Tamansiswa (23/11) Pusat Studi Pasar Modal (PSPM) Fakultas Hukum UII bekerjasama dengan FAC Sekuritas adakan lagi sekolah pasar modal. Ini kali Branch Manager DIY-Jateng Heri Gunawan Muhammad hadir sebagai pembicara dan 2 pembicara lainnya menyampaikan iming-iming keuntungan investasi sejak dini sebagai tema Sekolah Pasar modalFH UII  23 November 2017 jam 09.00-12.00 WIB di Ruang Sidang Utama Lt. 3 FH UII Jl. Tamansiswa 158 Yk.

 

Hadir pula mewakili Direktur BEI Ibu Venda memberikan sambutan dan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PSPM UII yang telah menyelenggarakan SPM sampai ke tahap 2 dengan tema mekanisme trading dan analisis teknikal. Harapannya para mahasiswa mempunyai keterampilan menganalisis produk saham dan pengetahuan secara teknis untuk segera memanfaatkan pasar saham syariah untuk berinvestasi.

 

Sementara Erik menyampaikan bahwa adanya pasar modal dikarenakan keinginan kerjasama antara pengusaha dengan para pemilik modal yang tidak dapat menjalankan modalnya sendiri. Bagi para pemilik modal merupakan kesempatan untuk menambah nilai kekayaannya tanpa harus bekerja. Yaitu dengan cara menitipkan uangnya di sebuah perusahaan, istilahnya investasi. Ketika kita menginvestasikan modal kita kepada sebuah perusahaan selain mendapatkan keuntungan peruashaan (deviden) juga akan mendapatkan kenaikan nilai saham.

 

Oleh karena itu Erik mengajakan kepada para mahasiswa agar sejak ini menginvestasikan tabungannya kepada pasar modal syariah. “Mengapa harus berinvestasi?”, tanya Mas Erik. Alasan pertama mengapa kita harus berinvestasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan. Secara sederhana dengan berinvestasi maka dana tersebut tidak untuk konsumsi namun diharapkan dapat meningkatkan konsumsi di masa mendatang. Kedua, menghindari risiko penurunan nilai kekayaan/hak milik karena pengaruh imflasi. Dan  ketiga, menghemat dari pajak. Karena beberapa investasi tertentu pajaknya lebih rendah.