Khutbah Idul Adha FH UII Qurban dalam perspektif syari’ah dan ilmiah
Khutbah Idul Adha FH UII Qurban dalam perspektif syari’ah dan ilmiah 10 dzulhijjah 1436 bertepatan dengan 24 september 2015, Fakultas Hukum UII menyelenggarakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yaitu Hari Raya Idul Adha merupakan agenda rutin tahunan Takmir masjid Al-Azhar FH UII. Tahun ini dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan yaitu donor darah, gerakan puasa arafah, kajian senja, shalat idul adha berjamaah, penyembelihan hewan qurban, dan ramah tamah.
Pertama, kegiatan donor darah yang diselenggarakan pada tanggal 18 September 2015. Donor darah dilaksanakan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan ini merupakan salah satu mobilisator yang mewadahi semua masyarakat, terutama mahasiswa/I dan civitas akademika atas kepeduliannya untuk membantu sesama melalui sumbangan darah bagi yang membutuhkan. Pada akhirnya donor darah disambut dengan antusiasme yang tinggi baik oleh mahasiswa bahkan warga sekitar. Tercatat 52 orang mendaftarkan diri untuk ikut donor darah dengan 20 orang yang diterima dan 32 orang ditolak karena tidak memenuhi kriteria untuk donor darah berdasarkan alasan medis. Kedua, gerakan puasa arafah yang dilaksanakan pada tanggal 9 dzulhijjah atau bertepatan dengan tanggal 23 september 2015. Kegiatan ini direalisasikan dalam bentuk ajakan kepada mahasiswa/I untuk bersama-sama melaksanakan puasa arafah.
Ketiga, kajian senja yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2015 bertempat di ruang siding utama FH UII dengan tema “qurban dalam perspektif syari’ah dan ilmiah”. Kegiatan ini diharapkan akan menambah kesadaran bagi masyarakat secara luas pada umumnya akan penting dan manfaat berqurban, memberikan pengetahuan mengenai tata cara penyembelihan qurban sesuai dengan syari’ah, menambah pengetahuan mengenai konsekuensi ilmiah atas proses penyembelihan yang telah dilaksanakan, dan sebagainya. Kajian ilmiah ini disajikan oleh Dr. Nanung Danar Dono S.Pt., Mp, dosen pasca sarjana fakultas peternakan Universitas Gajah Mada. Kajian senja ini ditutup dengan buka bersama puasa arafah seluruh partisipan yang hadir. Seperti halnya rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya, kajian senja juga disambut secara antusias tidak hanya oleh alumni, pengurus, dan kader Takmir Masjid Al-Azhar, akan tetapi juga oleh perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lain. Keempat, tanggal 24 september tepatnya pada pukul 06.30 menit, dilaksanakan shalat idul adha berjamaah yang dilaksanakan di halaman FH UII. Bertindak sebagai imam dan khotib pada tahun ini adalah Ustadz Eko Riyadi, S.H., M.H. yang juga sebagai dosen tetap FH UII. Shalat idul adha diikuti oleh segenap civitas akademika dan warga sekitar FH UII. Tampak seluruh halaman FH UII dipenuhi jamaah.
Kelima, serangkaian dengan shalat idul adha berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Terdapat 9 ekor kambing dari 9 shohibul qurban, 2 ekor sapi dari 8 shohibul qurban. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di lapangan parkir belakang FH UII oleh beberapa masyarakat dari desa binaan, beberapa karyawan FH UII, serta seluruh panitia pelaksana. Hewan qurban kemudian di distribusikan kepada masyarakat sekitar FH UII, karyawan FH UII, dan masyarakat desa binaan Takmir Masjid Al-Azhar FH UII.
Keenam, Acara kemudian diakhiri dengan ramah tamah bersama kader, pengurus, demisioner, serta alumni Takmir Masjid Al-Azhar FH UII yang diisi dengan sharing dan konsultasi bersama. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturrahmi keluarga besar Takmir Masjid Al-Azhar FH UII.