Informasi-MK-Ditutup-Semester-Genap-2015-2016

Informasi Mata Kuliah Ditutup Genap 2015/2016

Informasi-MK-Ditutup-Semester-Genap-2015-2016

Fakultas Hukum. Universitas Islam Indonesia, Jum’at 26 Februari 2016. Diumumkan kepada mahasiswa bahwa berdasarkan hasil Key-in terdapat beberapa mata kuliah yang tidak dibuka atau ditutup pada Semester Genap 2015/2016 adalah sebagai berikut. | Klik Disini |
 

FH Terima Kunjungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

FH Terima Kunjungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

FH Terima Kunjungan UIN Maulana Malik Ibrahim MalangTAMANSISWA: Jum’at, 15 Rabi’ul Akhir 1437H/26 Februari 2016, Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang yang diwakili oleh Wakil Dekan I, II serta para Dosen Hukum Tata Negara (HTN) berkunjung ke Fakultas Hukum UII dan diterima langsung oleh Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum, Kaprodi dan para pejabat lainnya.
FH Terima Kunjungan UIN Maulana Malik Ibrahim MalangTAMANSISWA: Jum’at, 15 Rabi’ul Akhir 1437H/26 Februari 2016, Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang yang diwakili oleh Wakil Dekan I, II serta para Dosen Hukum Tata Negara (HTN) berkunjung ke Fakultas Hukum UII dan diterima langsung oleh Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum, Kaprodi dan Sekprodi SI Ilmu Hukum, Hanafi Amrani, SH., MH., LLM., Ph.D dan Moh. Hasyim, SH., M.Hum , Ketua Departemen Hukum Tata Negara (HTN), Dr. Saifudin, SH., M.Hum serta beberapa dosen HTN FH UII. Mengawali acara kunjungan, Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum menyampaikan struktur organisasi yang ada di FH UII beserta Pusat-pusat studi di lingkungan FH UII.
Wakil Dekan II Fakultas Syariah UIN Malang, Dr. Suwandi, MH dalam sambutannya menyampaikan tujuan kunjungan ke FH UII dan bertemu para Dosen HTN di FH UII adalah dalam rangka menimba ilmu yang secara khusus berkaitan dengan jurusan Hukum Tata Negara yang baru saja di buka oleh UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Ditambahkan oleh Wakil Dekan I UIN Malang sekaligus sebagai Dewan Kya’i Ma’had Sunan Ampel Al-Aly, Dr. Kyai.H. Badruddin Muhammad.M.HI bahwa kunjungan ini diharapkan dapat membantu para dosen HTN dalam mempersiapakan diri guna menghadapi akreditasi di Jurusan HTN UIN Malang. Ketua jurusan HTN UIN Malang, Dr. H.Saifullah,SH., M.Hum menanyakan terkait bagaimana kurikulum HTN yang islami yang diterpakan di FH UII serta keterampilan hukum apa saja yang diterapkan kepada mahasiswa FH UII . Menanggapi hal ini, Ketua Departemen HTN FH UII, Dr. Saifudin, SH., M.Hum menyampaikan bahwa kurikulum yang diterapkan di setiap departemen mengacu kepada kurikulum yang berlaku di Universitas dan di Fakultas Hukum UII, sedangkan perihal keterampilan dan Kemahiran Hukum para mahasiswa dikoordinir langsung oleh Laboratorium Pusat Pendidikan dan Latihan (PISDIKLAT) FH UII.
Selanjutnya disampaikan juga beberapa perbedaan penerapan jurusan Hukum Tata Negara di FH UII dan UIN Malang diantaranaya adalah, di FH UII para mahasiswa pada semester akhir dapat memilih mata kuliah pilihan yang dapat menunjang pembuatan skripsi atau pemfokusan jurusan bagi masing-masing mahasiswa, hal ini berbeda seperti apa yang diterapkan di Fakultas Syari’ah UIN Malang yang para mahasiswa sudah diminta untuk mmefokuskan memilih satu jurusan ( HTN dll) yang akan mereka jalani hingga pada waktu kelulusan.
Pada akhir kunjungann, Wakil Dekan I UIN Malang yang juga Dewan Kya’i Ma’had Sunan Ampel Al-Aly, Dr. Kyai.H. Badruddin Muhammad.M.HI menyampaikan bahwa di UIN Malang memiliki sistem pesantren dan wajib bagi para mahasiswa baru selama dua semester yang bertujuan mencetak lulusan yang memilki kedalaman spiritual yang pesantren ini didanai langsung oleh Universitas dengan anggaran 3–4 M pertahun. ( Malikhatun Nisa’).
Tim FH UII Raih Juara II Debat Hukum Nasional

