Tamansiswa (9/6) Fakultas Hukum (FH) UII menyelenggarakan Buka Bersama seluruh keluarga besar FH UII Jum’at 09 Juni 2017 bertempat dengan tanggal 14 Ramadhan 1438H di Ruang Sidang Utama Lt. 3 Gedung Prof. Mr. Moch. Yamin Jl. Tamansiswa 158 Yogyakarta. Menjelang buka bersama diselenggarakan pengajian dengan penceramah Dr. Drs. Muntoha, SH., M.Ag. Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam UII. Acara juga dimeriahkan oleh Group Penyinta Shalat FH UII yang dipimpin oleh Ustd. Sarwi.

Ustadz H. Muntoha mengawali pengajian dengan pertanyaan, “Siapa yang hafal bulan Hijriyah?” Sebuah pertanyaan sederhana namun menggelitik peserta yang hadir dan mengingatkan bahwa sebagai orang Islam mestinya hafal dengan nama-nama bulan hijriyah. Dan beliau juga mengabarkan bahwa DPPAI saat ini telah mencetak kalender dengan tanggal utama bertanggal hijriyah. Sekaligus diterakan dalam kalender tersebut jadual puasa baik wajib maupun sunnah dan ibadah-ibadah yang berlandaskan ketentuan tanggal hijriyah.

Semua kemuliaan itu milik Alloh SWT, maka yang akan mengangkat derajat adalah Allah SWT bukan yang lain. Derajat yang paling tinggi adalah Muttaqin, lebih ditegaskan oleh Ust. Muntoha sehingga untuk mencari derajat tersebut harus berusaha keras. Dan tidak hanya dalam pencarian, ketika sudah mendapatkan maka akan lebih berat lagi untuk mempertahankan. Ada empat perintah Allah yang jika dijalankan maka akan sempur keimanan kita dan usaha mempertahankan derajat ketaqwaan tersebut, yaitu:

  1. Berkata benar/jujur/Sidiq baik dalam ucapan dan tindakan

  2. Bersyukur, mau berterimakasih kepada Alloh SWT.

  3. Sifat Haya’/Malu kepada Alloh SWT

  4. Husnul Khuluq, budi pekerti dan akhlaq yang baik/akhlaqul karimah, Husnul Wajhi/menyenangkan, selalu senyum “Sumeh”.

Pengajian Buka Puasa Bersama Karyawan FH dimeriahkan oleh Group Penyinta Shalawat FH UII. Group yang baru dibentuk lebih kurang dua bulan lalu ini sudah tampil 2 kali. Pertama pada acara Milad UII di FH dan yang kedua pada acara buka puasa bersama. Kelompok yang dikoordinatori oleh Bapak Sarwi beranggotakan Heri, Danang, Ponidi, Sugeng, Sumardi, Achmad, Saryanto, dan Dimas walaupun masih baru sudah menampakkan eksistensinya. Kita tunggu tampilan selanjutnya di tempat, acara, dan suasana berbeda.