Pertama Kali Akreditasi, Magister Kenotariatan FH UII Raih Predikat B

Cik Di Tiro (UII News). Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UII pada bulan Syawwal 1438H/Juli 2017M mendapatkan berita gembira dengan dikeluarkannya 1653/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2017 tentang Penetapan Status Akreditasi Program Studi Magister Kenotariatan dengan nilai B (terakreditasi) Periode 1 Juni 2017 s/d 30 Mei 2022. Dr. Ridwan, SH., M.Hum. dan Drs. Agus Triyanta, S.H., M.A., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Magister Kenotariatan dan Direktur Pasca Sarjana mendapatkan berita baik tersebut pada 23 Syawwal 1438H/16 Juli 2017M melalui portal BAN PT di banpt.or.id.

 

Setelah menunggu lebih kurang satu bulan semenjak dilakukan visitasi asesor BAN PT pada tanggal 8 April 2017 akhirnya Program Studi Magister Kenotariatan (MKn) FH UII akhirnya rasa lega dan syukur Alhamdulillahi rabbil ‘alamin menyelimuti keluarga besar pengelola Program Pasca Sarjana FH UII. Demikian juga jajaran pimpinan Fakultas Hukum UII Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum. menyampaikan bahwa Program MKn bisa dibilang cukup istimewa. Pada periode awal, dan baru pertama akreditasi tapi nilainya sudah terakreditasi B. Artinya ini merupakan awal yang baik, tinggal kita harus terus meningkatkan dan menyempurnakan hasil evaluasi akreditasi sebagai ukuran standar perguruan tinggi.

 

Asesor BAN PT yang terdiri dari Prof. Dr. Jony Emirzon, S.H., M.Hum. dan Dr. Nanik Trihastuti, S.H., M.Hum. melakukan visitasi akreditasi selama lebih dari 12 jam di Kampus Prodi MKn Jl. Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta. Hadir pula pada saat visitasi sebagai pemapar profil UII Nandang Sutrisno, S.H., M.H., LL.M., Ph.D. selaku Rektor. Demikian juga Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum. selaku Dekan FH UII menyampaikan Borang B yang berisi Profil Fakultas Hukum UII. Hadir pula selaku Pengurus Yayasan Badan Wakaf Dr. Mustaqiem, SH., M.Si. dan Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII Ibu Kariyam, S.Si., M.Si. Selain itu seluruh komponen unit di Fakultas Hukum UII juga hadir untuk memberikan tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan dan menyampaikan bukti yang diminta asesor.

 

Yusri Fahmanto, SE selaku Kepala Kantor Program Pasca Sarjana FH UII menyampaikan kepuasannya, “Alhamdulillah lega sekarang, tidak sia-sia tidak kenal siang dan malam kita menyiapkan borang akreditasi. Namun kami harus terus bekerja keras untuk menyiapkan lima tahun ke depan agar akreditasi Prodi MKn meningkat menjadi A.” Di lain sisi Dr. Agus Triyanya juga menyampaikan bahwa tidak hanya melengkapi kekurangan-kekurangan hasil temuan akreditasi MKn, namun Pasca Sarjana FH UII juga masih mempunyai tugas besar untuk menyiapkan akreditasi Program Doktor. Akreditasi  Program Doktor FH UII berdasarkan 264/SK/BAN-PT/Akred/D/VII/2014 yang akan kadaluwarsa pada 23 Juli 2019 mendatang.