kunjungan-fh-universitas-trisakti
kunjungan-fh-universitas-trisakti

Fakultas Hukum UII, 27 Maret 2015. Fakultas Hukum (FH) UII menerima kunjungan dari FH Univ. Trisakti. Berkenan hadir pada kunjungan tersebut adalah  Wakil Dekan III FH Trisakti Dr. Bambang Sucondro, SH., MH., beserta pengelola bidang III yaitu  Rahmat Santoso, SH., MH., Dr. Trubus Rahardiansah, SH., MH., dan Khuirani Bakri, SH., MH.
 
Bertempat di Ruang Sidang Utama Dekanat, rombongan FH Trisakti diterima oleh Dekan FH UII Dr. Aunur Rohim, SH., M.Hum. beserta staff yang terdiri dari  Hanafi Amrani, SH., MH., LLM., Ph.D., (Ketua Prodi S1 Ilmu Hukum), Syarif Nurhidayat, SH., MH. (Koordinator Bidang III) serta Tim Tracer Study yang teridiri dari Inda Rahardiyan, SH., MH., dan Mirani Desi Ekowati, SE.
 
Menurut Dr. Bambang Sucondro, SH., MH. selaku Wakil Dekan III, kedatangan ke FH UII kali ini bermaksud ingin mengetahui tentang kondisi alumni FH UII terutama terkait proses pelaksanaan Tracer Study Alumni FH UII yang benurut beliau  sudah dilakukan dengan baik oleh FH UII, mengingat adanya perbedaan culture, dimana culture di Jogjakarta yang lebih humanis dibandingkan di Jakarta yang cenderung EGP “emang gue pikirin” sehingga Tracer Study di FH Trisakti lebih sulit dilakukan.
 
Hanafi Amrani, SH., MH., LLM., Ph.D., Ketua Program Studi (S1) Ilmu Hukum dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran serta kepercayaan Rombongan dari FH Trisakti untuk berkenan melakukan studi terhadap Tracer Study di FH UII namun, menurut beliau pada kesempatan ini FH UII juga akan belajar mengenai pengelolaan  Alumni di FH Trisakti terutama terkait Tracer Study Alumni di FH Trisakti.
 
Syarif Nurhidayat, SH., MH., selaku Koordinator Bidang III menyampaikan bahwa proses Tracer Study di FH UII telah dilaksanakan sejak tahun 2009 dengan berbagai metode Tracer. Adapun Tracer Study yang telah dilakukan adalah Tracer Study Alumni, Tracer Study Kompetensi Alumni dan Tracer Study Kepuasan User terhadap Alumni. “Alhamdulillah berdasar tracer yang ada saat ini,  sudah cukup memberikan gambaran keterserapan alumni FH UII di dunia keja”, “selama ini hasil tracer menunjukkan hasil yang bagus, sehingga data tracer dapat digunakan untuk memperkuat data pada Borang Akreditasi”. Lebih lanjut menurut Syarif Nurhidayat, SH., MH., “meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa proses Tracer Study yang dilaksanakan masih mempunyai kelemahan dan kendala, diantaranya adalah bahwa orientasi saat ini, data tracer lebih difokuskan untuk pengisian Borang Akrediasi, hingga kedepannya data yang ada perlu lebih dioptimalkan lagi untuk pengembangan fakultas terutama program studi.
 
Sedangkan Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim, SH., M.Hum., menyatakan bahwa untuk mengatasi problem dalam Tracer Study serta adanya cultue yang berbeda di setiap daerah dimana perguruan tinggi tersebut berada, diperlukan “fanaticism building”, sehingga diantara para alumni mempunyai ikatan yang kuat terhadap perguruan tinggi. Selanjutnya pada pertemuan tersebut tidak hanya mendiskusikan tentang Tracer Study saja, namun berkembang kepada peran alumni dalam pengembangaan fasiltas kampus, peran alumni dalam pengembangan akademik serta pengelolaan data base alumni serta pengolahan data Tracer Study.
 
Pertemuan yang berjalan hampir berjalan dua jam tersebut diakhiri dengan serah terima sovenir dari kedua belah pihak serta ramah tamah sebelum rombongan dari FH Trisakti melanjutkan perjalanan ke UNHAS untuk mendampingi mahasiswanya yang akan mengikuti lomba peradilan semu. Semoga bermanfaat bagi kedua belah pihak.