FH-UII Fakultas Hukum UII (14/9), Tamansiswa-menjelang siang kegiatan ONDI ditutup dengan Placement Test yaitu uji dasar membaca Al-Qur’an. Ujian ini bukan untuk menentukan lulus dan tidaknya mahasiswa tetapi untuk mengetahui kemampuan  dasar membaca Al-Qur’an mahasiswa selanjutnya mereka akan dikelompokkan dalam tingkat pembinaan berikutnya, karena masih ada beberapa tahap pola pembinaan keagamaan di UII.
FH-UII Fakultas Hukum UII (14/9), Tamansiswa-sampai dengan menjelang siang kegiatan ONDI ditutup dengan Placement Test yaitu uji dasar membaca Al-Qur’a. Ujian ini sebenarnya bukan untuk menentukan lulus dan tidaknya mahasiswa tetapi untuk mengetahui kemampuan  dasar yang dimilikinya. Dengan mengetahui kemampuan dasar khususnya dalam membaca Al-Qur’an maka mereka akan dikelompokkan dalam tingkat pembinaan selanjutnya. Karena masih ada beberapa tahap pola pembinaan keagamaan di UII bagi seluruh mahasiswanya.
Dikatakan dalam sambutan dekan FH UII bahwa mahasiwa FH UII harus bersyukur dan bangga karena pola pendidikan yang dilaksanakan tidak hanya memberikan kemampuan dalam bidang hukum. Akan tetapi jiwa, kerohanian dan akhlaq juga ditekankan agar kelak lulusan tidak hanya menjadi penegak hukum, lawyer, birokrat, konsultan hukum, dan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan hukum mampu memberikan warga agamis, berkeadilan dari kerahmatan Allah SWT. Terbukti sudah mulai terlihat bagaimana peranan para lulusanFH UII di kancah nasional. Ketika dipercaya memegang amanah mampu diandalkan, bekerja dan berkarya sebagai bagian dari ibadah kepada Alloh SWT. Dr. H. Aunur Rohim Faqih, SH., MH. menutup sambutannya dengan berdo’a, memohon kepada Alloh SWT semoga para mahasiswa baru diberikan kekuatan dan keteguhan hati, fokus kepada belajar, menempa diri, menjadikan FH UII sebagai kawah Candradimuka-nya calon-calon pemimpin bangsa Indonesia. Selesai dalam studinya dengan tepat, kenguasai ilmu dalam bidang hukum teoritik dan diberikan kemampuan praktik yang mumpuni serta diberikan kelapangan hati dalam memutuskan sebuah perkara dengan ruh Keadilah dari Yang Maha Adil.
Ditambahkan pula oleh ustad muda lulusan dari FIAI UMahasiswa Baru FH UII Mengikuti ONDI (Istimewa)II yang sekarang sudah berkiprah di salah satu Perguruan Negeri di Semarang menjadi salah satu pengajar tetap bahwa para mahasiswa harus bergembira. Tidak boleh ada yang merasa susah, berat apalagi merasa tertekan. Karena jika ingin menjadi orang yang lebih baik, lebih maju, mempunyai kemampuan yang handal ya harus kerja keras, belajar giat dan tidak mudah menyerah serta terpengaruh hal-hal yang mempunyai kecenderungan menghambat belajar. Tinggalkan pacaran, karena pacaran tidak islami dan mendorong hanya untuk melakukan pergaulan bebas. Tinggalkan hura-hura dan kebiasaan bersenang-senang mengingat amanah yang diembankan orang tua kepada para mahasiswa adalah untuk menempa diri menjadi orang dan bukan untuk rekreasi. Mengambil kesenangan dari kegiatan akademik jauh lebih bermanfaat. Gabung dengan komunitas peradilan semu yang prestasinya sudah menginternasional, gabung dengan kelompok musik, marching band, paduan suara, tim basket yang juga sudah menasional. Dan tidak ada kesenangan yang sesungguhnya akan dirasakan baik oleh orang tua, almamater, masyarakat terlebih mahasiswa itu sendiri selain lulus dengan predikat cumlaude, menjadi mahasiswa berprestasi melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau bekerja pada bidangnya berkat ketekunan dan kerjakerasnya.
 Pelaksanaan ini berjalan lancar sekitar 98% mahasiswa baru FH UII hadir mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari klasikal pemantapan ketauhitan, peribadahan dan akhlaqul karimah. Pada malam harinya dilanjutkan dengan ceramah meningkatkan motivasi dalam belajar dan kiat dalam pergaulan yang islami. Menjelang subuh dilaksanakan Sholatul lail bersama dilanjutkan tadarus Qur’an setelah melaksanakan jama’ah Sholat Subuh.Secara umum pelaksanaan berjalan dengan baik, penyediaan fasilitas cukup memadai  namun ada beberapa hal yang harus diperbaiki pada pelaksanaan ONDI pada tahun depan terkait masalah konsumsi. Semangat bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika FH UII.