KY RI-FH UII Gelar Sosialisasi Calon Hakim Agung 2016
KY RI-FH UII Gelar Sosialisasi Calon Hakim Agung 2016Tamsis (18/2) Dalam rangka meningkatkan peserta seleksi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di MA, Komisi Yudisial masih perlu untuk menyelenggarakan sosialisasi dan penjaringan bakal calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di Mahkamah Agung yang potensial di beberapa daerah yang memiliki banyak bakal calon.
KY RI-FH UII Gelar Sosialisasi Calon Hakim Agung 2016Tamsis (18/2) Dalam rangka meningkatkan peserta seleksi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di MA, Komisi Yudisial masih perlu untuk menyelenggarakan sosialisasi dan penjaringan bakal calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di Mahkamah Agung yang potensial di beberapa daerah yang memiliki banyak bakal calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di MA potensial. Berkenaan dengan hal tersebut, maka Komisi Yudisial merasa perlu untuk mengadakan sosialisasi di 7 kota di Indonesia guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti proses seleksi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di MA dan juga guna mendapat masukan terkait dengan metodologi seleksi calon hakim agung yang telah dilaksanakan.
Sejalan dengan tujuan tersebut, maka pada 18 Februari 2016/ 8 Rabi’ul Akhir 1437 H bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai 3, untuk kedua kalinya Fakultas Hukum UII kembali dijadikan tempat pelaksaan Sosialisasi Hakim Agung untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dalam sambutannya, Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum berharap agar forum sosialisasi ini dapat memberikan wawasan para peserta mengenai prosedu-prosedur serta hal-hal penting mengenai proses pendaftaran calon hakim agung hingga pada proses pemilihannya. Beliau juga berharap semoga hakim agung terpilih nantinya adalah benar-benar yang agung, yang selalu menghadirkan tuhannya dimanapun dia berada dan bagaimanapun situasi yang dia alami.
Hadir selaku narasumber pada Sosialisasi Hakim Agung 2016 adalah anggota Komisi Yudisial RI yang juga belum lama terpilih sebagai Ketua KY RI terpilih periode tahun 2016 – 2021, Aidul Fitriaciada Azhari, SH., M.Hum dan Dekan FH UII Dr.Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum, serta M.Abdul Kholiq SH., M.Hum selaku moderator.
Penyampaian Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum tentang Etika Profesi Hakim menyampaiakan bahwa sejatinya seorang Hakim Agung adalah seseorang yang dapat menghadirkan Tuhan pada dirinya, karna kehadiran Tuhan akan menjadi penting bagi dirinya dan kehadiranya diharapkan dapat membawa kemuliaan hidup bagi sesama manusia, karna setiap tindakannya memiliki makna. Ditambahkan beliau bahwa seorang hakim yang berintegritas tidak permah menilai kebaikan dan kesuskesan adalah karna dirinya.
Selanjutnya, Aidul Fitriaciada Azhari, SH., M.Hum menyampaikan banyak hal terkait syarat-syarat administrasi dan proses seleksi CHA 2016 yang mana tahapan-tahapannya diantaranya adalah permintaan pengisian lowongan oleh MA selanjutnay diterima oleh Komisi Yudisial dan KY membuka pendaftaran dan menyeleksi berkas pendaftaran administrasi CHA yang dilanjutkan seleksi uji kelayakan dan penetapan kelulusan oleh KY dan terakhir KY menyampaiakan usulan nama-nama yang lulus ke DPR Komisi III RI .