Pembekalan bagi Alumni Angkatan II

Selasa, 17 April 2018, Fakultas Hukum UII kembali mengadakan pembekalan bagi alumni maupun calon alumni angkatan ke-II. Pada peiode ini, ada 123 alumni FH UII yang lulus. Hadir sebagai pemateri, Ibu Ike Agustina S.Psi., M.Psi, dengan membawakan materi “Winning your Dream Job”. Selain materi pokok, para peserta juga dibekali dengan arahan integritas dari Dekan FH UII, Bpk. Dr. Aunur Rohim Faqih, SH., M.Hum.. Syarif Nurhidayat, SH., M.H., selaku Direktur Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni (BKKA) juga menyampaikan arahan teknis alumni pasca lulus untuk membantu proses program tracer study.

Bpk. Aunur Rohim menyampaikan bahwa alumni FH UII diharapkan menjadi cendekiawan yang profesional dan berintegritas. Apapun profesi yang dipilih, diharapkan integritas selalu dibawa. Kualitas alumni FH UII diharapkan sebagaimana digambarakan dalam Al Qur’an surat Ibrahim 24-25.

“Alumni FH UII itu harus memiliki dasar kemampuan kompetensi yang kuat. Memiliki pijakan sikap dan nilai-nilai Islam yang benar, sebagaimana digambakarkan layaknya pohok dengan “akarnya yang kuat”. Dalam berprofesi bisa mencapai puncak karir, sebagaimana “cabang-cabang pohon yang tinggi menembus langit”. Buah dari karir dan profesinya harus mampu bermanfaat bagi masyarakat, sebagaimana pohon yang memiliki banyak “buah” yang bisa dinikmati siapa saja.” Tegas Bpk Aunur Rohim memotivasi para peserta.

Dalam paparannya, Ibu Ike, selaku pemateri menyampaikan motivasi agar mampu menjadi pemenang dalam persaingan di dunia kerja. Secara umum, Ibu Ike Agustina menyampaikan tiga materi pokok, yaitu teknik menyusun CV, Pengenalan Psikotes, dan Teknik Wawancara. “CV harus menampilkan “personal branding” anda dalam satu kali baca.” Tegas beliau mengarahkan peserta.

Terkait psikotes, beliau menjelaskan bahwa psikotes berusaha untuk mengetahui kondisi psikologis, sehingga tidak bisa di rekayasa. Pastikan bahwa sebelum mengikuti psikotes kondisi badan harus sehat dan dalam kondisi cukup tidur dan cukup sarapan. Karena dengan kondisi badan yang siap, hasil psikotes bisa optimal.

Teknik wawancara yang perlu diperhatikan meliputi cara berpakaian, cara duduk, cara bicara dan menjawab serta teknik lain yang seringkali dipandang sepele, padahal bisa jadi hal sepele itu menentukan penilaian pewawancara. Pastikan jangan terlambat datang. Gunakan motif dan warna baju yang pas. Jangan gugup ketika menjawab. Tingkatkan kepercayaan diri anda dengan soft skill, seperti kemampuan public speaking dan kemampuan bahasa inggris.

Di akhir pertemuan, penjelasan tentang wisuda disampaikan oleh Ibu Mirani Desi. Pertemuan diakhiri dengan pembagian dorprize empat buah buku alumni yang menginspirasi.

Selamat kepada para alumnus FH UII, semoga apa yang dicita-citakan bisa tercapai. Tetap ingat dan sebarkan kebaikan sebagai ujud rahmat kepada seluruh alam. [Syarif_Marcomm FH UII]