(Tamansiswa 01/09 )  Takmir Masjid Al-Azhar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan acara Semarak Hari Raya Idul Adha 1438 H dengan temaa “Qurban Tanda Cinta, Tanda Taat, dan Tanda Kepekaan Sosial”  sebagai wujud pengabdian kepada Allah untuk menjadi seorang manusia yang Rahmatanlil ‘Alamin, rahmat bagi Alam Semesta.  Hakikatnya pengabdian seorang hamba yang sungguh-sungguh tidaklah mudah, karena membutuhkan pengorbanan yang sangat berat. Sebagaimana kisah Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail. Sebagaimana firman Allah SWT:

“…Sesungguhnya ini benar–benar suatu ujian yang nyata. Kami tebus dengan anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) dikalangan orang–orang yang datang kemudian (yaitu) “kesejahteraan dilimpahkan kepada Ibrahim”. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang–orang yang baik. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman”.

(QS. Ash Shoffat : 106–111).

Dalam rangka menyeramakkan idul adha Takmir Masjid Al-Azhar mengadakan rangkaian acara Semarak Hari Raya Idul Adha Tahun 1438 H dengan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan: Pasar murah, diselenggarakan di desa Pancuran, selain itu ada pembagian sembako di desa Wunut dan kegiatan “Pelatihan penyembelihan hewan qurban secara syar’i” pada tanggal 30 agustus 2017 yang diisi oleh pemateri Andi Alif Rahman, Lc.  Tak hanya itu, TMA FH UII juga menyelenggarakan lomba takbir dan shalawat bersama dengan mengundang masjid dan mushalla di sekitar lingkungan kampus FH UII. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan dan menggemakan takbir pada malam idul Adha di Kampus FH UII.

Pada tanggal, 01 September 2017 dilaksanakan Sholat Idul Adha Berjamaah dengan imam Muhammad Aufa Aulia, dan dilanjutkan dengan penyampaian khutbah oleh Drs. Agus Triyanta, SH., MH., Ph.D dalam khutbahnya beliau mengatakan bahwasanya momentum idul adha dengan melakukan penyembelihan hewan oleh manusia mempunyai pesan moral yaitu  setiap manusia hakikatnya mempunyai nafsu hayawaniyah  yang harus disembelih atau dilawan dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setelah sholat idul adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban yang dipimpin oleh Dr. Abdul Jamil. SH., MH dilapangan parkir belakang Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dengan jumlah hewan qurban 12 ekor yaitu: 2 ekor sapi dan 10 ekor kambing dilanjutkan dengan pendistribusian hewan qurban kepada masyarakat fakir, miskin, dan dhu’afa sekitar kampus FH UII, masyarakat Desa Pancoran, Jetis dan Imogiri-Bantul dan kepada karyawan Golongan I dan II FH UII.kami dari panitia Semarak Idul adha 1438H menghaturkan ribuan terimakasih kepada Bapak/Ibu Sohibul Qurban dan partisipan yang telah membantu dalam kegiatan Semarak Idul Adha. Jazakumullah khairan katsiran. (takmir Al Azhar FH UII)