Tim FH UII Raih Juara II Debat Hukum Nasional

Tim FH UII Raih Juara II Debat Hukum NasionalBanjarmasin, (27/2) Dalam rangka mengikuti Law Festival of lambung Mangkurat, tim FH UII berhasil meraih juara II dalam Kompetisi Debat Hukum Nasional setelah bersaing ketat pada final melawan FH UII.
Banjarmasin, ( 27/2) Dalam rangka mengikuti Law Festival of lambung Mangkurat, tim FH UII berhasil meraih juara II dalam Kompetisi Debat Hukum Nasional setelah bersaing ketat pada final melawan FH UI. Kompetisi Debat Hukum Nasional tersebut yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM) Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat ( UNLAM) Kalimantan Selatan pada tanggal 25 – 27 Februari 2016.
Dengan tema debat “ Selaraskan Penegakan Hukum Lingkungan demi terwujudnya Indonesia yang Berdaulat dan Sejahtera” tim FH UII yang diwakili oleh M. Faisol Soleh ( 2014), M.Agus Maulidi ( 2013), Yuniar Riza Hakiki ( 2014) serta dosen pembimbing Jamaludin Ghofur, SH., M.Hum berhasil menyisihkan 14 kompetitor baik dari PTN maupun PTS terkemuka diseluruh Indonesia.
Dalam pertemuannya dengan Pimpinan FH UII, M. Faisol Soleh menyampaikan bahwa persiapan untuk mengikuti Kompetisi Debat Nasional dilaksanakan selama 2 minggu baik untuk persiapan materi debat, penyusunan argumentasi dan simulasi debat. Ditambahkan oleh Yuniar Riza Hakiki bahwa rasa kecewa pasti ada pada kami semua, tetapi rasa syukur harus bisa lebih besar dan kedepannya akan terus dapat dikembangkan dan diperbaiki. M. Agus Maulidi juga berharap agar kedepannya diadakan pelatihan public speaking bagi para delegasi debat untuk lebih dapat meningkatkan keterampilan retorika dalam penyampaian debat serta performace ketika berlangsungnya kompetisi debat.
Hal ini sejalan dengan penyampaian Jamaludin Ghofur, SH.,,M.Hum selaku dosen pembimbing bahwa secara substansi materi para delegasi FH sudah sangat dapat mengimbangi, akan tetapi masih perlu ditingkatkan pada sisi kualitas public speaking dan performancenya. Beliau juga menceritakan detik-detik penentuan peraih juara I yang dirasa sangat ketat, karna dari 5 juri yang ada, juri 1&2 memili UI sebagai juara I, sedangkan juri 4&5 memilih UII sebagai juara I , disisi lain juri 3 memilih draw. Ditambahkan beliau bahwa setelah melakukan diskusi para juri, maka diputuskan bahwa penentuan pemenang dilakukan dengan mengakumulasi nilai-nilai dari berbagai kriteria, dan didapatlah FH UI sebagai juara I dan FH UII sebagai juara ke II dengan selisih point 6 angka.
Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim Faqih, SH.,M.Hum sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih para mahasiswa FH UII . Beliau menyampaiakan bahwa terkadang FH UII dalam ajang kompetisi Hukum selalu dicari-cari keberadaan dan keikutsertaanya, hal ini dapat dijadiakan oleh para mahasiswa untuk tetap yakin dan optimis untuk tetap aktif dalam mengikuti kompetisi hukum yang ada karna keyakinan tetap harus ditingkatkan.
Syarif Nurhidayat, SH., MH selaku ketua Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni FH UII (BKKA) menyampaikan bahwa pada tahun 2016 ini pencapaian prestasi mahasiswa FH UII diharapkan dapat meningkat dibanding pada tahun 2015,baik pada kompetisi tingkat regional maupun nasional.
FH Tandatangani Mou Klinik Etik Dan Hukum KY RI

