Mahasiswa FH UII kembali mengukir prestasi. Muhammad Yanuar Sodiq yang menjadi delegasi dari FKPH LEM FH UII berhasil memperoleh Juara 2 dalam Lomba Esai Tingkat Nasional dalam ajang kompetisi Marvelaw Unnes Competition 2018. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada tanggal 12 – 14 November 2018 dalam rangka Dies Natalis UNNES.

Yanuar menuturkan bahwa “paper yang ia buat merupakan bentuk gagasan untuk meratifikasi konvensi international labour organization (ILO) serta pembentukan serikat pekerja rumah tangga, tujuannya karena undang-undang ketenagakerjaan sekarang belum secara maksimal memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja rumah tangga. Hal ini karena undang-undang ketenagakerjaan masih fokus terhadap perlindungan bagi perkerja industrial semata oleh karena itu perlu ratifikasi konvensi international labour organization yang dalam pelaksanaannya lebih efisien dilakukan dibanding melakukan revisi atas undang-undang ketenagakerjaan yang bahkan saat ini belum sampai tahap pembahasan. Dengan terwujudnya gagasan ini diharapkan pekerja rumah tangga dapat diberikan perlindungan yang maksimal seperti adanya waktu istirahat yang cukup serta mekanisme pembayaran gaji yang adil.”

Terdapat beberapa kendala dan kesulitan yang dialami Yanuar dalam proses persiapan kompetisi ini seperti adanya keterbatasan waktu karena pada saat itu berbarengan dengan agenda kompetisi lainnya. Tetapi, kesulitan ini juga dibarengi dengan semangat serta kemudahan yang diberikan oleh dosen pembimbing serta teman-teman yang lain sehingga tidak menyurutkan semangat Yanuar untuk mengukir prestasi.

“Ucapan terimakasih yang sebesarnya-besarnya kepada Syarif Nurhidayat selaku dosen pembimbing, kepada FKPH terkhusus departemen kompetisi yang dari awal memberikan pendampingan sehingga saya fokus dalam mempersiapkan materi, kepada kakak alumni FKPH yang sedikit banyak memberikan solusi dan ide, kepada pihak kampus yang telah menyediakan fasilitas ruangan dan akomodasi perlombaan, serta teman-teman semua yang telah mendoakan dan memberikan semangat. Lomba ini menjadi hadiah spesial bagi FKPH di akhir kepengurusan periode ini” Tutur Yanuar.

Yanuar berpesan “kepada adik-adik tingkat supaya bisa berprestasi lebih lagi dan tidak hanya mendapat  juara 2, jangan pernah putus asa, terus asah pikiran, kalau ada gagasan tulis, karena itu salah satu bentuk upaya kita mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsa ini dan semoga FKPH semakin Berjaya.”