Pembekalan Alumni FH UII 2019

Taman Siswa (18/07) Fakultas Hukum UII menyelenggarakan acara pembekalan alumni tahun 2019. Diselenggarakan Kamis, 18 Juli 2019 pukul 09.00 WIB di Ruang Sidang Utama Lt. 3 Gd. Prof. Moch. Yamin, Jl. Taman Siswa 158 Yogyakarta. Kegiatan ini menghadirkan Ahmad Baliyo Eko Prasetyo, S.Psi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia sebagai pembicara.Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Direktorat Pengelola Kerjasama dan Alumni (DPKA) UII bertujaun untuk menyiapkan para alumni agar siap memasuki tantangan dunia kerja. Meningkatkan jejaring profesional secara langsung dengan sesama alumni UII lainnya atau dengan perusahaan-perusahaan terkemuka melalui koneksi sesama alumni UII yang berkiprah di perusahaan tersebut.

Sedangkan arti penting penyelenggarakan pembekalan alumni ini adalah penting bagi institusi bahwa pembekalan alumni penting sebagai sarana pemahaman tahapan-tahapan yang akan dihadapi dalam penyeleksian karyawan.

Ahmad Baliyo menyampaikan materi tentang psikotes bagi pencari kerja. Ada beberapa hal yang dipraktikkan para calon wisudawan yang berjumlah lebih kurang 93 orang ini. Uji kemampuan psikologi bagi calon pencari kerja termasuk satu hal vital yang perlu disiapkan. Dan kenyataan di lapangan banyak pencari kerja berguguran ketika melewati proses uji ini.

Katiya Nahda, S.E., M.Sc. dari DPKA menyampaikan soal organisasi alumni yang dikembangkan di UII. Juga menyampaikan pentingnya pemanfaatan Alumni Carier Center (ACC) di UII. Cukup banyak kegiatan yang diselenggarakan ACC untuk membantu para lulusan mendapatkan pekerjaan. Diantara kegiatan yang sudah perndah diselenggarakan adalah tiap tahunnya menyelenggarakan Job Fair, bahkan dalam satu tahun penyelenggaraannya lebih dari satu kali. Selain itu akun alumni yang telah diberikan kepada para alumninya memberikan kesempatan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, selain itu juga beberapa kesempatan studi dan beasiswa juga diinformasikan melalui web acc di https://career.uii.ac.id.

Sementara Mirani Desi Ekowati sembari memoderatori kegiatan pembekalan alumni juga menyampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan proses wisuda. Wisuda UII yang dijadualkan setiap dua bulan sekali ini diselenggarakan di Auditorium Kahar Mudzakir Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang Km. 14.4 Yogyakarta. Untuk periode Wisuda Periode VI diselenggarakan pada Sabtu, 31 Agustus 2019.