FH Tandatangani Mou Klinik Etik Dan Hukum KY RI ok

FH Tandatangani Mou Klinik Etik Dan Hukum KY RIJakarta (25/2) Dalam rangka melaksanakan tugas konstitusional Komisi Yudisial dalam menjaga dan menegakan kehormatan, keluhuran martabat serta keluhuran hakim, dan juga dalam rangka ikut mewujudkan peradilan yang bersih, Komisi Yudisial berkomitmen untuk mmepersiapkan calon-calon hakim potensial, yang diproyeksikan untuk menjadi Komisi Yudisial

Read more

info-penambahan-kuota-genap-2015-2016

INFO PENAMBAHAN KUOTA KEY IN RAS GENAP 2015/2016

info-penambahan-kuota-genap-2015-2016Fakultas Hukum UII, 19 Gebruari 2016. Dengan melihat perkembangan distribusi kepesertaan dan kapasitas ruang perkuliahan, maka bersama ini kami sampaikan informasi penambahan Kuota Key In RAS semester Genap Tahun Akademik 2015/2016. |Info Penambahan Kuota|
Anjungan

INFO PENAMBAHAN KUOTA KEY IN RAS GENAP 2015/2016 TAHAP-2

AnjunganFakultas Hukum UII, 19 Gebruari 2016. Dengan melihat perkembangan distribusi kepesertaan dan kapasitas ruang perkuliahan, maka bersama ini kami sampaikan informasi penambahan Kuota Key In RAS semester Genap Tahun Akademik 2015/2016 TAHAP-2. |Info Penambahan Kuota |
KY RI-FH UII Gelar Sosialisasi Calon Hakim Agung 2016

KY RI-FH UII Gelar Sosialisasi Calon Hakim Agung 2016

KY RI-FH UII Gelar Sosialisasi Calon Hakim Agung 2016Tamsis (18/2) Dalam rangka meningkatkan peserta seleksi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di MA, Komisi Yudisial masih perlu untuk menyelenggarakan sosialisasi dan penjaringan bakal calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di Mahkamah Agung yang potensial di beberapa daerah yang memiliki banyak bakal calon.
KY RI-FH UII Gelar Sosialisasi Calon Hakim Agung 2016Tamsis (18/2) Dalam rangka meningkatkan peserta seleksi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di MA, Komisi Yudisial masih perlu untuk menyelenggarakan sosialisasi dan penjaringan bakal calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di Mahkamah Agung yang potensial di beberapa daerah yang memiliki banyak bakal calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di MA potensial. Berkenaan dengan hal tersebut, maka Komisi Yudisial merasa perlu untuk mengadakan sosialisasi di 7 kota di Indonesia guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti proses seleksi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tipikor di MA dan juga guna mendapat masukan terkait dengan metodologi seleksi calon hakim agung yang telah dilaksanakan.
Sejalan dengan tujuan tersebut, maka pada 18 Februari 2016/ 8 Rabi’ul Akhir 1437 H bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai 3, untuk kedua kalinya Fakultas Hukum UII kembali dijadikan tempat pelaksaan Sosialisasi Hakim Agung untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dalam sambutannya, Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum berharap agar forum sosialisasi ini dapat memberikan wawasan para peserta mengenai prosedu-prosedur serta hal-hal penting mengenai proses pendaftaran calon hakim agung hingga pada proses pemilihannya. Beliau juga berharap semoga hakim agung terpilih nantinya adalah benar-benar yang agung, yang selalu menghadirkan tuhannya dimanapun dia berada dan bagaimanapun situasi yang dia alami.
Hadir selaku narasumber pada Sosialisasi Hakim Agung 2016 adalah anggota Komisi Yudisial RI yang juga belum lama terpilih sebagai Ketua KY RI terpilih periode tahun 2016 – 2021, Aidul Fitriaciada Azhari, SH., M.Hum dan Dekan FH UII Dr.Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum, serta M.Abdul Kholiq SH., M.Hum selaku moderator.
Penyampaian Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum tentang Etika Profesi Hakim menyampaiakan bahwa sejatinya seorang Hakim Agung adalah seseorang yang dapat menghadirkan Tuhan pada dirinya, karna kehadiran Tuhan akan menjadi penting bagi dirinya dan kehadiranya diharapkan dapat membawa kemuliaan hidup bagi sesama manusia, karna setiap tindakannya memiliki makna. Ditambahkan beliau bahwa seorang hakim yang berintegritas tidak permah menilai kebaikan dan kesuskesan adalah karna dirinya.
Selanjutnya, Aidul Fitriaciada Azhari, SH., M.Hum menyampaikan banyak hal terkait syarat-syarat administrasi dan proses seleksi CHA 2016 yang mana tahapan-tahapannya diantaranya adalah permintaan pengisian lowongan oleh MA selanjutnay diterima oleh Komisi Yudisial dan KY membuka pendaftaran dan menyeleksi berkas pendaftaran administrasi CHA yang dilanjutkan seleksi uji kelayakan dan penetapan kelulusan oleh KY dan terakhir KY menyampaiakan usulan nama-nama yang lulus ke DPR Komisi III RI .
Jadwal Kuliah Semester GEnap 2015/2016

