18/05 Tamansiswa, Pusat Studi Pasar Modal (PSPM) Fakultas Hukum UII menyelenggarakan Diskusi Pasa Modal berjudul “Pasar Modal dalam Teori dan Praktik”. Kegiatan tersebut merupakan program kerja PSPM FH UII yang diselenggarakan pada Sabtu, 18 Mei 2019 bertempat di Ruang MultiPurpose FH UII pada pukul 10.00 s/d 12.00.

Diskusi tersebut diadakan dengan tujuan memperkenalkan pasar modal melalui teori-teori dasar yang kemudian disampaikan oleh Inda Rahadiyan, S.H., M.H. Selain melalui teori, diharapkan peserta juga dapat mengetahui pasar modal dalam praktik, dengan di datangkan pemateri dari Fakultas Ekonomi UII yaitu Rian Assegaf, S.Ak dan Udaya Zaida. Inda Rahadiyan, S.H. banyak menyampaikan tentang pentingnya berinvestasi dan tentunya membahas sedikit aspek hukum pasar modal. Sedangkan pembicara dari Fakultas Ekonomi UII yaitu Rian Assegaf, S.Ak langsung mempraktikan tata cata buy and sell dalam transaksi saham, ditambah pula pengetahuan tentang cara analisis fundamental dan teknikal dalam memilih saham. Kemudian pembicara ketiga yaitu Udaya Zaidan yang merupakan anggota dari Kelompok Studi Pasar Modal FE UII lebih banyak menyampaikan aspek ekonomi terkait cara membaca laporan keuangan.

Peserta diskusi sebagain besar kmerupakan mahasiswa/i Fakultas Hukum UII, sehingga tentu melihat penjelasan tentang angka-angka yang ditunjukan dalam laporan keuangan terasa binggung. Justru karena itu lah kami dari Pusat Studi Pasar Modal kedepannya berencana akan mengadakan kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dengan intensitas lebih sering, karena tentu Ekonomi dan Hukum adalah kedua aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan.
Di akhir acara, disediakan sesi tanya jawab dan penanya terbaik mendapatkan buku serta mendapatkan keuntungan top up dana saham sebanyak Rp. 100.000,00