Tamansiswa (01/09) Takmir Masjid Al-Azhar FH UII menyelenggarakan acara SEmarak Idul Adha dengan menyelenggarakan serangkaian kegiatan mulai dari semarak takbiran, penyelenggaraan shalat Ied, dan Penyembelihan Qurban dari 31 Agustus 2017 s.d. 01 September 2017 di Kampus FH UII Jl. Tamansiswa 158 Yogyakarta.

Malam takbiran yang diisi dengan lomba takbir dan shalawat bersama masjid dan mushalla di sekitar lingkungan kampus FH UII. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan dan menggemakan takbir pada malam idul Adha di Kampus FH UII. Para Peserta menampilkan kebolehannya dengan mengumandangkan takbir dengan diiringi rebana. Menari menggambarkan kemenangan umat Islam dalam merayakan Idul Adha, pembebasan diri dari belenggu sifat individualistik dan kesombongan kembali kepada hamba Alloh yang dermawan, saling memberi, dan pengorbanan karena semata mengharap ridha Allah SWT.

Keesokanharianya 01 September 2017 di halaman kampus FH UII diselenggarakan Shalat Idul Adha dengan imam dan khatib Drs. Agus Triyanta, SH., MH., Ph.D. Direktur Pasca Sarjana FH UII sekaligus sebagai Pejabat PDM Sleman Yogyakarta. Dihadiri oleh masyarakat seputar kampus FH UII serta mahasiswa dan mahasiswi yang kebetulan tidak mudik, karena libur yang cukup panjang.

Seusai shalat Idul Adha dilanjutkan penyembelihan qurban oleh Dr. Abdul Jamil. SH., MH. sebanyak 2 ekor lembu. Selesai penyembelihan dan pengemasan, daging qurban tersebut kemudian sebagian disalurkan ke desa-desa binaan Takmir Masjid Al-Azhar FH UII. Takmir Masjid Al Azhar FH UII mempunyai beberapa desa binaan di wilayah kabupaten Bantuk seperti di Dlingo dan Jetis.