Jadwal Kuliah Semt. Genap TA. 2015/2016

Jadwal Kuliah Semester GEnap 2015/2016 Fakultas Hukum, 16 Februari 2016. Bersama ini kami sampaikan Jadwal Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016 beserta Dosen Riil Mengajar pada Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016. Hard Copy dapat dilihat pada Pusat Photo Copy IKP Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia |Jadwal Kuliah | Dosen Riil Mengajar | Rencana Jadwal Ujian |
Kunjungan Mahasiswa FH Universitas Islam Kadiri

Kunjungan Mahasiswa FH Universitas Islam Kadiri

Kunjungan Mahasiswa FH Universitas Islam KadiriTAMANSISWA. Dalam rangka mengembangkan wawasan akademik dan khazanah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa, Sejumlah 30 mahasiswa serta dosen pendamping Fakultas Hukum Universitas Islam Kadiri Kediri Jawa Timur mengadakan kunjungan ke FH UII pada Senin, 15 Februari 2016/ 4 Rabi’ul Akhir 1437 H.
Kunjungan Mahasiswa FH Universitas Islam KadiriTAMANSISWA. Dalam rangka mengembangkan wawasan akademik dan khazanah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa, Sejumlah 30 mahasiswa serta dosen pendamping Fakultas Hukum Universitas Islam Kadiri Kediri Jawa Timur mengadakan kunjungan ke FH UII pada Senin, 15 Februari 2016/ 4 Rabi’ul Akhir 1437 H. Mahfud Fahrazi, SH., MH selaku dosen pendamping dalam sambutannya pada kunjungan tersebut menyampaikan bahwa para mahasiswa FH Universitas Islam Kadiri dirasa perlu untuk mengetahui bagaimana sistem akademik di FH UII serta budaya belajar dan mengajar di FH UII.
Dekan FH UII, Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa para mahasiswa Hukum haruslah memiliki integritas yang tinggi, serta diimbangi oleh ilmu agama yang kuat. Beliau juga berharap agar para mahasiswa kedepannya akan menjadi tokoh-tokoh yang dapat memberikan kontribusinya bagi masyarakat dilingkungan serta bagi bangsa Indonesia. Hanafi Amrani, SH., MH., LLM., Ph.D, Ketua Program Studi SI Ilmu Hukum FH UII menyampaikan beberapa hal diantarnya terkait sistem pengajaran dan kurikulum di FH UII yang mana memang memiliki keunikal lokal tersendiri.
Pada sesi terkahir, secara aktif para mahasiswa menanyakan berbagai hal diantarnya adalah perihal study transfer, sistem MOU serta budaya para mahasiswa yang belajar di FH UII. Selanjutnya, para mahasiswa diantarkan berkeliling mengunjungi kelas- kelas, Laboratorium Diorama dan Ruang Peradilan Semu di FH UII. ( Malikhatun Nisa’).
TINGKATKAN KUALITAS MKKH, FH UNWIKU KUNJUNGI FH UII

