauhitan, Persoalan Ibadah dan Adab dalam Islam yang dimaknai sebagai akhlaq. Kegiatan tersebut diselenggarakan Sabtu, 13 September 2014 mulai jam 07.00 WIB sampai dengan Ahad, 14 September 2014 menjelang siang. ( daftar peserta | denah ruang )
Orientasi Nilai-nilai Dasar Islam (ONDI) adalah pemberian bekal awal (entry point) dalam memasukki pendidikan di UII sehingga memiliki pemahaman dasar tentang keIslaman di UII. Tujuan diselenggarakan ONDI ini agar mahasiswa memiliki arah dan tujuan hidup yang sebenarnya. Target yang akan dicapai dalam ONDI ini adalah memberikan arah mengenai nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan yang akan terpatri dalam tauhid dan ibadah dan diharapkan memunculkan insan yang berakhlaqul karimah. Pada hari Ahad tersebut akan diselenggarakan Placement Test Keagamaan (PTA). PTAadalah pengujian (test) mahasiswa baru untuk mengetahui kemampuan dasar keagamaan yang dimilikinya. Dengan demikian akan lebih efektif dalam melakukan tindakan (treatment) pola pengembangan kemampuan beragama dalam proses pembinaan berikutnya, demikian keterangan dari Mas Eko Rial Nugroho selaku sekretaris pelaksana tingkat fakultas.
Adapun tata tertib peserta ONDI Tahun Akademik 2014/2015 adalah sebagai berikut:
  1. Peserta harus menjaga nama baik UII, serta menjaga tata tertib, kebersihan, kerapian, kesopanan dan tidak merokok selama kegiatan berlangsung.
  2. Memakai pakaian yang ditentukan:
      • MAHASISWI memakai kerudung putih panjang (menutup dada), baju kurung lengan panjang yang tidak ketat berwarna putih, rok panjang berwarna hitam dan sepatu hitam.
      • MAHASISWA mengenakan hem/kemeja lengan panjang putih, celana panjang warna hitam (tidak berbahan jeans), kopiah hitam, ikat pinggang hitam, dan sepatu hitam.
  3. Peserta ONDI tidak boleh salah lokasi dan harus sesuai dengan waktu pelaksanaan yang telah ditentukan.
  4. Peserta ONDI harus mengikuti rangkaian ONDI secara keseluruhan.
  5. Peserta ONDI TIDAK LULUS, apabila:
    • Tidak mengikuti salah satu materi; atau
    • tidak mengikuti satu amaliyah yang ditentukan; atau
    • melakukan pelanggaran terhadap tata tertib.
  6. Pesera yang tidak lulus ONDI diwajibkan mengulang dengan biaya sendiri pada tahun berikutnya.
  7. Kelulusan ONDI merupakan syarat untuk mengikuti Pembinaan Keagamaan (Pesantrenisasi TAHAP I bersifat WAJIB)
  8. Peserta membawa perlengkapan sendiri yang meliputi:
        • Peralatan Mandi,
        • perlengkapan Sholat (Sarun, Mukena, dan Sajadah),
        • buku dan alat tulis,
        • Al-Qur’an terbitan UII Press, dan
        • obat-obatan pribadi yang diperlukan.