Duka Keluarga Fakultas Hukum UII Kehilangan Calon-Calon Lulusan Terbaik

Ahad, 1 September 2019 bertepatan dengan 1 Muharam 1441H telah meninggal dunia dalam kecelakaan di Jalan Magelang, Karang Waru Yogyakarta. Dua mahasiswa yang baru masuk 14 Agustus 2019 pada saat kuliah perdana itu kini sudah kembali keharibaan Allah SWT. Farraz Dhiya Ulhaq bin  Bahrun (19410633) dan Akhmad Khafid Maarif bin Turangga (19410368) telah meninggal dunia Ahad, 1 September 2019 lebih kurang pukul 05.15 WIB.

Kedua mahasiswa yang sama-sama berasal dari Desa Sidoharjo, Kec. Suradadi, Tegal, Jawa Tengah 52182 mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan FH UII  selalu bersama. Sebagaimana diceritakan oleh ayahanda alm. “Khafid kedua anak ini tidak pernah berpisah selama sekolah, mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi ini. Dan masya Allah, ternyata sampai ajal menjemput pun anak kami ini juga bersama. Diceritakan pula bahwa Alm. Farraz yang meninggal pada saat abi dan uminya mendarat di Bandara Solo dari kepulangan ibadah haji. Mas Bahrun yang juga anggota DPRD di Tegal pasti akan merasa sedih. Semoga abi dan uminya Farraz diberikan ketabahan dan kesabaran, demikian juga istri dan semua keluarga saya Mas, aamiin,” doa dari Pak Turangga.

Kedua jenazah dari pagi hingga siang disemayamkan di forensik RSUD Pusat Dr. Sardjito untuk menunggu keluarga. Setelah semua urusan selesai kedua jenazah kemudian diberangkatkan pada pukul 16.00 WIB untuk dibawa ke rumah duka di Tegal. Almarhum kedua mahasiswa yang sedianya akan menjalani perkuliahan pertama kali di FHUII semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 sore itu dilepas oleh teman-teman se-daerah Tegal yang menempuh studi di Yogyakarta. Ada kurang lebih 15 mahasiswa dari berbagai program studi di UII yang ikut serta dalam acara pemberangkatan dua sahabat mereka.

Pimpinan dan seluruh keluarga besar Fakultas Hukum UII menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya kedua mahasiswa baru 2019. Semoga keduanya diberikan derajat husnul khatimah dan ditempatkan di sisi-Nya di tempat yang tinggi. Dan seluruh keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan untuk melanjutkan kehidupan yang senantiasa beriringan dengan cobaan dan ujian dari Allah SWT.

Wakil Rektor 3 Universitas Islam Indonesia Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag., bersama Ketua Jurusan Hukum FH UII Dr. M. Arif Setiawan, S.H., M.H. berkesempatan menyampaikan duka cita langsung di kedua rumah duka di Tegal. Sedangkan Senin, 2 September 2019 pada saat Shalat Dluhur di Masjid Al Azhar akan dilaksanakan salat ghaib bagi kedua jenazah yang akan dipimpin oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Keagamaan dan Alumni Dr. Drs. Muntoha, S.H., M.Ag.

Selamat Jalan Farraz dan Faridz Doa kami menyertai perjalanan kalian menuju keabadian. Semoga Allah SWT memberikan derajat sahid bagi orang-orang yang sedang menuntut ilmu dan meninggal ketika sedang menjalaninya.