Visitasi Reakreditasi Prodi Ilmu Hukum FH UII

Tamansiswa (31/07). Asesor BAN DIKTI Dr. Angkasa, S.H., M.Hum. bersama Dr. Dina Sunyowati, S.H., M.Hum. melaksanakan tugas visitasi ke Program Studi S1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum UII. Kedua asesor disambut oleh Rektor UII Fathul Wahid, S.T., M.Eng., Ph.D. dalam acara pembukaan yang diselenggarakan pada 29 Juli 2018. 

Fahul Wahid dalam pembukaan menyampaikan bahwa UII merupakan perguruan tinggi yang mempunyai ke-khas-an. Yaitu lembaga pendidikan yang mempertemukan antara ilmu pengetahuan dan agama. Demikian warisan yang telah diturunkan oleh funding father agar generasi penerus senantiasa menjiwai visi dan misi sebagai cita-cita luhur UII. UII telah ditempa oleh sejarah panjang, mulai berdiri tahun 1945 sampai saat ini telah berusaha 74 tahun. Melalui liku-liku yang panjang terus mempertahankan rahmatan lil’alamiin-nya sebagai tujuan mulai perjuangan.

Dr. Angkasa, S.H., M.Hum. dan Dr. Dina Sunyowati, S.H., M.Hum. juga melihat sedemikian antusiasnya pimpinan UII mengembangkan institusi. Semua ditu dapat dilihat dengan makin berkembang menuju perguruan tinggi yang ideal sebagai sasana mahasiswa menempa diri mendapatkan yang dicita-citakan. Beliau berdua menyampaikan bahwa visitasi tidak saja menjadi ruang pembenahan bagi auditee. Namun juga menjadi sarana berdiskusi dan saling tukar pengalaman untuk perbaikan pada kedua institusi. “Dan berdasarkan pengalaman baik ini kami bisa menyampaikan kepada prodi lainnya yang akan kami visitasi, untuk belajar dalam menata dokumen. Penyajian dokumen di FH UII sangat bagus, rapi, dan lengkap”, ulas Dr. Angkasa.

Hadir dalam acara tersebut pejabat Pimpinan Harian Badan Wakaf (HBW) lama dan terpilih periode 2018-2022, Dr. Mustaqiem, S.H., M.Si., dan Dr. Drs. Suwarsono, M.A. Selain itu jajaran pimpinan Rektorat UII diantaranya  Wakil Rektor 1  Bidang Pengembangan Akademik & Riset Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc., Direktur Badan Perencana (BP) Dr.Eng. Ir. Ilya Maharika, M.A., I.A.I. , Direktur Badan Penjaminan Mutu (BPM) Ibu Kariyam, S.Si., M.Si.,  Kepala Badan Sistem Informasi (BSI) Mukhammad Andri Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Direktur Direktorat Akademik (DA) Dr. Edy Widodo, S.Si., M.Si., Direktur Direktorat Perpustakaan (DP) Joko Sugeng Prianto, S.IP., M.Hum. Para pejabat memberikan keterangan secara lugas terkait tata pamong dan keorganisasian sebagai satu kesatuan dalam perguruan tinggi UII.

Dalam visitasi ini yang sangat ditekankan oleh asesor adalah pemahaman visi misi oleh seluruh sumberdaya manusia di Prodi S1 Ilmu Hukum pada khususnya. Menurut Ibu Sunyowati, “visi misi adalah ruh perjuangan satu organisasi yang menentukan kinerja selanjutnya. Jika pemahaman terhadap visi misi sangat baik, maka cita-cita yang dimimpikan bersama tentu akan cepat tercapai. Namun akan terjadi sebaliknya, jika tidak mempunyai pemahaman yang mendalam tentu saja kinerjanya tidak maksimal, dan bisa jadi berubah arah.” Untuk mengetahui pemahaman terhadap visi dan misi Beliau mengadakan wawancara kepada para dosen, mahasiswa, alumni, dan tendik. Sedangkan para pengguna alumni (user) juga turut diwawancarai untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan hasil belajar lulusan berkiprah di masyarakat.

Dekan FH UII Dr. Abdul Jamil, S.H., M.H. menyambut gembira kehadiran asesor dalam visitasi ini. “Kehadiran Beliau berdua sangat membantu dalam melakukan pencermatan terhadap kinerja prodi. Kedua asesor secara komprehensif memberikan evaluasi dan juga memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi Prodi S1 Ilmu Hukum khususnya dan FH maupun UII secara umum. Maka tidak ada hal lain yang dapat disampaikan kepada Dr. Angkasa, S.H., M.Hum. dan Dr. Dina Sunyowati, S.H., M.Hum. kecuali terimakasih yang sebesar-besarnya atas kinerja dan dedikasi yang tinggi saat visitasi.” kata Abdul Jamil.