peran-strategis-intelektual-muslim
peran-strategis-intelektual-muslimTamansiswa (uiinews) Central Law of Development Studies (CLDS) Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) kembali menggelar even regional dengan mengusung tema “Peran Strategis Intelektual Muslim dalam Pembangunan SDM dan Kepemimpinan Peduli Persatuan Umat”.
Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI)  DIY, berlangsung di Ruang Sidang Utama Lantai 3 FH UII Jl Tamansiswa 158 Yogyakarta, Ahad (8/2) 2015 pukul 09.00 – 17.30 wib. Hadir sebagai peserta adalah para ulama di Yogyakarta, akademisi,, HMI, Lazis, DPPAI, Dekan-Dekan se UII, Utusan perguruan dari Kopertis Wialayah V, LP3S, Basarnas, IKA UII dan tokoh Islam lainnya, sekitar 120 peserta ikuti acara ini. Acara dibuka oleh Ketua Umum MUI Pusat (2010-2015) Prof. Dr. HM Din Syamsudin, MA yang menyempatkan hadir pada workshop kemarin. Hadir pula sebagai nara sumber workshop diantaranya Ketua KAHMI DIY Drs. Zulkifli Halim MSi, Dekan-Dkean se-UII, Mantan Rektor UII    dari UGM, H Ahmad Thohari budayawan Purwokerto dan tokoh-tokoh ulama lainnya. Dalam sambutannya Din Syamsudin memberikan saran kepada peserta bahwa acara ini kita anggap semacam pra konggres KAHMI yang nantinya akan merumuskan usulan dan pokok-pokok pikiran yang bisa diajukan kepada utusan konggres pada tahun ini. Acara semacam ini juga kita selenggarakan dengan perguruan tingi lainnya seperti UMY, UMS, Universitas Muhammadiyah HAMKA. Dari acara workshop di UII ini saya harapkan ada semacam usulan/resume yang berisi pokok-pokok pikiran yang nantinya dibawa di saat konggres, entah siapa nantinya yang akan mewakili, dan saya mohon maaf bahwasannya dari peserta disini (di UII) ini tidak semua bisa mengikuti konggres karena terbentur dengan biaya juga, begitu tambah Din Syamsudin.
 
Sedangkan Dekan FH UII, Dr Aunur Rohim Faqih SH MHum dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kampus Perjuangan FH UII tercinta ini, di dalam perkembangan waktu pergerakan umat Islam kurang berkomitmen kepada persatuan ummat, mereka cenderung bergerak sendiri-sendiri sehingga umat Islam kurang bersatu. Sebenarnya Alloh menghendaki kesatuan Ummat Islam, kenapa di zaman Rosululloh saja ummat Islam bisa bersatu, namun sekarang ini tidak bisa? Sangat dirasakan bahwa bersatunya ummat Islam sekarang ini terasa sekali hanya semu/tidak nyata. Beliau juga berharap dengan adanya workshop ini betul-betul bisa mempersatukan Umat Islam di negeri ini. Harapan terkuat darinya adalah komitmen kita umat Islam untuk membangun kesatuan pikir dan dzikir, jika dzikir kita kuat maka InsyaAlloh pikir kita juga kuat. Jangan sampai kuat pikiran namun dzikirnya kurang, sehingga akan terjadi kelumpuhan komitmen seperti sekarang ini.
 
Direktur Central Law of Development Studies (CLDS) Prof Jawahir Thontowi SH., Ph.D. bersama tiga nara sumber mendampingi Prof. Dr. Edi Suandi Hamid, MEc. Yang sedang mempresentasikan paparan pada workshop yang diselenggarakan oleh CLDS FH UII kerja bareng dengan KHAMI DIY, MUI dengan mengusung tema “Peran Strategis Intelektual Muslim dalam Pembangunan SDM dan Kepemimpinan Peduli Persatuan Umat”.
 
Sedangkan Prof. Jawahir Thontowi SH Ph.D memberikan paparan dengan tema “The Garden of Leadership”, dimana dengan workshop ini diharapkan lahir pemimpin-pemimpin bangsa dan jiwa kepemimpinan yang menyejukan ummat Islam nantinya. “The Garden of Leadership” bentuknya semacam  Sekolah Kepemimpinan Islam Kreatif  yang nantinya diharapkan mampu mengisi kekosongan fungsi parpol dan organisasi social Islam dalam penyiapan kader-kader pemimpin umat dan bangsa. Menurutnya model The Garden of Leadership merupakan sebuah model/konsep penyemaian calon-calon pemimpin dalam lima aspek kepemimpinan bisnis, pendidikan, kenegaraan, parpol dan kepemimpinan organisasi social keagamaan (sariyanti)
FOTO : Direktur Central Law of Development Studies (CLDS) Prof Jawahir Thontowi SH., Ph.D. bersama tiga nara sumber mendampingi Prof. Dr.Edi Suandi Hamid, MEc. Yang sedang mempresentasikan paparan pada workshop yang diselenggarakan oleh CLDS FH UII kerja bareng dengan KHAMI DIY, MUI dengan mengusung tema “Peran Strategis Intelektual Muslim dalam Pembangunan SDM dan Kepemimpinan Peduli Persatuan Umat”. Acara berlangsung di Ruang Sidang Utama FH UII Jl Tamansiswa 158 Yogyakarta, Ahad (8/2) 2015 dari pukul 09.00-15.30 wib.