Sheraton Mustika Hotel (20/06) Fakultas Hukum UII (FH UII) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Dirjen AHU Kemenhumham RI) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Call for Papers Simposium Hukum Tata Negara dengan tema besar Penataan Organisasi Sayap Partai Politik di Masa Depan. Seminar Nasional di selenggarakan pada Sabtu, 29 Juni 2019 mulai pukul 08.00-17.00 WIB di Ball Room Seraton Mustika Hotel Yogyakarta.

Acara yang dibuka oleh A. Ahsin Thohari Kepala Sub Direktorat Partai Politik Dirjen AHU Kemenhumham RI. Hadir dan mendampingi dalam pembukaan acara tersebut Dr. Abdul Jamil, S.H., M.H. Dekan FH UII bersama Jamaludin Ghafur, S.H., M.H. selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Prof. Dr. M. Mahfud MD. hadir sebagai keynote speaker menyampaikan bahwa kegelisahan akademis atas perkembangan partai politik (parpol) yang mulai berkelidan dengan berbagai organisasi partai politik yang dibentuknya sendiri. Sehingga cenderung menumbuhkan pendapat pada sebagian masyarakat melalui media sosial maupun konvensional agar parpol ditiadakan saja. Selain itu Mahfud menyampaikan banyaknya pengurus dan aktivis parpol yang terlibat kasus korupsi. Kondisi ini dicap sebagai kegagalan parpol dalam memperbaiki keadaan bahkan parpol justru memperburuk tata kelola pemerintahan.

Seminar Nasional ini juga menghadirkan praktisi dan pakar hukum lainnya yaitu:  Prof. Dr. Jimly Assidiqqie, S.H., M.H. seorang Pakar Hukum dan Guru Besar HTN UI menyampaikan judul Problematika Pengaturan Organisasi Sayap Partai (OSP). Dr. Rer.Pol. Mada Sukmajati, M.P.P., dosen Fisipol UGM Departemen Politik dan Pemerintahan mengetengahkan materi Eksistensi OSP dalam Sistem Politik. Pembicara sesi pertama lainnya adalah Dr. Phil. Aditya Perdana, S.IP., M.Si. Directur of Center for Political yang mengaitkan Hubungan OSP dan Sistem Politik. Pada sesi ini dimoderatori oleh Dr. Idul Rishan, S.H., LL.M. Dosen HTN FH UII.

Pada sesi kedua menghadirkan Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., M.C.L. Guru Besar HTN Universitas Pajajaran menyampaikan tentang Urgensi Pengaturan OSP. Pembicara kedua sesi kedua adalah Prof. Kacung Marijan, M.A., Ph.D. Guru Besar FISIP Universitas Air Langga mengutarakan tema OSP dan Masa Depan Demokrasi. Dan pembicara akhir adalah Sri Hastuti Puspitasari, S.H., M.H. Dosen HTN FH UII dengan materi Revitalisasi OSP untuk Penguatan Sistem Kepartaian. Sesi kedua ini dimoderatori oleh Jamaludin Ghafur, S.H., M.H. Dosen HTN FH UII.

Seminar Nasional ini diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari utusan partai politik, akademisi, mahasiswa, aktivis ormas, dan birokrat pegawai pemerintahan terkait.

Unduh makalah seminar terkait:

  • Prof Dr. M. MAHFUD MD Penataan Organisasi Sayap Partai Keynote Speaker [pdf]
  • Dr. Phil. Aditya Perdana, S.IP., M.Si. Director of Center for Political Hubungan OSP dalam Sistem Politik [pdf]
  • Dr. rer.pol Mada Sukmajati, MPP Dosen Fisipol UGM Eksistensi OSP dalam Sistem Politik [pdf]
  • Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., M.C.L. Guru Besar HTN FH Unpad Urgensi Pengaturan OSP [pdf]
  • Prof. Kacung Marijan, MA., Ph.D. Guru Besar FISIP UNAIR OSP dan Masa Depan Demokrasi [pdf]
  • Sri Hastuti Puspitasari, S.H., M.H. Dosen HTN FH UII yk Revitalisasi OSP untuk Penguatan Sistem Kepartaian [pdf] [ppt]