Tamansiswa (23/02) Panitia Penyelenggara Pemungutan Suara Pemilihan Rektor Periode Tahun 2018-2022 menggelar pemilihan suara balon Rektor UII 2018-2022 mulai jam 08.00 WIB. Dekan membuka pelaksanaan Pilrek tersebut pada pukul 08.30 WIB dengan jumlah pemilih yang sudah hadir sebanyak 31 orang.

Dekan Fakultas Hukum UII Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum. membacakan klausa tentang penjaringan calon dan tata tertib pelaksanaan Pilrek. Selepas kesepakatan atas peraturan yang sudah ditentukan panitia bersama dua orang saksi yang ditunjuk membuka kotak suara yang masih lengkap denga segel dari panitia pusat. Saksi yang ditunjuk dari dosen adalah Sujitno, S.H., M.Hum. dan sebagai wakil dari tendik terpilih Ubaidurrahman, ST. Kedua saksi menghitung jumlah suara yang disediakan sejumlah 113 yaitu 107 kartu suara untuk pemilih dan lebih kurang 5% kartu suara cadangan. Disediakan pula kertas suara kosong yang digunakan untuk pemilihan tahap 2 jika diperlukan sebanyak 113 kartu suara.

Berangsur-angsur para pemilih memenuhi ruang pemilihan di Ruang 2.11. Dan pada akhir waktu yang telah ditetapkan yaitu pada pukul 10.00 WIB jumlah pemilih yang hadir dan menggunakan hak suaranya berjumlah 83 orang dari 107 DPT.

Penghitungan suara dilakukan dengan disaksikan oleh segenap pemilih yang dapat dikatakan masih lengkap bersama saksi yang telah ditunjuk. Dari hasil penghitungan suara suara terbanyak diperoleh Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag. dengan 34 suara dan terbanyak kedua diperoleh Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si. sebanyak 27 suara.