Sremo (16/4). Fakultas Hukum UII menyelengarakan Family Gathering dengan keluarga besar Panti Asuhan Ash-Shidiqiyah Sremo Kokap Kulonprogo Pimpinan Bapak Muhammad Tulus pada Ahad, 16 April 2017 jam 08.00 – 13.00 WIB . Dalam acara tersebut hadir memberikan kata sambutan Wakil Dekan FH UII Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag. bersama Prof. Ni’matul Huda, SH., M.Hum. serta Kepala Program Studi Ilmu Hukum Hanafi Amrani, SH., LL.M., M.H., Ph.D.

Bakti sosial yang diselenggarakan di Panti Asuhan Ash-Shiddiqiyah Sremo diwujudkan dalam bentuk bantuan dana operasional, kegiatan lomba terdiri dari lomba adzan-iqamah, qira’atil qur’an, dan kaligrafi bagi anak usia SLTP dan SLTA. Lomba doa sehari-hari dan lomba hafalan surat pendek bagi anak usia PAUD dan SD. Peserta lomba tidak hanya anak panti namun masyarakat sekitar dari TPA jamaah masjid di wilayah Sremo juga turut berpartisipasi. Disediakan piala sejumlah 24 buah, uang pembinaan, sertifikat, dan bingkisan. Terdapat 103 anak mengikuti kegiatan lomba tersebut dan setiap peserta mendapatkan bingkisan menarik dan sertifikat sebagai peserta.

Selain lomba FH UII juga memberikan bantuan paket sembako murah yang diberikan kepada penduduk wilayah sekitar panti yang membutuhkan. Dalam program ini pula keluarga besar FH UII menyelenggarakan pasar pakaian sangat murah dan juga diberikan bantuan pakaian pantas pakai kepada anak-anak panti. Dari hasil penjualan pakaian murah dan sembako semua diberikan kepada Panti Asuhan Ash-Shidiqiyah sebagai bantuan alakadarnya saja.

Dihadiri lebih kurang oleh 50 civitas akademika UII, 91 warga sekitar, serta 53 keluarga panti. Dr. Rohidin menyampaikan bahwa FH UII belum seberapa dibandingkan dengan Panti Asuhan Ash-Shiddiqiyah. Amalan nyata yang telah dilakukan dengan merawat dan mengasuh anak-anak yang sangat membutuhkan baik untuk menjalani hidupnya sehari-hari sampai kepada pendidikan yang harus ditempuhnya. Oleh karena itu sewajarnya jikalau dalam hadisnya Rasulullah SAW menegaskan bahwa kelak diyaumul akhir Nabi dan orang-orang yang mengasuh anak yatim ibarah dua jari yang sangat dekat posisinya. Dan berharap dengan kegiatan ini civitas akademika FH UII mempunyai empaty dan keinginan yang kuat untuk membantu anak-anak yatim dan kurang mampu sebagai implementasi dari rahmatan lil’alamin.