Kaliurang (28/12) Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Fakultas Hukum UII menyelenggarakan Pelatihan Capacity Building bagi Tendik FH UII. Pelatihan diselenggarakan Jumat sampai dengan Sabtu, 28.-29 Desember 2019 di Kawasan Wisata Kaliurang. Acara diawali dengan Sarasehan tendik bersama Dekan FH UII Dr. Abd. Jamil, S.H., M.Hu. dan Wakil Dekan Sumber Daya Hanafi Amrani, S.H., M.H., LL.M., Ph.D. Jum’at malam selepas Isya. Dan pagi harinya dilanjutkan dengan Pelatihan Capacity Building bersama PT. Citra Emas Sanjaya. Dan pada siang sampai sore hari dilanjutkan outbond bersama Kaliurang Advanture dengan gaming dan menjelajah alam bebas.“Acara yang dikemas sangat sederhana namun mengena” ungkap Dr. Abd. Jamil. Rasanya perlu dilestarikan, karena media komunikasi berbentuk sarasehan, ngobrol ringan, namun dapat mengungkapkan ide dan gagasan. Dapat memberikan autokritik baik kepada orang lain namun juga kepada diri sendiri. Tidak ada jarak dan kecanggungan antara pimpinan dan staf memberikan ruang yang nyaman untuk saling berbagi. Ditambahkan oleh Dekan FH UII bahwa kami terpilih menjadi pimpinan itu merupakan amanat yang harus dilaksanakan. Saya dan seharusnya teman pimpinan yang lain itu harus siap untuk melayani, bukan berpikiran untuk dilayani. Kadang pada posisi bersama antara pimpinan, dosen, dan tendik bersama-sama harus melayani mahasiswa dengan target mahasiswa harus terpuaskan. Pada saat yang berbeda ketika kesejahteraan tendik dan dosen menuntut untuk diperjuangkan, maka Dekan dan Wakil Dekan harus siap untuk menindaklanjutinya.

Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Hanafi Amrani, Ph.D. menegaskan bahwa dipenghujung akhir tahun dan untuk menghadapi tahun 2019 khususnya tendik harus mendapatkan refreshing. Karena tahun ini adalah tahun yang cukup menentukan karena pada Februari 2019 kita semua akan menghadapi sertifikasi AUN-QA, sementara pekerjaan harian yang terus menerus tiada henti selalu menanti. Bekerja dengan efektif, efisien, cerdas, dan ikhlas merupakan modal dasar yang terus selalu harus kita gali.

Dra. Dewi Sri. Narasumber dari PT. Citra Emas Sanjaya menegaskan bahwa institusi sebesar Fakultas Hukum UII pasti sudah mempunyai kapasitas sebagai  staf yang mumpuni. Namun yang dinamakan semangat, terkadang juga akan mengalami penurunan. Maka perlu dicharger karena saat-saat tertentu juga mengalami penurunan. Nah ketika turun itulah jika didiamkan maka akan terjadi degradasi yang berkelanjutan. Tentu saja akan menurunkan produktifitas dan kerugian bagi perusahaan. Pada akhirnya kerugian juga akan bermuara pada para pegawai karena bonafisitas perusahaan menurun tentu saja income juga menurun.

Materi yang disampaikan sangat menarik dan menyentuh pada akar permasalahan yang sering dihadapi oleh para staf. Pada ujungnya kembali kepada kita semua untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak kebaikan yang direncanakan atau dalam bahasa agama “diniatkan”, insya Allah akan semakin banyak juga amal yang akan dirasakan.