YOGYAKARTA (FH UII) – Dekan Fakultas Hukum UII Dr. Aunur Rahim Faqih, SH.M.Hum dan Ketua Pengadilan Negeri Sleman Lucas Prakoso, SH., M.Hum. Senin, 25 September 2017 menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memperkuat kerjasama dalam rangka kuliah lapangan mahasiswa Praktik Peradilan Semester Ganjil 2017-2018 di PN SLeman

Pengadilan Negeri Sleman merupakan pengadilan negeri kedua yang menjalin kerjasama dengan FH UII yang sebelumnya FH UII telah menjalin kerjasama yang cukup lama dengan Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam rangka kuliah lapangan Praktik Peradilan tersebut. Penandatanganan MoU tersebut bersamaan dengan penerimaan mahasiswa Praktik Peradilan Semester Ganjil 2017-2018 oleh Ketua Pengadilan Negeri Sleman. Oleh karena itu, mulai tanggal 25 September 2017 mahasiswa FH UII Semester Ganjil 2017-2018 sudah dapat melaksanakan kuliah lapangan praktik peradilan di PN Sleman sebagai salah satu tugas wajib mahasiswa Praktik Peradilan sampai dengan tanggal 5 Desember 2017.

Acara penandatangan MoU tersebut, turut hadir pula Bapak Nurjihad, SH.MH sebagai Kepala Pusdiklat FH UII sekaligus sebagai saksi dalam acara penandatanganan MoU tersebut, Ibu Wigati Haryati, SH sebagai Ketua Panitera PN Sleman, 2 (dua) orang hakim pembimbing yaitu Bapak Rakhmat Dwinanto, SH dan Ibu Eulis Nur Khomariah, SH., MH, Para asisten dosen pengampu Mata Kuliah Praktik Peradilan, Perwakilan Mahasiswa Praktik Peradilan Semester Ganjil 2017-2018 serta Para staf Pusdiklat FH UII sebagai fasilitator berlangsungnya acara tersebut.

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan kualitas pendidikan dalam bidang kemahiran hukum kepada mahasiswa FH UII khususnya dalam pengembangan dan pelaksanaan kuliah Praktik Peradilan. Sesuai MoU tersebut, 2 (dua) orang hakim pembimbing yang ditunjuk oleh Ketua Pengadilan Negeri akan memberikan bekal pengalaman praktis berupa pengenalan teknis persidangan serta proses hukum acara dalam penyelesaian perkara litigasi.