Tamansiswa (6/4), Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia bersama Takmir Masjid Al-Azhar FH UII menyelenggarakan Khataman bersama 30 Juz. Diselenggarakan Kamis, 6 April 2017 Jam 15.30 – 17.00 WIB dengan peserta lebih kurang dari 45 orang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan (tendik). Dibuka langsung oleh Dekan FH UII dengan pesan moral bahwa satu-satunya petunjuk yang paripurna bagi manusia adalah Al-Qur’an. Oleh karena itu mari kita baca Qur’an sebagai surat cinta dari Allah SWT yang pencipta. Membudayakan kita semua membaca Al-Qur’an maka akan dimudahkan hidup kita untuk mencapai yang terbaik.

Dalam do’a akhir disampaikan hajat Fakultas Hukum UII dalam menghadapi visitasi akreditasi Magister Kenotariatan (S2 Mkn), proses mencapai akreditasi AUN-Q, perubahan kurikulum agar menjadi lebih barakah. Diartikan beliau bahwa barakah itu tidak hanya baik di dunia, namun juga menunjukkan bahwa dengan pemberian kebaikan dan prestasi seirama dengan naiknya nilai keimanan kepada Alloh Azza wajalla, bertambah sabar dan syukurnya, serta istiqamah, dan tawadu’ menjalankan perintah dan dalam menjauhi laranganNya.

Beliau berharap proses belajar mengajar mahasiswa FH UII berjalan lancar, dapat mencetak kader bangsa yang rahmatan lil ‘alamin. Dan secara luas FH UII mempunyai manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemaslahatan umat. Kemudian beliau menutup dengan doa khatmil Qur’an:

  • Ya Allah.. curahkanlah rahmat kepadaku dengan Al-Qur’an, dan jadikan Al-Qur’an sebagai pemimpin, petunjuk, dan rahmat bagiku.
  • Ya Allah.. ingatkanlah aku terhadap apa yang telah aku lupakan dari Al-Qur’an. Anugerahilah aku kemampuan untuk senantiasa membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikanlah Al-Quran hujjah bagiku (yang dapat menyelamatkanku) ya Rabbal ‘Alamin.
  • Ya Allah.. benahilah (pengetahuan dan pengamalan) agamaku, yang akan menjadi penjaga urusanku. Benahilah duniaku, tempat aku mencari penghidupan. Baguskanlah (kehidupan) akhiratku, tempat aku kembali. Jadikanlah hidupku sebagai tempat untuk melaksanakan segala kebajikan dan jadikanlah matiku sebagai pemutus segala keburukan.
  • Ya Allah.. jadikanlah sebaik-baik umurku (agar menjadi amal yang terbaik) di akhir usiaku. Hariku yang terbaik adalah hari di saat aku bertemu dengan-Mu (kelak).
  • Ya Allah.. aku memohon hidup yang nyaman, mati yang tenang, dan tempat kembali (akhirat) yang tidak memalukan dan menghinakan.
  • Ya Allah.. aku meminta permintaan yang terbaik, permohonan terbaik, keberhasilan terbaik, ilmu terbaik, amal terbaik, pahala terbaik, kehidupan terbaik, kematian terbaik, dan tetapkanlah aku dalam semua kebaikan itu. Beratkanlah timbangan (amal baikku), kukuhkanlah imanku, tinggikanlah derajatku, terimalah shalatku, ampunilah kesalahan-kesalahanku; dan aku memohon surga yang paling tinggi kepada-Mu.
  • Ya Allah.. pastikanlah aku memperoleh rahmat-Mu, meraih ampunan-Mu, terbebas dari segala dosa, mendapat manfaat dari segala kebaikan, meraup keuntungan berupa surga, dan terlepas dari siksa neraka.
  • Ya Allah.. baguskanlah akhir semua amal kami, serta jauhkanlah kami dari hinanya dunia dan siksa akhirat
  • Ya Allah.. berilah kami rasa takut kepada-Mu yang akan menghalangi kami dari berbuat maksiat. Anugerahilah kami ketaatan kepada-Mu yang akan mengantarkan kami (memasuki) surga-Mu. Curahkanlah keyakinan sehingga meringankan musibah hidup yang menimpa kami. Limpahilah kami kepuasan dengan pendengaran, penglihatan, dan kesehatan selama Engkau menghidupkan kami, serta jadikanlah semua itu sebagai warisan bagi kami. Hadirkanlah seorang penuntut bagi siapa saja yang menzalimi kami. Tolonglah kami dalam menghadapi orang-orang yang memusuhi kami. Janganlah Engkau jadikan musibah dalam agama kami. Janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan utama kami, dan tidak pula tujuan utama ilmu kami. Janganlah Engkau tempatkan kami dibawah kekuasaan orang-orang yang tidak menyayangi kami.
  • Ya Allah.. janganlah Engkau sisakan secuil dosa-pun (bagiku), melainkan Engkau ampuni semuanya. Janganlah Engkau tinggalkan sebersit keraguan pun (bagiku), melainkan Engkau hilangkan semuanya. Janganlah Engkau tinggalkan sepeser hutang pun (bagiku) melainkan Engkau lunasi semuanya. Janganlah Engkau abaikan segala kebutuhan dunia dan akhiratku, melainkan Engkau penuhi semuanya, wahai Dzat yang Maha Pengasih dari segala pengasih.
  • Ya Tuhan kami, anugerahilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta jagalah kami dari siksa api neraka. Semoga Allah mencurahkan shalawat atas nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya yang terpilih, serta salam yang berlimpah ruah.
  • Aamiin.. Kabulkanlah ya Rabb..