Tamansiswa (7/9) Takmir Masjid Al – Azhar bekerjasama dengan UKM SAIL, telah melaksanakan acara aksi solidaritas untuk Rohingya, dalam acara diskusi dengan tema “Suara dari Rohingya” pada Kamis, 7 September 2017 di Masjid Al Azhar FH UII. Dalam pembahasan diskusi ini, dilaksanakan juga penggalangan dana, serta doa bersama untuk saudara – saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Rohingya. Diskusi hadiri oleh Bapak Eko Riyadi, S.H., M.H selaku Direktur Pusat Studi HAM UII, dan menjadi pemateri untuk diskusi “Suara dari Rohingya”.

Tujuan diadakannya diskusi ini adalah untuk meringankan beban pengungsi Rohingya, memberikan pemahaman kepada seluruh civitas akademika khususnya mahasiswa fakultas Hukum UII terkait kondisi Rohingnya saat ini, serta untuk menyadarkan mahasiswa langkah – langkah apa yang dapat dilakukan untuk menolong atau meringankan beban pengungsi Rohingya.

Dari hasil diskusi ini, dapat disimpulkan beberapa hal mengenai Rohingya, diantaranya adalah bahwasannya konflik di Rohingnya bukanlah konflik agama, melainkan konflik tersebut lebih menyangkut ke politik dan etnis, maka dari itu jangan ada kesalahpahaman dalam mengartikan konflik yg ada di Rohingya. Sedangkan permasalahan utama Rohingnya ada dua, yaitu pengusiran dan statelessness (tidak mempunyai kewarganegaraan). Ini dikarenakan etnis rohingnya tidak diakui dalam konstitusi Myanmar. Didalam permasalahan ini para pelaku tindak pidana yang ada di Rakhine State ini, yaitu militer Myanmar, yang mana dapat diadili bila PBB memutuskan membuat pengadilan ad hoc.

Kita sebagai negara yang masih sama – sama dalam kawasan Asia Tenggara, hal yang memungkinkan untuk dapat kita lakukan adalah dengan menyediakan satu pulau khusus untuk mereka seabgai tempat mereka hidup sampai seterusnya. Inilah beberapa kesimpulan dari diskusi mengenai Rohingya.

Kemudian untuk penggalangan dana akan ditutup pada hari Senin, 11 September 2017 dan akan diserahkan langsung kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) Yogyakarta untuk disalurkan ke Rohingya. Setelah diadakannya diskusi ini, maka diadakan doa bersama untuk saudara – saudara kita yang sedang berada di Rohingya. Semoga Allah segera memudahkan segala kesulitan saudara – saudara kita yang ada di Rohignya dan selalu melindungi mereka. Amiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.