Suksesi Kepemimpinan FH UII Koordinasi dengan Berbagai Elemen

Dalam rangka menciptakan peralihan kepemimpinan yang baik pasca dilantiknya kepemimpinan baru di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) (2/7/2018), FH UII terus melakukan rapat koordinasi dan transformasi dengan seluruh civitas akademika dan karyawan di lingkungannya.

Pada kesempatan kali ini, hal tersebut diimplementasikan oleh Dr. Drs. Muntoha, S. H., M. Ag. Selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan terpilih. Rapat koordinasi yang dilaksanakan pada Senin, 16 Juli 2018 tersebut, membahas mengenai unit pelaksana fakultas yang dalam pengelolaannya turut melibatkan mahasiswa, yakni Jurnal Hukum “Selecta Juris” dan Tim Marketing and Communication FH UII.

Sebagaimana diketahui, kedua unit pelaksana tersebut masing-masing dibentuk pada tahun 2014 dan 2016, yang sampai saat ini masih terus melaksanakan tugasnya berdasarkan fungsi dan wewenangnya masing-masing, seperti pengelolaan jurnal hukum mahasiswa sebagai wadah untuk pemikiran-pemikiran mahasiswa FH UII dan pengelolaan pemasaran dan komunikasi salah satunya melalui publikasi serta pemutakhiran informasi dan database alumni.

Rapat tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan terpilih, yakni mendengarkan langsung masukan-masukan dari mahasiswa mengenai bagaimana idealnya Bidang Kemahasiswaan nantinya dalam kacamata harapan mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan “Pada dasarnya seluruh kegiatan mahasiswa yang baik dan positif InsyaAllah akan tetap dipertahankan, bagi kami (pimpinan) yang terpenting adalah koordinasi antara mahasiswa dengan dekanat. Karena tanpa adanya koordinasi, akan sulit suatu pesan tersampaikan dengan baik.”

Tidak hanya mendengarkan aspirasi dua unit pelaksana fakultas tersebut, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan juga sebelumnya telah mengadakan rapat koordinasi dengan lembaga mahasiswa di lingkungan FH UII, yang pada saat itu turut dihadiri oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa FH UII, Lembaga Eksekutif Mahasiswa FH UII, Lembaga Pers Mahasiswa “Keadilan” FH UII, dan Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya.

Pada akhir penyampaiannya, beliau menyampaikan pesan untuk mahasiswa “Bahwasanya mahasiswa harus mendorong aktifitasnya, baik itu dibidang penulisan maupun apapun yang sifatnya positif. Karena hal tersebut akan menjadi nilai tambah baik bagi fakultas maupun bagi mahasiswa sendiri itu sendiri.”