Osaka (UIINEWS):  Diawali dengan mengirimkan abstrak penelitian pada pihak panitia  dan direview oleh bantuan professor dan peneliti berpengalaman, tiga mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Hukum UII yaitu Muhammad Ilham Agus Salim, Nasiematul Arifat dan Nabila Rani Hanifa terpilih dan berkesempatan untuk mengikuti The Asia-Pacific Conference on Security & International Relations 2016 (APSEC 2016) bertempat di Osaka University Nakanoshima Center, Osaka, Japan  pada 8-9 Rabi’ul Awwal 1438 H/ 8 -9 Desember 2016.

            APSEC 2016 merupakan suatu forum bagi para peneliti, praktisi dan pendidik interdisipliner dan multidisipliner guna menyajikan dan membahas inovasi terbaru, tren, dan permasalahan, tantangan praktis yang dihadapi dan solusi yang diterapkan dalam bidang hukum Internasional. Acara ini juga dihadiri oleh oleh akademisi dari Jerman, Portugal, Filipina serta Indonesia

            Dengan penelitian yang berjudul The Protection of Stateless Person towards Rohingya Etnics through the Involvement of ASEAN Integration, para mahasiswa bermaksud menyampaikan bahwa hak untuk memperoleh kewarganegaraan adalah hak setiap individu, sehingga keberadaan Rohingya di Myanmar sebagai stateless person pada dasarnya tidak sesuai dengan cita-cita masyarakat internasional tentang perlindungan Hak Asasi Manusia. Selanjutnya, ketika pelanggaran HAM terjadi di Myanmar dan sistem hukum nasional tidak dapat menyelesaikan masalah, maka mekanisme regional dan internasional hadir sebagai solusi untuk pelanggaran HAM tersebut dan ASEAN adalah organisasi sub-regional yang berdasarkan Pasal 14 dari Piagam ASEAN memiliki mandat untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia. “Oleh karena itu, makalah ini akan menganalisis bagaimana anggota ASEAN harus diintegrasikan untuk memecahkan masalah kewarganegaraan terhadap etnis Rohingya, sementara hak asasi manusia berdasarkan perspektif hukum internasional menjadi kunci dari metodologi penelitian “ tutur Nabila Rani Hanifa.

Selanjutnya, semua makalah konferensi yang disampaikan akan ditinjau oleh tiga pengulas kompeten dan pasca konferensi penelitian para mahasiswa FH akan diterbitkan dalam Indeks Sains Internasional dan diserahkan untuk diindeks di Thomson Reuters, CiteSeerX, Google Books dan Google Scholar, IAFOR Journals. ( Malikhatun Nisa’/Nabila )

Foto : Malikhatun Nisa’/Nabila