Tingkatkan Kualitas MKKH, FH UNWIKU Kunjungi FH UII

TINGKATKAN KUALITAS MKKH, FH UNWIKU KUNJUNGI FH UIITAMANSISWA. Kamis, 2 Jumadil Awal 1437H/11 Februari 2016 FH UII menerima kunjungan dari Fakultas Hukum Wijaya Kusuma (UNWIKU) Purwokerto dan diterima di Ruang Sidang Dekanat I. Kunjungan yang beragendakan meningkatkan kualitas Mata Kuliah Kemahiran Hukum tersebut dihadiri para pimpinan dan Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) baik dari FH UII serta dari FH UNWIKU Purwokerto.
TINGKATKAN KUALITAS MKKH, FH UNWIKU KUNJUNGI FH UIITAMANSISWA. Kamis, 2 Jumadil Awal 1437H/11 Februari 2016 FH UII menerima kunjungan dari Fakultas Hukum Wijaya Kusuma (UNWIKU) Purwokerto dan diterima di Ruang Sidang Dekanat I. Kunjungan yang beragendakan meningkatkan kualitas Mata Kuliah Kemahiran Hukum tersebut dihadiri para pimpinan dan Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) baik dari FH UII serta dari FH UNWIKU Purwokerto.
Dekan FH UNWIKU, Rusito, SH., MM menyampaikan bahwa Universitas Wijaya Kusuma ( UNWIKU) yang merupakan Universitas kedua di Purwokerto setelah UNSOED, telah beberapa kali mengalami pasang surut dalam dunia pendidikan, terlebih pada Fakultas Hukum nya yang sampai dengan saat ini masih memiliki 26 Dosen. “ Niat kedatangan kami adalah berguru pada UII, khususnya pada FH UII yang telah melahirkan alumni-alumni yang kita ketahui rekam jejakny , kami semua ingin berguru terkait sistem akademik yang ada di FH UII”. tambahnya.
Sejalan dengan tujuan dan maksud kunjungan FH UNWIKU, Dekan FH UII Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum menyampaiakan bahwa banyaknya perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan, membuat para akademisi juga dituntut untuk melakukan perubahan-perubahan guna mengimbangi perubahan tersebut, namun demikian kita tidak boleh terjebak dalam perubahan. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa produk-produk Fakultas Hukum saat ini dirasa belum dapat dilihat bagaimana integritasnya, oleh karenanya kita diharapkan untuk tetap mengkaji dan mencermati kurikulum-kurikulum yang ditawarkan oleh DIKTI untuk output yang lebih baik.
Selanjutnya, Ketua Program Studi Si Ilmu Hukum FH, Hanafi Amrani, SH., MH., LLM., Ph.D menjelaskan sistem akademik yang diterapkan di FH UII kepada para mahasiswa, baik dari sisi mata kuliah secara umum yang diambil oleh tiap mahasiswa serta hal lainnya terkait akademik di FH UII. Penyampaian dikusi dilanjutkan oleh kepala Pusat Pendidikan dan Latihan ( PUSDIKLAT) FH UII, Nurjihad, SH., MH yang menyampaiakn bahwa Lab. Pusdiklat FH UII mengkoordinir Mata Kuliah Kemahiran Hukum (MKKH) serta mengatur jadwal perkuliahan praktikumnya. Ditambahkan oleh beliau juga bahwa para mahasiswa yang telah selesai teori MKKH selanjutnya akan melaksanakan praktikum yang sesuai dengan MKKH yang diambil. Sebagai contoh adalah MKKH Keadvokatan dengan praktikum pemberkasan, MKKH Contact Drafting dengan praktik pembuatan perjanjian seperti hutang dsb, MKKH Peradilan dengan mensimulasikan persidangan di ruang laboratorium pengadilan semu serta yang terakhir MKKH Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dengan praktik legislasi semu yang bertempat di kantor DPRD Yogyakarta, kantor DPRD Sleman maupun kantor DPRD Bantul hal tersebut dimaksudkan agar para mahasiswa dapat mengaplikasikan secara langsung bagaiamana pembentukan perundang-undangan dikantor pemerintahan. Beliau juga menambahkan bahwa menjelaskan bahwa kuliah Kemahiran Hukum di FH UII difasilitasi dengan adanya laboratorium-laboratorium yang merupakan sarana dan prasarana bagi para mahasiswa baik itu laboratorium indoor maupun outdoor seperti laboratorium Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) dan Lembaga Khusus Bantuan Hukum (LKBH). ( Malikhatun Nisa’)