Tamansiswa (10/8) Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum. bersama Hosea Nicky Hogan (Direktur Pengembangan  Bursa Efek Indonesia), Dedy Priadi (Kepala Edukasi dan Informasi Bursa Efek Indonesia), Irfan Noor Riza (Kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan DIY), dan Heri Gunawan Muhammad (Branch Manager DIY-Jateng PT FAC Sekuritas) bersama-sama membuka soft opening Galeri Investasi BEI Kamis, 10 Agustus 2017 di Ruang Sidang Utama Lt. 3 FH UII jln. Tamansiswa 158 Yogyakarta.

Dr. Aunur Rohim dalam sambutannya menyampaikan bahwa UII patut bersyukur dimana satu-satunya universitas yang memiliki 4 gerai bursa efek. Yaitu di Fakultas IAI, Fakultas Ekonomi, D3 Ekonomi, dan di Fakultas Hukum. Adapun tujuan utama Galeri Investasi di Fakultas Hukum yakni untuk mengembangkan keilmuan khususnya di bidang hukum. Namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa ataupun dosen, bahkan tenaga kependidikan dapat berinvestasi walau hanya dengan Rp100.000,-. Kedepan, kegiatan-kegiatan berupa sekolah pasar modal bagi mahasiswa dengan bekerja sama dengan Bursa Efek dan sekuritas, pelatihan-pelatihan serta kerjasama dengan berbagai pihak di bidang pasar modal seperti kerjasama dengan Himpunan Konsultan Hukum di Bidang Pasar Modal serta Ikatan Notaris di bidang Pasar Modal akan di buka di FH UII.

Disampaikan pula oleh Heri Gunawan Muhammad yang sedang menyelesaikan masternya di MSI UII bahwa kita hendaknya dapat merebut kembali Indonesia dengan membeli saham perusahaan-perusahaan Indonesia, karena cukup besar saham perusahaan-perusahaan Indonesia sudah dibeli oleh pihak asing. Selain itu hendaknya kita mengubah pola pikir kita untuk berhijrah dengan tidak hanya menjadi konsumen tetapi juga menjadi pemilik perusahaan, secara tidak langsung kita sudah berhemat. Karena keuntungan akan kembali kepada kita sebagai nilai investasi. Pola pikir yang lain adalah kurangi konsumsi jika tidak bisa menaikkan income pada keluarga kita. Dan yang cukup menarik bagi para remaja/pemuda yakni “jadilah high quality person (jomblo) dengan berivestasi. Berinvestasi adalah cara menabung yang cerdas, jasa yang kita peroleh tentu saja lebih besar dari bunga bank. Namun untuk semua itu kita juga harus mepelajari portofolio perusahaan yg akan dibeli sahamnya, jangan spekulasi karena spekulasi mendekatkan diri pada riba.

Galeri Investasi BEI FH UII akan segera beroperasi dalam beberapa minggu ke depan. Pimpinan FH UII berharap Pusat Studi Pasar Modal yang juga diresmikan pada hari ini akan menjadi pengawal berjalannya Galeri Pojok BEI di FH UII. Segenap pimpinan dan civitas akademika serta para kolega dari Bursa Efek Indonesia melalui Perwakilan Bursa Efek Indonesia di Yogyakarta menyampaikan ucapan selamat dan semoga sukses. Sementara dari PT. FAC Scuritas menyampaikan selamat bergabung dan memanfaatkan sistem sekuritas yang ke 9 dari 12 sistem sekuritas yang sudah menempatkan sistem syar’i dalam transaksi bursa saham, semoga barokah dan sukses. Aamiin