Pusat Pendidikan dan Latihan Fakultas Hukum UII Mengadakan Pelatihan Legal Opinion Pidana 2018

YOGYAKARTA (23/01) – Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) Fakultas Hukum UII menyelenggarakan Pelatihan Legal Opinion Pidana 2018 yang dilaksanakan tanggal 22-23 Januari 2018. Pelatihan Legal Opinion tersebut mengangkat kasus Korupsi Pengadaan Helikopter AW 101 yang melibatkan pihak sipil maupun militer. Pelatihan Legal Opinion Pidana 2018 diikuti oleh 61 (enam puluh satu) Peserta mulai dari mahasiswa aktif FH UII, Fresh Graduate, Mahasiswa S2 maupun Dosen. Pemateri Pelatihan Legal Opinion 2018 diisi oleh Dr.M.Arif Setiawan selaku akademisi dan praktisi di bidang Hukum Acara Pidana.

Pada hari pertama, acara Legal Opinion Pidana dimulai Pukul 08.00-12.00 WIB yang diisi materi tentang Pengantar dan Sistematika Legal Opinion, Identifikasi Masalah Dan Penyusunan Kronologis Kasus, Teknis Analisis Kasus dan Teknik Penyusunan Legal Opinion. Setelah materi dan istirahat, Peserta dibagi menjadi 2 (dua) kelompok simulasi yaitu Dynamic Group I sebanyak 30 (tiga puluh) peserta dan Dynamic Group II sebanyak 31 (tiga puluh satu) peserta dan masing-masing grup didampingi 3 (tiga) trainer dari PUSDIKLAT FH UII. Simulasi pembuatan Legal Opinion pada hari pertama mulai dari Pendahuluan, Kronologis Kasus sampai dengan Penelusuran Bahan Hukum.

Pada hari kedua pelaksanaan Legal Opinion Pidana dimulai Pukul 08.00-12.00 dengan melanjutkan simulasi terakhir tentang analisis Kasus Korupsi Pengadaan Helikopter AW 101. Setelah selesai simulasi dan istirahat, acara dilanjutkan kembali dengan mengevaluasi hasil simulasi pembuatan Legal Opinion tentang Korupsi Pengadaan Helikopter AW 101 oleh pemateri. Setelah evaluasi, acara dilanjutkan dengan Acara Penutupan Pelatihan yang diisi dengan pemberian kritik dan saran dari perwakilan peserta serta Sambutan akhir oleh Dekan FH UII Dr.Aunur Rahim Faqih, SH.,M.Hum sekaligus menutup acara Pelatihan Legal Opinion Pidana 2018.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti Pelatihan Legal Opinion Pidana ini yang dibuktikan dengan berbagai pertanyaan yang diajukan oleh peserta atas materi yang diberikan oleh pemateri. Selain itu peserta juga sangat antusias bertanya kepada trainer tentang pembuatan Legal Opinion. Pelatihan Legal Opinion Pidana ini berlangsung lancar dan kondusif, hal ini dikarenakan dukungan dari semua pihak serta antusias yang tinggi dari Peserta.