Ditulis Oleh Irsan Sutoto

BPHN – FH Gelar Diskusi Publik Pembentukan Perundang UndanganDiinformasikan kepada seluruh mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia bahwa dalam rangka meningkatkan minat baca di lingkungan Fakultas Hukum UII, untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, serta untuk mempermudah akses informasi, Perpustakaan FH telah melaksanakan beberapa peningkatan dalam layanan.

Peningkatan pelayanan, antara lain:

Pelayanan jam buka malam Perpustakaan FH UII dapat dinikmati kembali, dimulai satu minggu sebelum ujian, yaitu pada tanggal 17 Oktober 2016 hingga pelaksanaan ujian berakhir. Pelayanan jam buka malam dilaksanakan setiap hari kerja hingga pukul 21.00. Fasilitas dan pelayanan yang disediakan pada jam malam tersebut sama seperti pada jam kerja.
Perpustakaan FH UII telah menambah batas maksimal jumlah peminjaman koleksi buku. Batas maksimal peminjaman di Perpustakaan FH UII saat ini adalah empat eksemplar. Atas peningkatan batas maksimal peminjaman tersebut, Perpustakaan FH UII juga telah menambah koleksi buku wajib dengan jumlah yang signifikan. Penambahan jumlah koleksi ini selain ditujukan untuk mengimbangi jumlah buku yang dapat dipinjam juga untuk memenuhi rasio buku terhadap mahasiswa yang disyaratkan dalam akreditasi yaitu 1:17. Diharapkan dengan penambahan buku tersebut dapat membantu pemenuhan permintaan peminjaman koleksi buku. Sebagai tambahan, diinformasikan bahwa mahasiswa dapat meminjam koleksi di Perpustakaan Pusat dan Perpustakaan Fakultas di Universitas Islam Indonesia, tidak terbatas hanya di fakultas masing-masing mahasiswa saja. Batas maksimal peminjaman bagi setiap mahasiswa adalah sebanyak tujuh eksemplar, dengan batas maksimal empat eksemplar di salah satu perpustakaan (atau sesuai aturan perpustakaan yang bersangkutan) dan tiga sisanya dapat digunakan di perpustakaan lain di Universitas Islam Indonesia.
Perpustakaan FH UII sedang melaksanakan program digitalisasi koleksi berupa buku dan skripsi. Saat ini Perpustakaan FH UII telah menyelesaikan digitalisasi koleksi berupa skripsi dengan jumlah kurang lebih 4.500 judul. Koleksi tersebut saat ini sudah dapat diakses secara digital melalui komputer Perpustakaan FH UII di Ruang Referensi.

Demikian informasi dari Perpustakaan FH UII. Diharapkan peningkatan pelayanan di Perpustakaan FH UII ini dapat memberi manfaat kepada pengunjung, terutama mahasiswa dan dosen FH UII.