buka-puasa-1436-h
buka-puasa-1436-h

Fakultas Hukum, Jum’at 3 Juli 2015. Keluarga Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) menyelenggarakan Pengajian dan Buka Bersama. Acara yang rutin diselenggarakan tiap bulan Suci Romadhon menghadirkan pembicara Dr. M. Busyro Muqoddas, SH., M.Hum. alumni Ketua KPK tahun 2010-2014 yang tetap aktif memberikan ilmu dan pengalamannya baik dalam pengajian maupun lingkungan akademis.
 
 

 
Acara Pengajian dan Buka Bersama keluarga besar Fakultas Hukum UII dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum. Disampaikan dalam sambutan beliau bahwa kita semua selayaknya senantiasa bersyukur karena telah diberi kesempatan bersilaturrahmi di bulan yang suci dan mengajak untuk bersama-sama berniat untuk tholabul ilmi sehingga apapun yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadist Rosulullah SAW sebisa mungkin diamalkan dalam keseharian.
 
 
Dalam cerahmahnya, Dr. M. Busyro Muqoddas, SH., M.Hum., mengungkap pentingnya husnudzon kepada Allah SWT., sebagaimana tertera dalam QS. Al-Maidah 3 “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu”. Pada ayat ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Islam sudah disempurnakan dan merupakan agama yang terakhir, tidak ada nabi baru, dan jelas tidak ada wahyu lagi, sehingga prinsip Tauhid menjadi jelas, yaitu Allah SWT itu Esa tak ada sekutu.
 
Islam merupakan agama yang rasional sehingga dalam Islam pengtauhidan perlu rasionalitas, Islam yang telah disempurnakan oleh Allah merupakan kenikmatan. Artinya bahwa Islam itu akan menjadi nikmat ketika menjalankannya dengan benar dan ikhlas. Karena Ketauhidan sudah jelas maka kita harus selalu husnudzon kepada Allah dengan diikuti oleh amal sholeh supaya apa yang kita inginkan berhasil, hal ini dengan sesuai janji Allah pada Al-Qur’an Ra’d: 31 “Berdoalah kepadaKu, niscaya akan aku kabulkan”. Dengan kata lain amal sholeh akan mengantarkan orang Islam kepada kemudahan-kemudahan dan kenikmatan.
 
 
Pengajian yang dihadiri oleh segenap Dosen, Tenaga Kependidikan, Purna Tugas, dan Perwakilan Mahasiswa tersebut berakhir pada pukul 17.34 serta diakhiri dengan do’a buka bersama oleh Dr. M. Busyro Muqoddas, SH., M.Hum. yang selanjutnya dilanjutkan dengan buka bersama secara prasmanan.
Indahnya berbagi di bulan Ramadhan