Mahasiswa IP FH UII Juara 2nd Runner Up dalam 3rd International Dispute Negotiation Competition 2018

MALANG – Mahasiswa Program Internasional Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mengukir prestasi pada kompetisi “3rd International Dispute Negotiation” competition 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya. Perolehan 2ndRunner Up diraih oleh Faisal Siraj Hamdan dan Leliana Galuh Manika dimana keduanya merupakan mahasiswa Program Internasional Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dan anggota UKM SAIL FH UII. Adapun tim perlombaan ini mendapat bimbingan langsung dari Dodik Setiawan Nur Heriyanto, SH, MH, LLM, PhD.

International Dispute Negotiation Competition (atau disingkat Intention) 2018 diselenggarakan pada hari Jumat-Sabtu (21-22/09) di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Intention merupakan kompetisi di bidang hukum internasional mengenai sengketa internasional diantara dua pihak yang memiliki kepentingan berbeda.

Peserta yang tergabung dalam kompetisi ini diuji kemampuannya dalam berargumentasi untuk menawarkan solusi dalam sebuah kasus sengketa. Panitia sendiri sudah memiliki lima kasus yang harus dipersiapkan oleh tim perlombaan termasuk argumentasi hukumnya. Dalam kompetisi ini, peserta memiliki kesempatan sebagai Demanding party dan Defending party, dimana masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda dalam hal pengajuan permintaan.

Menurut Faisal, kompetisi ini menarik untuk menguji keterampilan bernegosiasi. “Pengalaman ikut kompetisi ini mengajarkan untuk dapat mempertahankan kepentingan atas pihak yang saya wakili tanpa mencederai kepentingan pihak lain. Intinya selama berunding hasilnya harus win-win solution.” Ujar Faisal. Sementara Leliana berpendapat dirinya sangat menikmati jalannya perlombaan. “Sangat berkesan pengalaman saya mewakili UII pada kompetisi ini. Saya belajar bagaimana menyatukan perbedaan pendapat dengan menawarkan solusi-solusi.”