kunjungan-umm-11-jan-2015
kunjungan-umm-11-jan-2015Rabu, 11 Pebruari 2015, pimpinan struktural Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang berkunjung ke Fakultas Hukum UII dalam rangka ngangsu kawruh. Turut Hadir dalam rombongan tersebut Dekan FH UM Malang beserta dua Pembantu Dekan I dan II, Ketua Program Studi beserta Sekretaris Program Studi dan Kepala Laboratorium.
Rombongan FH UMM diterima di Ruang Sidang Dekanat I. Dekan FH UII beserta jajaran pimpinan dekanat di damping beberapa ketua pusat studi dan Kepala Laboratorium menyambut langsung kedatangan tamu kunjungan dari UMM ini.
 
Menurut Dr. Sulardi selaku Dekan FH UMM, FH UII memiliki pergerakan dan perkembangan yang progesif dari segi kurikulum terkait dengan KKNI dan pengelolaan laboratorium. Selain itu, pengalaman FH UII yang sudah cukup lama dalam dunia pendidikan hukum, menjadi alasan utama mengapa mereka berkunjung ke FH UII.
 
Dr. Aunur Rohim Faqih selaku Dekan FH UII dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan merasa terhormat atas kunjugan FH UMM, selain itu juga sekaligus menggambarkan secara umum struktur organisasi FH UII. “Paling tidak ada 2.500 lebih mahasiswa FH UII” papar Dekan FH UII yang ternyata jumlahnya dua kali lipat dari jumlah mahasiswa FH UMM.
 
Hanafi Amrani, Ph.D. sebagai Kepala Program Studi (Kaprodi) menjelaskan secara detail mengenai kurikulum dan struktur matakuliah yang ada di FH UII. “Rata-rata kelulusan mahasiswa 3,5 tahun dan ada yang lebih cepat.” Ungkap Kaprodi FH UII. Terkait dengan persiapan menghadapi KKNI pada tahun 2016, baik FH UII maupun FH UMM masih dalam kerangka persiapan yang belum sepenuhnya siap.
 
Masyhud Asyhari, SH., M.Kn. selaku Kepala Laboratorium FH UII menjelaskan secara gamblang mengenai pengelolaan Laboratorium. FH UII memiliki Pusdiklat sebagai pengelola bidang non-litigasi dan PKBH yang mengelola bidang litigasi. Sementara di FH UMM PKBH dan Pusdiklat dikelola terpisah, dalam bahasa lain oleh Dr. Sulardi sebagai “Pisah Ranjang”. Menurut Bpk Bayu selaku Kepala Laboratorium FH UMM, desain besar pengelolaan laboratirum di FH UMM sangat mirip dengan FH UII, karena dahulu FH UMM pernah study banding awal ketika Bpk. Suparman Marzuki masih menjadi menjadi ketua PKBH.
 
Suasana dialog dalam pertemuan sangat hangat. Sebagai sesama pengelola, tukar-menukar informasi mengenai keunggulan masing-masing untuk saling belajar. Acara diakhiri dengan tukar menukar sovenir sebagai tanda kedekatan dan silaturahmi. Paling akhir ditutup dengan doa semoga pertukaran ilmu dan silaturahmi ini melahirkan kemanfaatan dan barokah. [s_enha]