Tamansiswa (23/02) Serentak Jumat, 23 Februari 2018 di seluruh Fakultas di lingkungan Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Pemilihan Kandidat Rektor yang akan diterjunkan di ajang Pilihan Rektor UII Rabu, 28 Februari 2018.

Dipaparkan oleh Syarif Nurhidayat bahwa pencoblosan untuk memilih 2 orang wakil FH akan dilaksanakan Jumat pagi, sesuai undangan yang sudah disebarkan kepada pemilih jam 08.00 WIB. Ada 107 undangan yang diberikan kepada pemilih tetap di FH UII terdiri dari dosen, tendik, dan perwakilan mahasiswa.

Pencoblosan dimulai dengan kuorum, walaupun undangan tertera jam 08.00-10.00 WIB namun tidak dapat langsung dimulai jika pemilih hadir belum mencapai 50%+1 dari jumlah DPT. Untuk itu pemilih akan ditunggu selama 30 menit dari jam undangan. Walaupun belum tercapai kuorum proses pencoblosan tetap dapat dimulai selambat-lambatnya pukul 08.30 WIB.

“Proses pemilihan akan dimulai dengan pembacaan tata tertib pemilihan oleh ketua panitia. Tata tertib telah ditetapkan oleh panitia pusat termasuk di dalamnya adalah adanya pemilihan ulang jika balon rektor terpilih kedua dan ketiga mempunyai jumlah pemilih sama banyak,” jelas Syarif.

Pemilihan putaran kedua tersebut akan dilaksanakan selepas salat Jumat pukul 13.00 – 15.00 WIB. Sesi pemilihan ini untuk menentukan calon kedua yang akan mewakili calon rektor pada pemilihan rektor tingkat universitas.

Adapun balon rektor dari Fakultas Hukum pada pemilihan tingkat fakultas adalah:

  1. Drs. Agus Triyanta, M.A., M.H., Ph.D.
  2. Hanafi Amrani, S.H., M.H., LL.M., Ph.D.
  3. Dr. Drs. Muntoha, S.H., M.Ag.
  4. Nandang Sutrisno, S.H., M.H., LL.M., Ph.D.
  5. Prof. Dr. Ni’matul Huda, S.H., M.H.
  6. Prof. Dr. Ridwan Khairandy, S.H., M.Hum.
  7. Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag.
  8. Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si.
  9. Dr. Winahyu Erwiningsih, S.H., M.Hum., Not.