Tamansiswa (19/1) Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Pendaftaran dan Pengurusan Hak Atas Tanah (PPHT) pada hari Jumat Sabtu, 18-19 Januari 2019 bertempat di Ruang Audiovisual Lantai 3 Fakultas Hukum UII.

Pelatihan PPHT pada tahun 2019 ini sangat menarik karena tema materi yang diberikan adalah materi yang sering kali terjadi di dalam prakteknya (waris, wakaf) dan juga sedang ramai saat ini, yaitu tentang jual beli apartemen. Pelatihan PPHT ini diisi oleh tiga pemateri handal di bidangnya, pertama yaitu Bapak Masyhud Asyhari, S.H.,M.Kn yang merupakan seorang akademisi dan praktisi bidang pertanahan yang sudah sering menjadi Saksi Ahli dalam beberpa permasalahan tentang pertanahan di wilayah Indonesia, beliau menyampaikan materi tentang proses pecah waris dan wakaf. Pemateri kedua adalah Bapak Ir. Rudi Prayitno, M.H. yang merupakan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, beliau pernah menjadi salah satu tim pembebasan lahan guna kepentingan umum pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, beliau menyampaikan tentang proses pembebasan lahan, pelepasan hak dan permohonan hak serta bagaimana proses menerbitkan Sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS). Selain itu Ir. Rudi Prayitno juga menunjukan contoh dokumen-dokumen yang diperlukan dan dihasilkan dari proses pengurusan pelepasan hak hingga terbit sertifikat. Pemateri ketiga adalah Bapak Ir. Hidayat yang merupakan Direktur PT. Inti Hosmed Development  yang merupakan pengembang apartemen Malioboro City, Yogyakarta, beliau menyampaikan materi tentang proses perizinan pendirian apartemen. Pada saat mengisi materi beliau dibantu oleh Drs. Aulia Reza Bastian, M.Hum (Head Manager Legal PT. Inti Hosmed Development). Para pemateri menyampaikan materi dengan bersemangat dan disambut peserta dengan antusias.

Pelatihan ini selain diberikan materi oleh pemateri juga ada simulasi pada sesi Dynamic Group, peserta dibagi kedalam 4 (empat) Dynamic Group. Pada sesi ini peserta diajak untuk mensimulasikan bagaimana melakukan pemeliharaan data dengan mengurus proses wakaf, pecah waris, pelepasan hak untuk pembagunan hotel dan jual beli apartemen. Pada sesi ini peserta membuat dan mengisi dokumen apa saja yang diperlukan dalam pengurusan hak atas tanah dan juga menjelaskan bagaimana proses dari awal hingga akhir, saat simulasi peserta dipandu oleh trainer dari staf Pusdiklat.

Pelatihan yang diselenggarakan 2 hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 diikuti oleh 66 peserta yang didominasi oleh Mahasiswa FH UII, ada juga alumni fresh graduate FH UII dan ada 1 peserta dari Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Peserta mengikuti pelatihan dengan sangat antusias setiap sesinya.

Pelatihan PPHT ini ditutup oleh Dekan FH UII, Bapak Abdul Jamil, SH.MH. yang didampingi oleh Kepala PUSDIKLAT Bapak Nurjihad, SH.,MH, Kabid PUSDIKLAT Bapak Eko Rial Eko Nugroho, SH.,MH serta seluruh panitia pelatihan PPHT. Selain menutup pelatihan, Bapak Dekan mengapresiasi penyelenggaraan Pelatihan ini dan memberikan nasehat kepada para peserta pelatihan bahwa sebagai mahasiswa hukum haruslah mempunyai skill kemahiran hukum, dan salah satu cara untuk memiliki dan melatih skill kemahiran hukum adalah dengan banyak mengikuti pelatihan-pelatihan hukum seperti PPHT ini. (ind)