Jakarta (25/9) Delegasi Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia yang terdiri dari Kemal Azhardhia Ghiffary, Yoga Adhi Nugraha, Admiral Herdi Pratama, Mutia Sekar Dini, Lutvinia Dea Cherly, dan Serly Amanda telah berhasil meraih juara kedua lomba Contract Drafting and Negotiation tingkat nasional.

 

Lomba yang diselenggarakan dalam acara The 8th Business Law Competition 2017 Piala Hafni Sjahruddin yang diselenggarakan di Universitas Indonesia pada tanggal 20 September 2017 sampai 25 September 2017.

 

Perjuangan menuju juara tidaklah mudah karena ini merupakan kali pertama FH UII mengikuti kompetisi contract drafting and negotiation. Apalagi delegasi-delegasi lain yang lolos ke babak final berasal dari universitas yang notabene telah memiliki pengalaman dalam lomba Contract Drafting and Negotiation. Delegasi yang lolos ke babak final tersebut ialah delegasi dari UGM, UNHAS, UNPAD, Trisakti dan UPH. Dari hasil kompetisi selama lima hari kemarin yang berhak menyandang juara pertama adalah delegasi dari UNPAD dan juara ketiga diraih oleh UPH.

 

“Kami sangat bersyukur ketika lambang UII muncul di layar pengumuman pemanang lomba Contract Drafting dan Negotiation.” ungkap Tama. Awalnya kami sudah cukup pesimis karena ini merupakan lomba Contract Drafting dan Negosiasi pertama yang diikuti FH UII apalagi kompetitor kami di babak final merupakan universitas yang berpengalaman yaitu UGM, UNHAS, Trisakti, UNPAD dan UPH,” tutur para pejuang FH UII.

 

Sebelum melaju ke babak final, para delegasi harus melewati proses seleksi berkas kontrak. “Sedangkan kami mengambil tema kontrak mengenai leasing pesawat terbang antara perusahaan Indonesia dan perusahaan Jepang. Fokus utama kontrak tersebut terletak pada hukum penerbangan serta hukum jaminan.” jelas Kemal. “Perjuangan berat dalam proses pembuatan kontrak, terlebih pada saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan,” tambah Yoga.

 

Hal yang cukup menantang adalah kajian yang dilakukan tidak hanya dari segi hukum membuat sebuah kontrak, namun juga harus melihat dan mengkaji dari berbagai segi. Sebut saja multidisipliner, yaitu dari segi ekonomi untuk mempertimbangkan kepentingan para pihak digambarkan dalam kompetisi dianggap sebagai klien mereka. Dan dari segi teknis khususnya mengenai operasi pesawat terbang, serta dari segi hukum meliputi hukum jaminan, hukum penerbangan, hukum administrasi, hukum pajak, serta hukum international.

 

Juri diambilkan dari eksternal UI adalah para praktisi terdiri dari Andre Rahadian, S.H., L.LM., M.Sc. yang merupakan Partner di Hanafiah Ponggawa and Partners, Yoga Budhi Prananto, S.H., dan Ibu Karina Larasati Putri, S.H.

 

“Harapan besar melalui kompetisi ini akan menjadi motivasi adik-adik tingkat yang menyukai hukum bisnis untuk berani mengikuti kompetisi serupa dalam bidang hukum bisnis. Serta memberi cukup keyakinan pada kemampuan mereka untuk bersaing dengan universitas-universitas ternama lainnya. Selain itu kami berharap nantinya FH UII akan memberi perhatian lebih pada mahasiswa yang fokus pada bidang hukum bisnis.” canda tiga delegasi cantik Mutia, Dea, dan Serly.