Tamansiswa (18/12) Pusat Studi Hukum Konstitusi Fakultas Hukum (PSHK FH UII) menyelenggarakan Refleksi Akhir Tahun 2017 sekaligus Launching E-Buletin PSHK FH UII pada Senin, 18 Desember 2018 jam 08.00-15.00 WIB di Ruang Sidang Utama Lt. 3 FH UII Jl. Tamansiswa 158 Yogyakarta.

 

Dr. Aunur Rohim Faqih menyampaikan dalam pembukaan tersebut, bahwa Pusat-pusat Studi yang lain juga harus menciptakan inovasi untuk mengembangkan kemanfaatan pusat studi. Atau setidaknya mengikuti jejak PSHK FH UII untuk mempublikasikan tulisan, ide, gagasan, dan karya ilmiah lainnya melalui e-buletin. “Untuk awal, tidak harus jurnal terlebih berlabel terakreditasi, itu soal nanti. Kalau sudah rutin dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Kemenristek. Setidaknya untuk media yang sifatnya elektronik dapat dikatakan lebih mudah mendunia dibandingkan media cetak,” kata Dekan.

 

Pada Sesi satu disajikan hasil pengabdian masyarakat oleh Sri Hastiti Puspitasari, S.H., M.Hum., Dian Kus Pratiwi, S.H., M.H., dan Despan Heryansyah, S.H., M.H. dengan tema BUMDesa dan Pemerintahan Desa. Kemudian pada Sesi kedua disajikan hasil penelitian “Problematika Rekruitmen Bakal Calon Anggota Legislatif” oleh para tim peneliti PSHK. Dan pada sesi tiga disajikan pemaparan hasil penyusunan Naskah Akademik (NA) dan Raperda tentang Penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah dengan pemateri Dr. Saifuddin, SH., MHum., Anang Zubaidy, SH. MH., dan Ahmad Sadzali, LC., MH.

 

Dan Esuk hari, Selasa, 19 Desember 2017 di tempat yang sama akan diselenggarakan Diskusi Publik dengan tema “Potret dan Resolusi Ketatanegaraan Indonesia” dengan pembicara Prof. Dr. Ni’matul Huda, S.H., M.Hum. (Penataan Demokrasi di Daerah), Ali Ridho, S.H., M.H. (Potret Pemenuhan Hak Konstitusi),  dan Ari Wibowo, S.H., S.H.I., M.Hum. (Penegakan Hukum Korupsi).

 

Disampaikan oleh Kepala PSHK Anang Zubaidy, S.H., M.Hum. bahwa kegiatan refleksi ketatanegaraan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh PSHK. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membaca perjalanan ketatanegaraan selama setahun dan memberikan catatan (baik positif maupun negatif) untuk selanjutnya memberikan rekomendasi (resolusi) bagi perbaikan ke depan. Selain itu refleksi tahun 2017 juga memaparkan karya-karya PSHK di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penyusunan Naskah Akademik dan Raperda.