Tamansiswa (13/9) BKKA FH UII menyelenggarakan Workshop dan sosialisasi PKM 2017 di kampus FH UII Jl. Tamansiswa pada hari Rabu, 13 September 2017 dan diikuti oleh mahasiswa FH UII dengan menghadirkan Ibu Hazhira Qudsy, S.Psi., M.A. dari Direktorat Pengembangan Bakat Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Isalam Indonesia (DPBMKM UII) dan juga Bapak Anang Zubaidy, S.H., M.H.

Ibu Hazhira Qudsy, S.Psi., M.A. sebagai pembicara pertama menyampaikan informasi mengenai PKM dan model-model proposal PKM yang berhasil didanai Dikti pada tahun-tahun sebelumnya dan juga Bapak Anang Zubaidy, S.H., M.H. yang mengisi materi pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian di bidang hukum untuk memantik ide-ide dari para mahasiswa.

BKKA FH UII mengadakan workshop sekaligus sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemenristek Dikti 2017 untuk menyiapkan para mahasiswa kendatipun Kemenristek Dikti belum mengeluarkan pengumuman resmi terkait kompetisi penyelenggaraan PKM 2017. FH UII telah bersiap-siap menyongsong diselenggarakannya PKM 2017 agar pada PKM kali ini tersedia rentang waktu yang cukup bagi mahasiswa FH UII untuk megembangkan ide-ide kreatif yang akan dituangkan dalam proposal untuk kemudian diajukan pendanaan tahun 2018. Langkah persiapan ini merupakan bentuk kesungguhan FH UII untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini dengan harapan juga terjadi peningkatan jumlah proposal yang lolos PIMNAS di tahun 2018. Harapannya, dengan diselenngarakannya workshop dan sosialisasi PKM ini mampu mendongkrak jumlah proposal dari mahasiswa-mahasiswa FH UII dalam ajang PKM yang sejalan dengan program Universitas Islam Indonesia yang menargetkan 2000 proposal menyerbu PKM Dikti di tahun 2017.

Hal yang lebih mendasar perlunya peningkatan partisipasi mahasiswa FH UII dalam ajang tahunan ini adalah agar mahasiswa terlatih untuk peka terhadap lingkungan dan problem sosial serta jeli melihat setiap peluang usaha, karena terdapat tiga dari lima program PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa disiplin ilmu sosial humaniora khususnya ilmu hukum, yaitu bidang penelitian, bidang pengabdian, dan bidang kewirausahaan.